20 July 2018

Time Management for Kids.

Maaf yaaa belum sempat nerusin cerita london trip kemarin, hehe. Soalnya after lebaran kemarin, sampai sekarang adek garda belum ada mbaknya, makanya terbantu banget aku sama anak-anak yang cukup pengertian dengan disiplinnya masing-masing walaupun yaa namanya anak-anak tetap aja khilafnya (yg kadang tiap hari hahaha) dan ada kalanya bundanya lelah lalu muncul pertikaian #ssaaah. 

Tapi beneran dengan time management aku sendiri juga anak-anak cukup membantu di saat kondisi seperti ini. Pas banget kemarin diajakin bukalapak sharing di blog mereka tentang bagaimana time management untuk anak-anak, memang bisa gitu dari kecil? terus mulainya gimana? bisa langsung dibaca yaa buibu di blog bukalapak ini linknya :) semoga bermanfaat sharingnya yaa!


27 April 2018

London Trip with Kids Part 1 : Preparation

all our dream can come true if we have the courage to pursue them - Walt Disney.  pas nulis quote ini di caption IG kmr nyess bgt, karena benaar adanya! :) aku dan nuke dr awal nikah, dream trip-nya tuh ke london ini selain memang nuke suka banget sama Manchester United,. awal nikah malah maunya honeymoon ke sana, tp waktu itu investasi nikah kita cukupnya ke bali hehehe. tapi bukan berarti impiannya hilang, justru ditetapkan bahwa mau ke sana sekalian sama anak2. alhamdulillahnyaa kesampaian di usia pernikahan 7 tahun (lama atau sebentar relatif lho tergantung tujuan hidup kita yaa). langsung aja deh ya ke cerita persiapan. oia banyak banget artikel yang membantuku waktu arrange trip ini tanpa travel , tapi untuk yg sangat membantu untuk membuat planning pergi sama anak-anak artikel di sini (ada 4 part yaa). 




1. Budget Planning
Mungkin karena inggris bukan yang terlalu sering jadi family destination seperti jepang, banyak yang nanya ke aku sekitar berapa budgetnya dan bagaimana mencapai financial planning yang diharapkan. sebagai gambaran jumlahnya untuk perjalanan ke UK 11 hari,  9 malam (diluar paris 3 hari 2 malem yaa ini nanti kuceritain terpisah) kaya aku kemarin kalau pakai travel itu sekitar 30-40jt  per org bervariasi. Sedangkan total budget kita kemarin jauh dibawah itu padahal kita bukan termasuk yang hemat2 banget dan tujuan wisata pun banyak yg berbayar dan bisa sesuai keinginan beda dengan kebanyakan tour ke UK yg sudah ditentukan.

Lalu kemudian bagaimana financial planningnya? jadi sejak awal nikah pun aku dan nuke sudah menentukan tujuan2 finansial kita secara bertahap dr dana darurat, kesehatan,pensiun, hingga investasi untuk berbagai hal termasuk sekolah anak. Begitu itu semua sudah terpenuhi, termasuk biaya perjalan haji baru kita berani membuat satu akun investasi untuk liburan besar (kalau liburan kecil yg setahun sekali kita sudah ada postnya). selain itu, di tahun ini kita juga memanfaatkan tambahan dr annual income seperti bonus tahunan atau THR setelah dipotong annual expense tentunya. intinya sih menurut kita, tujuan tiap keluarga itu beda2 jadi harus fokus sama tujuan akhir dan konsisten sama action plannya, insyaAllah tercapai dibantu dengan doa ^^

2. Visa
Seperti referensi blog di atas, sebenarnya mengurus visa UK termasuk mudah jika diurus sendiri dan waktunya sekitar 15 hari kerja. Namun karena keterbatasan waktu (aku dan nuke ngga bs cuti bolak balik karena harus menyimpan cuti panjang untuk liburan ini) jadi aku serahkan urusan visa ini ke salah tour yang dekat rumah yg melayani pembuatan visa yaitu avia tour :) tipsnya, jangan mepet2 yaa urus visa ini, 3 bulan sebelumnya lebih baik.

