Social Icons

.

family financial planning : kemana saja gaji kami berdua?

03 July 2012

kali ini mau sharing ah soal bagaimana gw dan mas nuke mengatur keuangan rumah tangga kita, masih dalam proses belajar dan terus memperbaiki kekurangan2 yg ada sebenarnya..tp coba dibagi, siapa tau ada yg seumuran kami, baru menikah bisa saling berbagi masukan untuk kami berdua :)

satu kalimat begitu mengurus full keuangan rumah tangga sendiri, gaji kami berdua larinya kemana aja ya?hahaha...jarak dari kami mulai bekerja menuju ke pernikahan sekitar 2,5 tahun (kami seumuran soalnya)..lalu hingga saat ini,kami sudah menikah alhamdulillah setahun. kami percaya setiap orang memiliki rejekinya masing-masing termasuk juga dengan kami. rejeki yg paling kami syukuri adalah kami dikelilingi oleh banyak orang yang memilik perencanaan keuangan yang baik. misal saya, di kantor kebetulan dekat dengan banyak teman wanita yang usianya jauh lebih matang dan udah melek banget soal beginian termasuk soal investasi, sehingga walaupun dulu msh awal bekerja tetapi ngga tutup kuping untuk berinvestasi. kemudian mas nuke, memiliki ibu yang sangat disiplin dan terencana dalam perencanaan dan penerapan keuangan rumah tangganya.

dalam perencanaan keuangan tidak ada yang salah banget atau benar banget akan pilihan orang lain, karena balik lagi tujuan hidup maisng-masing orang itu berbeda-beda begitu juga dengan prioritas. jd gw pun ngga pernah sedikitpun ngejudge bahwa hidup orang lain lebih baik atau lebih buruk dari kami. begitu juga sebaliknya. tetapi adalah hal yang sangat tepat jika yang namanya perencanaan keuangan khususnya investasi itu dimulai sejak sedini mungkin. bersyukurlah bagi yang sudah memulainya sejak di bangku kuliah atau justru sudah memiliki usaha sendiri sejak msh sekolah.pasti ngga akan kaget lg begitu berumah tangga :) saya sendiri dan mas nuke, mulai memiliki perencanaan keungan sejak kami lulus dan bekerja dengan berapapun gaji kami saat itu. kami fokus pada 3 hal sebelum menikah yaitu investasi, biaya menikah dan memenuhi kesenangan2 kecil sebagai reward diri kami sendiri yang bekerja termasuk di sini menyenangkan keluarga semampu kami. kuncinya di tahapan ini, merasa cukup dan yakin bisa sekecil apapun itu yang kami investasikan. 

begitu menikah, tentunya tujuan-tujuan hidup pasti berubah, dan pos-pos pengeluaran banyak berubah dan bikin syok pastinya hahaha...lagi2 yg disyukuri di tahap ini adalah, gw dan mas nuke yg terbiasa diskusi ala temen tanpa sungkan2..terbiasa berdiskusi masalah keuangan secara terbuka. ngga ada yang ditutupi sedikitpun antara kami. kami pun punya prinsip yang sama, bahwa uang dari hasil kerja kami berdua adalah milik kami berdua. jd ngga pernah juga ngerasa ngga enak satu sama lain kalau ingin beli sesuatu untuk diri sendiri, tapiii syaratnya harus berkomunikasi dulu aja :)

setelah prolog yang ga bs disebut prolog di atas krn panjangnya,haha berikut yg mau gw sharing..point-point apa saja yang gw buat bersama mas nuke dalam perencanaan rumah tangga kami :

