Social Icons

.

Mempersiapkan Hari Pertama Sekolah Kakak Raya.

18 July 2017

Hari pertama raya jadi anak TK, sesungguhnya jadi momen yang berkesan bukan hanya untuk si kakak tapi juga ayah bundanya hehe. kalau sebelumnya dia cuma sekolah 3x seminggu dan tidak memakai seragam, sejak TK kan pindah ke gedung sekolah, pakai seragam serta setiap hari sekolahnya. berasanya nih anak jadi keliatan gede bangeet, aku dan nuks terharuuuu :')


Menjelang masuk sekolah, ada beberapa yang hal aku coba lakukan bersama-sama dengan nuks (+adek yang jd supporter :p) untuk mempersiapkan kakak raya supaya bisa masuk dengan hati senang serta dapat memaknai step-nya ini dengan baik.

1. Mengajak berkunjung ke sekolahnya serta bercerita tentang sekolahnya
Pastinya sih, sejak survey dan mengurus pendaftaran dulu  kakak sudah beberapa kali ke sekolahnya, tapi memang sebaiknya mendekati hari pertama kita ajak lagi anak ke sana serta menjelaskan detail apa saja yang akan dia pelajari dan hadapi sehari-harinya. Beberapa temanku malah melakukan simulasi di pagi hari :)

2. Mempersiapkan keperluan sekolahnya
Ini standar yaa seperti seragam, sepatu, perlengkapan bekal, dst. Tapi yang lebih penting lagi untuk usia anak TK 4-5 tahun sudah bisa diajak mulai dari memilih perlengkapannya sendiri, dibuatkan jadwal pakai seragamnya (aku gambar dan tempel di lemari supaya raya bisa lihat tiap pagi) hingga membiasakannya untuk menyiapkan sendiri saat mau berangkat sekolah.

3. Membuat kesepakatan bersama terkait jadwal kegiatan
Sebelum mulai TK, aku sudah secara bertahap membiasakan jadwal kegiatan yang akan diterapkan jika kakak mulai TK serta meningkatkan secara bertahap juga kemandiriannya. Jadi beberapa kesepakatan yang aku, nuks dan raya buat bersama soal jadwal mulai dari bangun jam setengah 6 pagi, kemudian waktu screen time di siang & sore, waktu belajar di malam hari, hingga jam 8 malam sudah tidur. selain itu yang tadinya makan, mandi juga yg masih di bantu skr memang sudah sendiri serta tidur juga di tempat tidurnya sendiri walaupun masih satu kamar.

4 . Hati orang tua yang tenang membuat anak senang
Memang dari point 1-3, yang paling kerasa banget membuat hari pertama kakak jadi lancar adalah percaya bahwa dia bisa. Gurunya raya pas parent's briefing juga mengingatkan, bahwa kita harus ikhlas dan percayakan sepenuhnya anak-anak ke guru dan sekolah, insyaAllah anak juga akan menjalani harinya dengan hati yang senang :)

5. Refleksi di akhir hari atau minggu
Mungkin ini bukan persiapan  sebelumnya ya, tapi bisa jadi perbaikan di hari-hari setelahnya. Jangan lupa di akhir hari, bisa saat pulang sekolah atau malam sebelum tidur kita sempatkan untuk mengobrol dengan anak tentang bagaimana harinya berjalan, sudah kenalan dengan teman atau belum, dst. tantangannya dari proses refleksi ini sebenarnya adalah bagaimana anak bisa becerita tanpa merasa diintrogasi yaa... jadi sekarang setiap harinya aku coba siapkan pertanyaan pancingan yang berbeda semisal "eh tadi bunda kenalan sama mamanya temanya raya lhoo, namanya iniii.. kalau raya kenalan juga ngga?" langsung semangat banget tuh dia cerita hehehe.


Tapi balik lagi ya, setiap anak pasti punya pembawaan tempramen dan karakter masing-masing.. jadi kita usahakan sebaik mungkin, bagaimanapun keadaannya selalu support anak-anak dengan senyum dan pelukan :)

PS : kakak raya sih ga drama ya, tp ternyata malah adeknya kalau pas nganter pagi2 nangis klo lihat kakaknya masuk sekolah pengen ikut hahaha.

1 comment:

  1. wuah mbak arninta, aq pikir kl anak mo sekolah yang di siapin hnya kebutuhan macam seragam dan alat tulis saja, ternyata banyak yang lain juga, makasih ilmunya mbak...

    ReplyDelete