Social Icons

.

Review : Pre Kindie Rumah Main Cikal fX.

14 July 2017

Buat yang ngikutin di instagramku, pasti sering lihat aku posting soal kegiatan bermain dan belajarnya anak-anak khususnya kakak raya di Rumah Main Cikal FX Sudirman. Sebelum cerita persiapan kakak masuk TK, mau review dulu nih gimana raya selama pre kindie di sana (dan juga 3 tahun di sana dari kelas bayi-bayi, adik-adik dan kakak-kakak juga).

PS : this will be a long story, but worth to read :)



1. Curriculum
aku sih bukan pakar psikologi jadi kalau ngomongin teori tanya pada ahlinya hehehe. tp so far selama kakak dan adik di sana, kurikulum untuk paud atau pre school di sini menurutku paling komprehensif. Jadi bukan hanya salah satu aspek saja tp semua aspek dilatih mulai dari motorik kasar, halus, bahasa, sosial dan emosi.

selain itu pemilihan bahasa indonesia pada usia awal juga aku sangat setuju, karena aku dan nuks percaya anak-anak harus bisa dulu berbicara dan paham berbahasa indonesia dengan baik dan benar. (bahasa inggris diperkenalkan bertahap, pada pre kindie mulai dikenalkan).

yang paling penting lagi, rumah main cikal memang menerapkan disiplin positif , yang dimana gaya pengasuhannya memang sesuai dengan yang kuterapkan di rumah. untuk detailnya seperti apa disiplin positif itu bisa dibaca di webnya keluarga kita yaa.

 oia, di kelas bayi2 dan adik2 juga orang tua harus mendampingi, karena mereka percaya untuk anak usia di bawah 2 tahun sangat penting bagi anak untuk bonding secara intensif dengan anak2. Berikut beberapa kegiatan pembelajaran yang sempat aku dokumentasikan dan cukup berkesan :)

  • home project
mulai usia 2 tahun, anak-anak akan punya home project. bukan PR seperti jaman kita dulu, hehehe tapi tugas yang dikerjakan bersama orang tua sama-sama di rumah. beberapa yang berkesan dari home project raya di pre kindie kemarin : mulai dari project memasak untuk mengenal perubahan bentuk, memelihara hewan di rumah hingga art perfomance bersama keluarga. favorit bgt deh ini! di akhir term biasanya mereka juga akan berlatih presentasi di exhibition gitu, jadi anak akan ditanya oleh orang tua lainnya apa yang mereka kerjakan. salut bgt sih anak umur 4 tahun sudah dilatih seperti ini hehehe.


  • field trip
nah selain home project, setiap term juga akan ada field trip terkait tema term itu juga. jadi inline tuh apa yang dikerjakan di sekolah dan di rumah. misal yang tema mengenal jenis benda padat cair dan gas melalui kegiatan memasak mereka berkunjung ke cooking academy, dst. yang bikin senangnya lagi, biayanya sudah include ke dalam biaya term yang kita bayarkan.

  • assembly
setiap term (3 bulan sekali) juga anak-anak diajak untuk tampil gerak dan lagu di panggung kecil, kegiatan ini bertujuan untuk melatih percaya diri dan kerjasama bersama teman. inget banget dulu pertama naik panggung, kakak tuh bisa nangis lihat orang banyak sampai sekarang malah semangat kalau mau assembly.

  • school production
kalau assembly dilakukan tiap term,school production ini hanya setahun sekali. bisa dibilang tampil di panggung yang lebih besar, penonton yang lebih banyak dengan cerita dan panggung yang lebih berkonsep. ngga tanggung2 sih, tempatnya 2 tahun terakhir di teater jakarta Taman Ismail Marzuki. ngga nyangka sebenarnya anak sekecil raya, bisa mandiri di backstage bersama guru2 menunggu giliran tampil, percaya diri menari hingga latihan berminggu2 di kelas hehe. tp yang bikin senang dr cikal,tema yang diangkat selalu indonesia bangeet.

video



2. Teachers
yes, aku dan nuks cinta banget sih sama guru-gurunya anak ini.hehehe setiap manusia apalagi guru pasti ada kelebihan dan kekurangan. tapi yang bikin suka guru-guru  di sini tuh karena memang kelihatan banget passionnya di pendidikan dan tulusnya sama anak-anak. Berasa jadi punya keluarga ke-2. hebatnya juga, walaupun dengan anak-anak yang tidak mereka ajar pun mereka hampir sebagai besar hapal satu sama lain, intinya hangat gitu hubungan antara orang tua - guru  - anak2 - juga support system di sekitarnya. Makanya juga ada baby sitter class segala.

3. Facilities 
Khusus di rumah main cikal  (RMC) FX, memang termasuk yang paling kecil dibandingkan RMC lainnya seperti RMC cilandak, serpong atau bintaro. Karena kebetulan ini RMC pertamanya sekolah cikal, jadi lokasinya memang di dalam mall dan playgroundnya tidak terlalu besar. cuma satu ini kekurangannya menurut gue hehehe.

but overall, setelah dari bayi di sana sampai sekarang keliatan banget di si kakak. intinya dengan dukungan RMC fx dan penerapan pola pengasuhan yang sama di rumah, kakak tumbuh sesuai perkembangan di usianya dan tingkat kemandirian yang diharapkan. lalu kalau ada yang tanya, ngga bosen tuh anak2 sekolah dari kecil? 

jadi inget salah satu quote, sekolah itu bukan soal berapa lama dan di mana, tapi bagaimana cara kita belajar soal sesuatu, bahkan terkadang kita bisa belajar banyak hal selain dari sekolah ya. lalu kenapa pilihanku menyekolakan sejak dini? karena aku percaya stimulasi sangat penting dilakukan sejak dini sesuai pekermbangan usianya, dan karena aku 'ilmu'nya masih terbatas, kadang waktu terbatas untuk mempersiapkan bahan belajar di rumah, makanya butuh partner untuk mendampingi perjalanan tumbuh kembangnya jadi pilih menyekolahkan anak-anak di sini. terima kasih rumah main cikal :)

No Comments Yet, Leave Yours!