1. Sumber : Gaji mas nuke dan gaji saya 
    Pos-pos :
    a. pengeluaran  rutin
        - belanja bulanan kebutuhan rumah tangga
        - belanja harian untuk masak
        - gaji pembantu
        - listrik
        - air
        - telp+pulsa
        - keamanan & kebersihan 
        - transportasi (bensin,busway)
        - zakat+sedekah
        - hadiah (sumbangan nikah,ultah,kelahiran,dll)

b. investasi
 (sebenernya klo di ilmu perencanaan sebenernya ada jg yg termasuk di cicilan hutang+pengeluaran  rutin, tp di bawah inikan termasuk tujuan hidup yg perlu investsi)
      - cicilan mobil
      - investasi dana pendidikan anak
      - investasi dana pensiun
      - tabungan haji

c. pengeluaran lifestyle
     - pelunasan kartu kredit (harus lunas tiap bulannya krn sudah dibudgetkan)
     - jalan2 tiap weekend (makan/nonton/ke tempat rekreasi)
     - hobi masing2 (mas nuke:koleksi figur mainan bola, gw buku or woman things)

2. Sumber : Bonus mas nuke + bonus saya
    Pos-pos :
    a. annual expense
        - asuransi jiwa
        - pajak rumah
        - pajak mobil
        - safe deposit box
        - kurban
        - liburan besar (ke luar kota/jangka waktu lama) -->makanya klo ini ya plg bsnya 1 atau 2x setahun
  
b. investasi non rutin
c. pengeluaran di luar planning bulanan/tahunan --> misal perlengkapan bayi
c. khusus THR untuk terkait aktivitas puasa,lebaran dan pulang kampung

3. Berbagai jenis investasi yang kami pilih :
    - Logam mulia (kami msh cukup konservatif sebenarnya :))
    - Reksadana
    - Bisnis ? (yg ini harapan dan doa, semoga suatu waktu tercapai ya..aamiin)

4. Tujuan penting lainnya (patokan saya dr memang mostly dr qmfinancial :))
     - Asuransi kesehatan
         --> alhamdulillah, disyukuri bgt untuk ini masih cukup dicover oleh kantor suami dan kantor saya
     - Dana darurat
           ---> kami penuhi sebelum menikah, dan akan ditingkatkan sejalan dengan kelahiran anak nanti

sampai saat ini, itu yg baru bisa gw share..sejalan dengan skr gw hamil, insya Allah akan nambah banyak pengeluarannya hahaha eitss, tp anak kan ada rejeki sendiri yah :)) kuncinya ngejalanin ini sebenernya memang disiplin dan selalu merasa cukup (setiap sumber pemasukan jumlahnya juga ga 'wow' dan pos pengeluaran ga jmlhnya besar2 semua itu lhoo,biar sedikit yg penting ada :p :p), tp sesekali gw sm mas nuke cukup fleksibel dalam pengeluaran khususnya terkait keluarga kecil atau besar kita hehe..krn ada stau ilmu lagi dr ortu gw, ngga ada yg ngga mungkin dengan doa dan rejeki kita sudah Allah yg tentuin ga bakal ketuker.aamiin.jadi, apapun tujuan hidup lo (macam ligwina aja ya gw..hehehe) yg penting  mulai sebisa lo dulu, itu ajaah...tp beneran, menikah itu salah satu cara mendisiplinkan diri dan memperkuat tujuan hidup keuangan :D ditunggu yaa masukan dan sharing dari temen2 muda yg lain...(yg lebih tua jg gpp koq *dikeplak) makasih :))

5 comments:

  1. Nintaaaaa maaci yaa udah sharingg. Ditunggu update financial plannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh cantiiik..makasih yaa udah mampir ke blogku :)) km apa kabar?msh keliling dunia kah?bikin enevy aja ih klo liat foto2nya di instagram hehe,,

      Delete
  2. ninta,,suka deh baca2 blogmu,,utk yg ini baru komen krn memang ini yg lg gue rencanain bareng pasangan ebelum mnikah :) suka sama kata2 "menikah itu salah satu cara mendisiplinkan diri dan memperkuat tujuan hidup keuangan".. kpn2 gue blh curhat y;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 astri :) smg bermanfaat ya walaupun sedikit hehe..

      Delete
  3. ninta,,,seneng deh baca blogmu dr awal,,jd punya bayangan akan biduk rumah tangga hehe,,ini jg yng lg aq planning brg pasangan sblm mnikah:) jd mkin clear deh apa2 aj yg musti ditambahin, makasih y.kpn2 aq mau curhat y ke kamu;)

    ReplyDelete