Social Icons

.

cerita dari #KerjaBakti di @FestivalGIM.

11 October 2013

*ini postingan udah gw draft dr senin tp keskip diposting* grrr......siapa yang akhirnya weekend kemarin ke festival gerakan indonesia mengajar? yang ngga dateng, pasti nyesel...acaranya bagus dan seru banget ! gw salut banget buat Indonesia Mengajar sebagai inisiator acara ini, bayangin aja, relawan yang jadi panitia sekitar 800 orang lho, belum lg relawan yang ikutan #KerjaBakti sekita 10ribuan klo ngga salah. Kemarin gw dateng di hari sabtu tepat jam 10 pagi, antriannya udah panjaaaaang. waktu dateng raya msh bobo digendong ayahnya hihihi pertama dateng kita registrasi unutk dapet name tag, trus antri untuk masuk kelas orientasi. nah apa itu kelas orientasi? kelas ini seperti penjelasan singkat di awal sebelum masuk, per kelompok masuknya. di kelas ini ky diputerin video singkat tentang optimisme pendidikan di Indonesia, ngga usah ngebayangin video yg suntuk, tp justru video singkatnya bikin gw mau nangis terharu aja! videonya ky ngingetin Indonesia masih punya harapan dari anak-anak di seluruh pelosok Indonesia dan memberikan semangat bahwa kita jg bs ikut kontribusi.

setelah kelas orientasi selama 5 menit ini, baru deh kita bisa masuk ke ecovention hall ancol dan langsung disambut sepuluh wahana kerja! baru mau ikut wahana ternyata kita mesti sabar dulu karena upacara bendera dulu bersama2 di wahana Aula Indonesia. lagi2 gw dibuat merinding, segitu banyaknya orang jd satu tumplek mau ikutan kerja bakti nyanyiin Indonesia Raya. mulai dari yg muda, tua, anak, penyandang cacat, nenek2, dari semua lapisan masyarakat dr siswa SD sampai CEO. yg unik upacara benderanya gabungan dengan video, maksudnya pas bagian pembacaan pancasila dan teks proklamasi yg bacain anak2 SD dr pedalaman yg sudah direkam dalam video oleh pengajar muda :') upacara berakhir dengan menyanyikan lagu tanah air *makin menggenang deh air mata*. pas lagu ini, raya bangun dan gw ajak ikut nyanyi :) selesai upacara langsung kita ikut kerja bakti! 

sayang, krn gw mesti mengejar jam 12an balik supaya kakak bisa makan siang (kita cuma bekel snack raya aja krn raya makanan berat mesti anget) jd kita cuma bisa ikutan 3 wahana. salah satu wahana yg kita ikuti adalah surat semangat. dimana gw nulis surat untuk guru di salah satu sekolah tempat pengajar muda berada yaitu Kabupaten Kep Sangihe - Propinsi Sulawesi Utara. nah waktu ngeliat peta di mana sekolah ini berapa, fasilitatornya bilang bahwa penduduk di sana rata2 adalah kristiani, tetapi pengajar muda yg datang ke sana justru berjilbab, nah makanya toleransi di sana tinggi banget :) jd saat gw mau nulis surat, disarankan membagi cerita soal toleransi. klo dipikir2, wahana ini sebenarnya sederhana banget tp bermakna. bayangkan bagaimana kolarobasi bisa terjalin anatara kita yg di kota dengan mereka yg di pelosok. uniknya setelah menulis surat kita masukin ke amplop yg sudah ditulis tujuannya ke mana dan ditulis juga alamat dan nama kita di belakang amplop supaya bisa mendapat surat balasan (boleh menyertakan foto jg) lalu dimasukan dalam "kotak pos" yg sudah disediakan per wilayah. semoga ya, apa yg gw share di surat itu bisa bermanfata walaupun sedikit. 

semoga acara seperti ini akan ada lagi di tahun2 mendatang, dan apapun yg relawan2 hasilkan di hari ini bisa bermanfaat buat pendidikan Indonesia, juga sebaliknya semoga acara ini membuat relawan2 yang hadir optimis bahwa siapapun bisa berkontribusi. hiduplah Indonesia Raya ! :) 




1 comment:

  1. mbak nintaaa aku nyesel banget gak ikutan T.T
    udah daftar udah membulatkan tekad tetep dateng walaupun lagi prajab. Eh gak taunya hari H badan nge drop dan besoknya ujian pra jab..syebel aku syebeeeeel T.T

    ReplyDelete