23 March 2018

10 Q&A tentang berolahraga.

1. Kenapa sih mesti olahraga?
Jadi dulu tuh dari jaman kuliah, aku memang suka olahraga sampai dengan kerja di nutrifood. terus pas punya anak 1 masih olahraga tapi ngga rutin, eh begitu lahiran anak ke-2 ngga olahraga sama sekali :( akhirnya efeknya jadi gampang kena flu, dan kekurangan massa otot alias kurus hahaha (apalagi aku tipe yang kalau lg menyusui susah banget gemuk). Akhirnya karena termotivasi supaya badan kembali kece, dan selalu fit ngurusin 2 anak aku kembali lg olahraga secara rutin! thanks to teman2 di kantor yang selalu jadi inspirasi untuk hidup sehat.



2. Berapa kali dalam seminggu olahraga ?
Sebenarnya aktifitas fisik yang disarankan itu 30 menit/hari atau 150 menit/minggu. nah 1,5 tahun ini aku akhirnya baur bisa rutin 2x seminggu alias 120 menit/minggu. Sisa yg 30 menit aku usahakan saat ngajakin anak2 olahraga di weekend, bisa pas berenang atau jogging. Pengennya sih, pas anak-anak mulai gedean mau nambahin frekuensi ini.

3. Pakai baju apa kalau olahraga dan mesti punya berapa pasang?
Aku memang bukan yang jadi heboh belanja gitu begitu mulai olahraga, jadi sampai skr aku cuma punya 2 pasang baju + 1 jacket untuk foto hahaha secara kalau pas aku olahraga di kelas, jarang pakai hijab karena isinya cewe semua, jadi begitu sesi foto habis olahraga langsung pakai jacketnya (yg putih itu lhoo dr uniqlo yg ada di semua foto :p)

4. Biasanya olahraga di mana? 
Karena aku memang suka olahraga yang bentuknya kelas2 bukan lari /gym  /  olahraga permainan, jadi aku biasanya olahraga di studio olahraga yang ada kelas-kelasnya dan sebisa mungkin yang trainer dan pesertanya cewe semua. Kalau sedang tidak bisa datang kelas, baru deh aku olahraga di rumah mengikuti aplikasi. So far studio olahraga favoritku, Sana Studio (karena kelasnya kekinian dan aku suka sertacabangnya banyak searah kantor), Frequent Fit (karena deket banget sama rumah) satu lagi Feel good space (karena dekat sekolah anak-anak). Ada juga Siku Dharmawangsa dan Pilates Capital FX.

5. Ada aplikasi yang suka digunakan untuk kegiatan olahraga?
Untuk booking application aku rutin pakai guava pass, jd aplikasi ini mengharuskan kita jadi member per bulan dengan byaran tertentu tapi boleh olahraga di studio manapun di jakarta sesering apapun. tapi di satu studio hanya bisa 3x, namun karena aku orangnya mobile banget aplikasi ini jadi cocok karena aku bisa pindah-pindah studio. Selain itu aku pakai juga doogether, nah enaknya aplikasi ini ngga perlu jadi member tapi memudahkan kita untuk booking suatu kelas tanpa harus mencatat semua kontak studio sekaligus melihat jadwal yang avalaible. Kalau aplikasi yang suka dipakai di rumah Nike Training Club, karena ada pilihan lama waktu dan tujuan olahraganya (cardio atau membentuk otot).


6. Olahraga jenis apa yang dipilih?
Olahraga setauku ada beberapa jenis, seperti cardio seperti lari(yg menghabiskan banyak kalori sehingga cocok untuk menurunkan berat badan), ada weight training untuk meningkatkan massa otot seperti ngeGYM (cocok nih buat aku hehe) sama satu lagi yang untuk stretching dan flexibilitas seperti yoga. Sebisa mungkin kita mesti seimbang ketiganya, aku sendiri berusaha diselang seling tapi paling suka weight training untuk naikin berat badan lewat peningkatan massa otot. Cardio yang paling murah itu lari, tapi sayangnya aku ngga suka >.<  jadi gantinya aku suka banget itu kelas Strong by Zumba, Dance fit/belly dance dan Pound fit. Sedangkan untuk weigth training favoritku jelas TRX hehehe tp di strong dna pound juga ada otot yg terbentuk koq. Sedangkan untuk streching favku dr dulu adalah pilates karena ngga terlalu suka yoga.


7. Biasanya olahraga sama siapa?
beruntung seperti yang ceritain di sini, aku ketemu fira dan tiara yg awal2 aku balik olahraga ngajakin jadi buddy. kalau skr, justru aku udah ngga tergantung orang hehe. toh di kelas malah ketemu temen baru. yg penting asal jadwal dan olahraganya cocok cus berangkat. Sekarang lagi pelan2 ngeracunin suami supaya olahraga juga, wish me luck!

8. Berapa biaya yang dikeluarkan untuk olahraga?
kalau guava pass per bulannya aku bayar sekitar 690ribu, kalau kelas2 lepasan 100-150rb/kelas tp aku jarang sih karena udah kecover sama guava itu. Jadi kalau mau mulai olahraga tanpa biaya, lariiii atau pakai aplikasi kaya aku di rumah.


9. Apa manfaat yang dirasain setelah rutin berolahraga?
Ini asli yang aku rasain, hampir jarang disamperin sama namanya FLU alhamdulillaah. Selain itu massa ototku juga jadi naik, BMI-ku juga ideal sekarang :) makins emangat olahraga terus supaya awet muda dan sehat sampai tua nanti dan bisa travelling sama anak cucu dong hehe.

10. Tips untuk yang baru mulai olahraga?
Harus cobain dulu dan acri olahraga serta tempat yang paling nyaman buat kita, cari partner dan paksakan diri kalaupun sedang malas hehe.percayalah, tidak akan menyesal :) selamat berolahraga !

No comments:

Post a Comment