15 October 2012

Kelas #edukASI persiapan menyusui by @AIMI_asi

weekend kmr jadwal gw dan mas nuke penuh bangeet *gaya*, jd senin pagi pas ke kantor rasanya gimana gitu hahaha - you know lah. tp sejak nikah memang kynya weekend pasti penuh ya, bagi2 waktu buat dua keluarga kami berdua jg mesti pinter2 supaya kita berdua pun jg punya quality time :)  

waktu mulai hamil dan banyak belajar via banyak media termasuk buku & online, baru ngerti ternyata ada fase yg jg sama pentingnya setelah hamil dan menjadi bagian dr perjalanan membesarkan anak yaitu menyusui. awalnya ngeliat kedua kakak ipar dng background berbeda, satu working mom dan satu full time mother, keduanya patut disalutin krn konsisten memberikan asinya hingga 2 tahun kepada kedua anak mereka masing2. dasar dr kecil gw tuh hobii banget ikutan les/belajar ini itu, hahaha jd soal menyusui ini pun gw penasaran mau belajar langsung dr ahlinya :D dr baca2 ini itu udah jelas sbenernya, tp kynya kurang afdol klo ga bs lsg belajar hihi kebiasaan ini gw tularin deh ke mas nuke dan dia happy aja pas diajakin (+ngebayarin :p) ikutan kelas persiapan menyusui ini yg diadain sama asosiai ibu menyusui indonesia sabtu kemarin. #BayiCantik harus bangga sama ayahnya nanti :))

kebetulan kelas ini diadakannya di Sekolah Cikal, seneng deh gw..soalnya ga terlalu jauh dr rumah, terus penasaran jg mau lihat dalemnya sekolah ini dr dulu. kelas yg diadakan oleh aimi asi ini boleh diikuti oleh2 ibu2 saja tau mau hadir bersama pasangan akan jauh lebih baik, krn dr semua materi jelas bahwa dukungan suami adalah yg paling utama dalam menyusui. salut jg sama pasangan2 lain yg ikut mendampingi istrinya pas kelas kmr. kelas2 dr aimi dibagi menjadi 3 sesi yaitu kelas persiapan menyusui saat kehamilan (pre-natal), pas kelahiran (post-natal), dan seputar tantangan2 dalam menyusui dalam 3 kali sabtu berbeda. keterangan lengkap tentang konten msg2 kelas+jadwal kelas terdekat ada di sini.

ini suasana kelasnya, posisi duduk dibuat letter U

yg bikin seneng pertama kali dtg ini adalah kelasnya mulai tepat waktu! *gw deh yg dtgnya telat krn salah jalan hahaha* menurut gw jg trainer yg sharing jelas banget neranginnya, setiap peserta jg mendapatkan bahan2 presentasinya lengkap di CD+snack yg mencukupi selama kelas yg bisa dibilang panjang dr jam 9 - 13. itu kelasnya jg bisa milih mau kelas yg mana, dan gw ikut aja lho ketiga kelasnya hahaha *ambisius* habis topiknya kan emang2 beda2, sesi yg pertama kmr membahas yg sangat mendasar mulai pentingnya asi, bahaya formula, inisiasi menyusui dini , cara menyusui dasar hingga tips2 suskesnya. gw sendiri ngerasa lebih jelas dr yg cuma gw baca selama ini, krn pada saat kelas kan terjadi interaksi, byk study case dr peserta lainnya jg bs jd bahan belajar :) cuma krn memang kursinya pake fasilitas di tempatnnya, buat bumil bawa bantal untuk ganjel punggung boleh jg lho..soalnya klo hamilnya makin gede,makin pegel euuuy :D pas terakhir sebelum pulang, ada quiz berhadiah bayu menyusui, sayang cuma 1, ga dpt deh gw  hahaha *kompetitif*

baru bisa cerita sampe sesi pertama ini, ntar diupdate cerita2 kelas2 berikutnya ya..beberapa momen kecil ga bs dilupain sih  pas kelas, misal tiap ditunjukin video IMD pas anak bayi org lahir, gw matanya selalu ngembeng2, duh indah banget. apalagi pas ngeliat bayi IMD sambil diazanin sm bapaknya :') tp suasana haru ky gitu kadang2 jd berantakan dng 'ulah2' mas nuke yg ngemesin..misal nih ya,dr pertama dateng sampe plg, satu2nya bapak2 yg doyan nyemil cuma dia doank gw liat!aslik ngalahin bumil2 yg disitu -___- blum lg pas sesi quiz, kan trainer nanya satu pertanyaan trus dia jwb lah bisik2 ke gw, eh bpk sbelah dia yg tunjuk tangan jwb, dng polosnya dia bilang donk.."ih dia ngecontek jwban aku" huahahah dasaar siapa suruh ga jwb lsg, malah bisik2 ke gw..weeee

yowes,makin ke sini makin ga penting ya ceritanya...kesimpulannya, ibu2 dan teman2 sekalian..so far gw merekomendasikan untuk mengikuti kelas ini. ga rugi jg ngeluarin duit untuk belajar selain ngeluarin buat belanja2 klo memang ada rejekinnya, disesuaikan dng prioritas masing2 aja :) skr tinggal positive thinking pasti bisa, dan seperti yg  artikel2 buat ibu2 bilang, smg gw nantinya bs berkomitmen, ikhlas dan pantang menyerah jika ada tantangan.aamiin! 

note : gw baru tau dr kelas itu, ternyata di Jakarta, rumah sakit yg bener2 mendukung dan menerapkan IMD cuma 2, dan salah satunya alhamdulillah rumah sakit tempat gw kontrol (kemang medical care), yeaay! jd ga perlu khawatir/ribet jelasin lg ke pihak rumah sakitnya. 

6 comments:

  1. aku dukung kamu utk bisa ASI-x yaa. Aku aja bisa 2x, kamu juga pasti bisa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin! ntar klo muncul kata menyerahnya, siap2 ak bbm ya hahaha...

      Delete
  2. ninta, penasaran nih RS satu lagi apa sih??

    ReplyDelete
  3. hai hai, sama2 ikutan kelas AIMI yang September kemarin yaaa? aku juga ikut. kok ga kenalan ya kita heheheheh :D

    good luck dan sehat2 terus hamilnya ya Ninta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga mbaa, ak ikutnya yg oktober hihi..coba waktu itu brgan ya qta :)) km samaannya sm dengan mba damay kan yah?btw,selamat yaa buat kelahiran baby shera..*kiss2

      Delete