3. Flight Ticket
Karena mengejar menggunakan flight indonesia dengan harga terjangkau, kita membeli tiket pesawat garuda indonesia di travel fair sept tahun lalu untuk keberangkatan april ini. lama yaa?hehe sempet deg2an takut menjelang hari H ga bisa, harusnya perjalanan yg kita rencanakan hanya 11 hari 9 malam itu, jadi 13 hari, 11 malam karena tiket promo tanggalnya pun tertentu hehe. Harga yang kita dapat PP london heathrow itu 9,5 juta nett per orang. Perjalanan jakarta london aku pilih yg direct flight 13 jam karena waktu umroh sempet transit lumayan jadi melelahkan, namun jadi sangat challenging pas berangkat karena masih siang anak2 jam aktif sedangkan pas pulang jam tidur itu aman sentosa ^^ tipsnya menyusul yaa

4. Accomodation
Selama menginap di London, kita memilih menginap di air bnb dengan 3 alasan. pertama bisa dapat harga terjangkau dengan lokasi strategis, bisa cuci baju setiap hari dan merasakan ala londoners setiap hari hehehe.oia banyak yang nanya juga air bnb yg kmr aku pakai di sini ya linknya, daerahnya strategis bgt di ujungnya notting hill, cuma 2 menit dr tube station, tp sayangnya dia habis ini mau direnovasi tp dia punya satu listing lg ini yg menurutku lebih keren (kmr telat taunya aku hahaha)  Aku sih lumayan rekomendasi, soalnya bersih, harga terjangkau, orangnya komunikatif bahkan pas aku sampai diangkat2in kopernya hahaha *asli soalnya aku dateng tuh udah malem, jd repot bgt anak2 habis tidur, bawaan byk dst. walaupun sejujurnya ga terlalu besar ya, tp cukup :) kalau mau pesan air bnb dan dapat travel credit 25$ (lumayan kaan) hehe bs pakai link aku ini.



5. Daily transportation
Bener banget klo UK tuh kids friendly banget, kecuali tube-nya hahaha. Soalnya tube/underground/MRTnya tuh kan paling tua di dunia, jd mesti naik turun tangga tanpa ada eskalator. makanya setelah hari pertama kemana2 naik tube, aku kapok berubah naik bus hehe. enaknya naik bus,  bisa lihat pemandangan kota sekalian dan sangat stroller friendly krn ada tempatnya sendiri walaupun kalau lg  jam rame mesti dilipat dan waktu tempuh lebih lama.  Oia, andalan di sana aku pakai aplikasi city mapper yang detail banget mesti naik apa turun di mana, wajib punya! ^^ Sedangkan alat pembayarannya cukup beli kartu oyster di stasiun kereta sekaligus top up yang bisa dipakai untuk bis dan kereta, anak2 belum perlu kartu ini jadi aku cukup 2 kartu.

Sedangkan beberapa kendaraan lain yang aku pakai di sana :
- black cab pas sampai bandara karena sudah malam dan lelah, ini mahal bgt dan walaupun bisa pakai kartu kredit tapi mereka prefer cash

- green tomato cars application, semacam uber lebih green friendly, bisa dipesan sebelumnya dan harga dibawah dari black cab, ini aku pakai pas mau ke stasiun kereta international london pas mau ke paris

-  national rails : ini untuk ke kota2 lain sekitar london tp cukup jauh seperti ke daerahnya windsor castle, tiketnya mesti dibeli terpisah di stasiun keberangkatan atau beli online seperti waktu aku mau ke manchester dengan virgin trains, nah kereta2 ini kece2 banget lah, nyaman untuk perjalanan ada wifi, colokan, meja dst.

- international train : ini yang aku pakai waktu mau ke paris, belinya juga online dr jakarta karena percayalah beli online lebih murah karena banyak diskon dan bisa pilih kursi,  webnya ini yaa euro star :)

- ini ada tambahan info dr temanku @aryaniprabowo yg kmr juga taveling ke sana dan pernah kuliah di sana tentang sewa mobil di sana, sebenanrnya cukup bs jd pilihan klo kita anaknya banyak dan suka pindah2 kota hehe. sewanya bs via entrerprise dan bisa pakai sim Indo juga di sana Budget yg harus dihitung klo sewa mobil itu : mobilnya, bensin, tol, sewa car seat dan depositnya. tipsnya yg penting taat lalu lintas, pakai waze, dan applikasi just park untuk cari tempat parkir. hotel/airbnb jg biasanya ada lahan parkir bs ditanya sbelum sewa, sama jng nyetir masuk kota london krn ada congestion charge 11.50, opsinya bs lewat pinggirannya.


6. Clothes & packing tips
nah banyak yang nanya juga tuh, gimana caranya pergi hampir 2 minggu cuma bawa 2 koper hehehe. Jadi aku hanya bawa 1 koper besar, 1 koper kecil. Koper besar itu isinya baju kita berempat 6 pasang baju pergi, 6 pasang baju tidur. 4 jacket langsung dipakai saat berangkat. Jadi di minggu kedua kita mengulang pakai semua baju itu, karena dicuci tiap hari dan karena ada heater di flat (walaupun ga ada dryer) jadi cepat kering dan karena cuaca masih dingin, bajupun untuk anak2 tidak perlu digosok karena ketutupan jacket hahaha. 

