Social Icons

.

Kelas Kurikulum Keluarga Kita : Disiplin Positif

04 April 2016

lanjutan dari kelas sebelumnya yaitu hubungan reflektif, bulan ini gue cuti lagi ikut topik yang ini. topik ini membahas mengenai displin diri, salah satu kompetensi dasar yang menjadi tujuan pengembangan anak yang utuh dengan cara memberdayakan anak dan menggunakan pendekatan yang positif.  beberapa point utama yang gue dapet kemarin (asli sesinya panjang dari jam 9-4 sore tapi dalam banget pembahasannya+pake praktek juga) adalah :



- sebelum ke tahap menerapkan disiplin positif, penting buat kita orang tua paham dulu tahap perkembangan anak baik dari aspek sosial emosional, kognitif maupun fisik. sehingga memiliki ekspetasi akan disiplin yang realistis dan bersikap positif dalam meresponnya. untuk tahapan masing-masing usia bisa dilihat di berbagai buku atau web yaa salah satunya di link ini.

- lalu masih irisan dengan topik sebelumnya, untuk kita sebagai orang tua bisa merespon secara positif tentu kita juga harus mampu mengelola emosi diri kita sendiri dahulu. sehingga pada saat menerapkan disiplin, kita bisa merespon secara tepat pada emosi anak bukan justru merespon pada emosi kita sendiri (the hardest part buat gue..huhu)

- nah baru deh kita terapkan teknik-teknik displin positif yaitu memilih untuk memberikan dukungan bukan memberikan reward. lalu memilih memberikan konsekuensi bukan hukuman. hingga berkomunikasi dengan efektif, seperti bijak dalam memuji maupun mengkritik anak hingga ke tahap mengajar anak untuk memperbaiki kesalahannya (restitusi) (ini memang perlu pemaparan lebih dalam, dateng sesinya yuuuuk ? :) )

-  kemudian terakhir yang terpenting dalam teknik disiplin positif adalah membuat kesepakatan dengan anak sehingga terbentuk rutinitas dan menjadi preventive action sebelum ketidakdisplinan terjadi.

yeaah  i know semuanya ngga mudah yaa hehe...tapi tetep optimis sih, walaupun mesti belajar terus menerus dan kadang2 masih salah pada akhirnya tujuan pengasuhan kita tercapai. balik lagi ke salah satu prinsip pengasuhan keluarga kita, parenting is growing, mistakes are for learning :) di web mereka sudah ada beberapa topik tentang disiplin positif yang dibahas, mulai soal digital media, pola makan, toilet training, marah-tantrum hingga kemandirian. aplikatif banget buat diterapkan. oa, tgl 30 gue bikin kelas untuk yang hubungan reflektif kemarin, lihat detailnya di instagram @arninta kalau mau ikut yaa.





1 comment:

  1. nice sharing mba...untuk saya sendiri sukar menerapkan teori dan pelaksaan dalam pengasuhan salah satunya karena secara tdk sadar saya mendidik mereka sebagai mana saya di didik ortu ,jadi harus terus belajar nih untuk memperbaiki diri

    ReplyDelete