11 January 2018

Family Camp at Green Camp Bali - Day 1.

Salah satu yang the best experience buat aku dan sekeluarga adalah ikutan Green Camp di Green School Bali ini :) Sebenarnya 7 tahun yang lalu, aku sempat berkunjung ke sini barengan sama teman2 kantor untuk keliling green school- nya aja, sekarang ternyata mereka sudah berkembang sendiri ada green camp. Detailnya bisa dilihat lengkap di website nya yaa. 3 hari di sini tuh pengalamannya bermakna dan berkesan bgt! tapi pengalaman berkegiatan full di alam, menerapkan green living dari hal terkecil sehari-hari hingga bertemu dengan banyak keluarga dari berbagai negara membuat pengalaman buat the nuks yg berbeda dari sebelum-sebelumnya.



Tips dari aku kalau mau ikutan juga, usia yang disarankan adalah 5 tahun ke atas seperti kakak raya kemarin sudah banyak cukup mengerti. Tapi itu berarti kalau ikutnya sudah 5 tahun harus bayar full untuk kids hehe. Selain itu karena mostly kegiatan outdoor atau semi outdoor, juga  banyak wet activities bawa wetsuite yang banyak. Aku sendiri karena 3 hari cuma bawa 1 tas jinjing dan 2 backpack buat kita berempat. Selain itu jelaskan dulu kondisi di sana ke anak-anak supaya tidak kaget, seperti menginap di rumah bambu tanpa ac, tidak ada tv dst. Oia boleh juga pilih yang baju yang lengan panjang kalau takut kena nyamuk, semut dll hehehe kemarin sih aku yang penting semprot anti nyamuk terus seharian.

Tapi yang bikin tenang ya pergi ke sana,  sebelum berangkat tim mereka sudah memberikan penjelasan detail tentang apa yang perlu dibawa dan menyiapkan segala kegiatan dengan detail pula :) fasilitatornya juga asik, dan karena pesertanya dari berbagai negara bahasa pengantarnya inggris yaa. aku coba ceritain sekilas kegiatan hariannya (karena setiap camp bisa bervariasi, kadang tematik).

Day 1
Hari pertama kegiatan kita dimulai dengan camp orientation, mulai bagaimana memisahkan sampah makanan, bagaimana memilih tempat BAK dan BAB (karena yg bab akan mereka olah jd kompos hehehe), serta kesepakatan bersama seperti kalau ada panggilan "buya" artinya waktu berkumpul dan akan dijawab "bali". Setelah itu, kita buat camp expectation kita selama di sana. Baru deh dilanjutkan ice breaking untuk mengenal anggota keluarga lainnya. Kemarin pas kita camp, ada 5 keluarga lainnya dr england, 2 dari jepang, sweden, dan korea.

Kegiatan berikutnya, kita diajak green school tour (yg walaupun ini kedua kalinya untukku) tapi selalu WOW liat green school ini. bisa dilihat dr foto-fotonyaa, semua fasilitas terbuat dari bambu.  Sorenya setelah puas berkeliling, baru deh kita masuk ke kegiatan culture yaitu mempelajari seni beladiri bali yaitu mepantigan. Sebelumya kita latihan dulu di ruang indoor, abis itu yang paling seru ditutup dengan praktek langsung di dalam lumpur! aslik pertama kalinya sih main lumpur anak-anak apalagi hahaha seru bangeet.


Oia, tenang saja sesi makan selalu menyenangkan karena selain bahannya dari organic garden mereka sendiri, rasanya enak-enak! menu-menu juga digilir dari wstern sampai balinese tapi semuanya tetap sehat :) sehabis makan malam harusnya ada kegiatan api unggun, cuma karena sedang hujan ditiadakan.kami pun langsung kembali ke yurt (rumah bambu kami) dan langsung tepar tidur. capek jugaa berangkat first flight terus langsung berkegiatan. Ceritanya berlanjut dipost selanjutnya yaa.





2 comments:

  1. seru deh kegiatannya, jadi pengen ngerasain juga tapi harus tunggu anakku umurnya cukup dulu, tfs mbak

    ReplyDelete
  2. wah keliatannya seru banget ya....

    ReplyDelete