Satu koper lagi sebenarnya isinya perlengkapan lainnya, kaya aku sempat bawa stock susu kotak buat anak2, diapersnya garda, rice cooker mini biar bs masak nasi untuk sarapan di flat, dll Pulangnya koper ini berganti isinya jadi oleh2^^ soal baju yang dibawa jangan lupa cek musim dan suhu saat datang yaa. Jadi ky aku kmr walaupun udah spring tp suhunya msh berkisar 9-15 derajat, sebenarnya ga terlalu dingn tp karena angin kencang ak saran tetap bawa jacket minimal spring jacket yaa.

muka2 lemas pas ke bandara mau pulang naik tube, krn siang hari jadi nyaman walaupun super rempong dengan semua bawaan hehehe thanks to kakak raya yang fotoin kita ^^

7. Communication tools
Kalau memilih mengganti sim card, begitu sampai bandara sudah ada counter yang langsung menjual sim card. tapi aku sendiri lebih memilih menyewa pocket wifi yang bisa dibawa kemana2 dan cukup banget kuota dan batere dipakai seharian sewa di sini. Buat cadangan tentu masih bisa telp dengan nomor indonesia (tp sebenarnya hampir tidak membutuhkan untuk telp sama sekali di sana, berkomunikasi dengan orang air bnb ini saja bisa dengan wa call)

8. Other needs & equipments
Karena trip kali ini membawa anak2, dan memang sih kebanyakan trip aku bersama anak2 haha lumayan khatam nih persiapan buat anak2, kalau waktu umroh atau cerita pas ke gunung bisa dibaca juga yaa di blog. Yang selalu aku siapkan kalau berpergian, makanan minuman yang mereka susa (ky kmr aku sampai bawa stok susu kotak untuk 6 hari, sisanya baru beli), bawa rice cooker mini buat masak nasi dan beras secukupnya, bawa obat2an yg biasa mereka pakai (ini aku sampai ke dokter langganan dulu untuk imunisasi flu dan minta stock obat2an). 

Untuk sehari2 aku juga bawa 2 stroller, adek pakai pockit punya sendiri dan sewa satu lagi mini walker (tp ini tidak recommended ternyata karena beraaaat dan kalau dilipat terlalu panjang). jadi so far the best stroller untuk traveling tetap pockit, ringan dan ga makan tempat hehe. 

Terakhir untuk dokumentasi aku bawa kamera yang biasa aku bawa2 dan banyak juga dokumentasi dengan HP mas nuke. Namun karena sejujurnya aku dan nuke ngga jago foto, dan bukan orang yang suka foto2 banget (alias kalau di satu tempat paling foto 1-2x jepret), jadi kita ngga bawa tripod dan booking difoto sama fotografer lokal via frame a trip. tujuannya minimal kita punya dokumentasi yang bagus untuk dicetak sebagai kenang2an apalagi tujuannya cukup jauh.

Semoga membantu yaa untuk part 1 persiapan ini, berikutnya nanti kubahas itinerary termasuk rekomendasi tempat makan dan tips membawa anak2 traveling jauh dan lama yaa! 

23 March 2018

10 Q&A tentang berolahraga.

1. Kenapa sih mesti olahraga?
Jadi dulu tuh dari jaman kuliah, aku memang suka olahraga sampai dengan kerja di nutrifood. terus pas punya anak 1 masih olahraga tapi ngga rutin, eh begitu lahiran anak ke-2 ngga olahraga sama sekali :( akhirnya efeknya jadi gampang kena flu, dan kekurangan massa otot alias kurus hahaha (apalagi aku tipe yang kalau lg menyusui susah banget gemuk). Akhirnya karena termotivasi supaya badan kembali kece, dan selalu fit ngurusin 2 anak aku kembali lg olahraga secara rutin! thanks to teman2 di kantor yang selalu jadi inspirasi untuk hidup sehat.



2. Berapa kali dalam seminggu olahraga ?
Sebenarnya aktifitas fisik yang disarankan itu 30 menit/hari atau 150 menit/minggu. nah 1,5 tahun ini aku akhirnya baur bisa rutin 2x seminggu alias 120 menit/minggu. Sisa yg 30 menit aku usahakan saat ngajakin anak2 olahraga di weekend, bisa pas berenang atau jogging. Pengennya sih, pas anak-anak mulai gedean mau nambahin frekuensi ini.

