Social Icons

.

Tahun ke-25 mudik ke Pekalongan (part 1-wisata kuliner)

06 September 2011

assalammualaikum wr.wrb..
halooo, sebelum memulai cerita gw & mas nuke mengucapkan selamat hari raya idul fitri yaah!
walaupun telat, tp tdk ada salahnya kami mohon dimaafkan jika ada salah dalam perkataan maupun perbuatan :) smg bagi teman2 dan saudara kami dimanapun berada, tdk akan terputus silaturahminya dengan kami berdua.

nah, seperti janji gw sebelumnya..gw akan bercerita tentang mudik gw ke pekalongan. dimana tahun ini merupakan thn ke 25 gw berlebaran di sana! yup betul sekali, sejak lahir hingga skr gw belum pernah berlebaran di kota lain hehe..(doakan smg thn depan gw bs berlebaran di jkt krn sedang hamil tua,aamiin! ). cerita ini akan dibagi bbrp part, seperti wisata kuliner, keluarga dan cerita tentang kesamaan kampung halaman gw dng suami. supaya ceritanya ga terlalu panjang dan bosen :D

Part pertama pilihan gw jatuh kepada wisata kuliner, karena menurut gw ini yg plg seru selama mudik. Alasannya, krn selama wiskul gw dan suami hampir tdk pernah mengeluarkan uang!hahaha ini krn gw & suami selalu pergi bersama keluarga (hitung2 penghematan seminggu lah buat pengantin baru ;p). Biar gampang ceritanya, saya kasi no.aja ya dan keterangan dari makanan2 yg gw coba selama mudik, siapa tau klo kalian mampir ke kota gw ini mau mencoba :)

1. Soto pekalongan Pak Tjarlam - Deket Matahari pekalongan
asli, klo mau coba yg namanya soto pekalongan hrs ke tempat ini, juara! walaupun tempatnya di gang senggol gitu, tp pelanggannya banyak bgt. yg khas dr dia, penjualnya klo qta dtg akan menyapa "monggo" hehehe artinya "silahkan". Kalau kata bapak, penjualnya skr ini udah generasi kedua.
2. Es Duren + Pecel - Jln.Merak
Mau blg pecel dimana2 rasanya sama?harus coba pecel ini baru bisa komen :D yg spesial dr tempat ini, hari lebaran kedua udah buka.jadilah gw dan keluarga menyerbu..es durennya ngga ky di jkt, es duren ini banyak isi durennya dibanding esnya :)

3. Sego Megono + Garang Asem RM.Masduki - Jl.Alun2
Nah untuk yg ini gw agak bingung jelasinnya gimana,coba browsing aja ya :p

4. Lontong Opor - Alun2 Kota pekalongan
Sama ky pecel, jng berani komen klo belum coba lontong opor ayam ala pekalongan. Buat temen2 gw yg dateng waktu lamaran, pasti pernah ngerasain gmn enaknya makanan ini. dulu waktu gw lamaran, sm bapak lsg dibawa sepenjual2nya lho ke jkt :D yg bikin beda sih katanya sambel yg dicampur sama kuahnya itu.

5. Es Dawet Pekajangan & Bakso pak Min -depan Mesjid Muhamadiyah Pekajangan
Untuk yg dua ini, sebenernya rekomendasi di daerah deket rumahnya eyang hubby, ga terkenal sepekalongan sih, tp cukup terkenal di daerah pekajangan. Uniknya, bakso ini jajanan hubby dr waktu kecil dulu. dia selalu blg harganya semangkok seribu, eh pas gw makan ternyata skr udah 3500 perak hihihi

5. Nasi Grombyang - Pemalang (ini kotanya ibu gw)
Ini tambahan rekomendasi gw dari kampung ibu, silahkan dicoba klo lewat sana juga. pemalang itu kira2 45 menit dr kota pekalongan.

6. Teh Bandulan - Khas Pekalongan
Yang terakhir dan sangat perlu dicoba adalah teh bandulan. Teh ini udah ada sejak 1933 (menurut kemasannya) dan merupakan produksi pekalongan asli. Agak bingung sih ngejelasin rasa bedanya gmn, klo mau coba boleh deh main rumah gw ^.^ Gw skr nyetok teh yg dalam kemasan gelas dan yg msh dalam bentuk serbuk teh saking sukanya. Cerita lainnnya, selama gw silaturahmi di pekalongan, semua rumah memberikan tamunya minuman ini hahaha

Sekian cerita wiskul gw, sederhana ya makanan2 itu. tp buat gw dan hubbby bener2 bikin happy selama mudik dan selalu bikin kangen.


2 comments:

  1. wah, senangnya gak pernah absen mudik, hihihi. nice post, btw, makanan+minumannya menarik semua. sekalipun duren yang aku gak suka, hihihihi. salam kenal.

    ReplyDelete
  2. hai indi, seneng bgt jg ak dicomment km..first comment di blog baruku!hihihi thank u so much.. *salam kenal jg yaah*

    ReplyDelete