3. Pakai baju apa kalau olahraga dan mesti punya berapa pasang?
Aku memang bukan yang jadi heboh belanja gitu begitu mulai olahraga, jadi sampai skr aku cuma punya 2 pasang baju + 1 jacket untuk foto hahaha secara kalau pas aku olahraga di kelas, jarang pakai hijab karena isinya cewe semua, jadi begitu sesi foto habis olahraga langsung pakai jacketnya (yg putih itu lhoo dr uniqlo yg ada di semua foto :p)

4. Biasanya olahraga di mana? 
Karena aku memang suka olahraga yang bentuknya kelas2 bukan lari /gym  /  olahraga permainan, jadi aku biasanya olahraga di studio olahraga yang ada kelas-kelasnya dan sebisa mungkin yang trainer dan pesertanya cewe semua. Kalau sedang tidak bisa datang kelas, baru deh aku olahraga di rumah mengikuti aplikasi. So far studio olahraga favoritku, Sana Studio (karena kelasnya kekinian dan aku suka sertacabangnya banyak searah kantor), Frequent Fit (karena deket banget sama rumah) satu lagi Feel good space (karena dekat sekolah anak-anak). Ada juga Siku Dharmawangsa dan Pilates Capital FX.

5. Ada aplikasi yang suka digunakan untuk kegiatan olahraga?
Untuk booking application aku rutin pakai guava pass, jd aplikasi ini mengharuskan kita jadi member per bulan dengan byaran tertentu tapi boleh olahraga di studio manapun di jakarta sesering apapun. tapi di satu studio hanya bisa 3x, namun karena aku orangnya mobile banget aplikasi ini jadi cocok karena aku bisa pindah-pindah studio. Selain itu aku pakai juga doogether, nah enaknya aplikasi ini ngga perlu jadi member tapi memudahkan kita untuk booking suatu kelas tanpa harus mencatat semua kontak studio sekaligus melihat jadwal yang avalaible. Kalau aplikasi yang suka dipakai di rumah Nike Training Club, karena ada pilihan lama waktu dan tujuan olahraganya (cardio atau membentuk otot).


6. Olahraga jenis apa yang dipilih?
Olahraga setauku ada beberapa jenis, seperti cardio seperti lari(yg menghabiskan banyak kalori sehingga cocok untuk menurunkan berat badan), ada weight training untuk meningkatkan massa otot seperti ngeGYM (cocok nih buat aku hehe) sama satu lagi yang untuk stretching dan flexibilitas seperti yoga. Sebisa mungkin kita mesti seimbang ketiganya, aku sendiri berusaha diselang seling tapi paling suka weight training untuk naikin berat badan lewat peningkatan massa otot. Cardio yang paling murah itu lari, tapi sayangnya aku ngga suka >.<  jadi gantinya aku suka banget itu kelas Strong by Zumba, Dance fit/belly dance dan Pound fit. Sedangkan untuk weigth training favoritku jelas TRX hehehe tp di strong dna pound juga ada otot yg terbentuk koq. Sedangkan untuk streching favku dr dulu adalah pilates karena ngga terlalu suka yoga.


7. Biasanya olahraga sama siapa?
beruntung seperti yang ceritain di sini, aku ketemu fira dan tiara yg awal2 aku balik olahraga ngajakin jadi buddy. kalau skr, justru aku udah ngga tergantung orang hehe. toh di kelas malah ketemu temen baru. yg penting asal jadwal dan olahraganya cocok cus berangkat. Sekarang lagi pelan2 ngeracunin suami supaya olahraga juga, wish me luck!

8. Berapa biaya yang dikeluarkan untuk olahraga?
kalau guava pass per bulannya aku bayar sekitar 690ribu, kalau kelas2 lepasan 100-150rb/kelas tp aku jarang sih karena udah kecover sama guava itu. Jadi kalau mau mulai olahraga tanpa biaya, lariiii atau pakai aplikasi kaya aku di rumah.


9. Apa manfaat yang dirasain setelah rutin berolahraga?
Ini asli yang aku rasain, hampir jarang disamperin sama namanya FLU alhamdulillaah. Selain itu massa ototku juga jadi naik, BMI-ku juga ideal sekarang :) makins emangat olahraga terus supaya awet muda dan sehat sampai tua nanti dan bisa travelling sama anak cucu dong hehe.

10. Tips untuk yang baru mulai olahraga?
Harus cobain dulu dan acri olahraga serta tempat yang paling nyaman buat kita, cari partner dan paksakan diri kalaupun sedang malas hehe.percayalah, tidak akan menyesal :) selamat berolahraga !