01 November 2017

Mengenalkan Kota Jakarta kepada Anak.

Tinggal di Jakarta, tapi kalau ngga disempetin bisa-bisa ngga kenal sama kotanya :) beberapa kali liburan ke luar kota sama anak-anak, sampai hampir lupa ngajakin kenal sama kota kelahiran dan tempat tinggalnya anak-anak. Jadi beberapa waktu terakhir, memang diniatin tuh mengenalkan anak-anak sama sesuatu yang 'jakarta banget' walaupun sejujurnya masih kurang satu lagi yaitu monas hehe. nanti diupdate yaa kalau sudah ke sana :) berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengenalkan jakarta dan suasana masyarakatnya :

1. Car Free Day
semuanya pasti tau deh sama inisiatif yang satu ini, dimana pada minggu pagi sampai jam 12 siang jalanan senayan-bundaran HI ditutup untuk kendaraan bermotor. sampai akhirnya inisiatif ini juga diikuti oleh kota-kota lainnya di Indonesia. kenapa wajib mencoba ke car free day? karena selain bisa menikmati jalanan Jakarta dengan berjalan, bersepeda atau berlari kita juga bisa menemui berbagai karakter dan kebudayaan Jakarta. Mulai dari mencoba tranpostasi umum busway, melihat talent2 seni yang suka tampil, kebudayaan tradisional seperti ondel-ondel hingga menghirup udara Jakarta yang bersih sesaat dr asap kendaraan yg terpenting ! :) 


2. Keliling Kota dengan Bus Wisata Jakarta
Jadi, sekarang Jakarta punya bis wisata yang selain bentuknya bis tingkat, gratis juga punya beberapa tipe rute. total ada 6 rute, yang salah satunya yang kemarin kami naiki adalah rute History of jakarta, lengkapnya bisa dilihat di webnya ya. Lebih bagusnya memang kita turun ya pada setiap pemberhentian, tp ini pun ngga cukup sehari. akhirnya kemarin karena aku ikut rombongan khusus iparku yang lg ada acara, jadi kami hanya mengunjungi 2 tempat yaitu berkunjung ke kota tua jakarta (ceritanya di point berikutnya) dan berkunjung ke sekretariat jakarta smart city. 



Buat yang belum tau, Jakarta Smart City ini adalah konsep yang dibuatberdasarkan 6 pilar : Smart Governance, smart people, smart living, smart mobility, smart economy, dan smart environment. Dengan sart city, data disajikan lebih transparan dan bermanfaat agar masyarakat bs dapat hidup lebih baik. Detailnya bisa dilihat di webnya yaa. Intinya ini jakarta kekinian bgt deh, baru tau kemarin kalau Jakarta punya 6000 lebih cctv, dan bisa melihat semua data pengaduan di sini kereeen!  tp kalau mau berkunjung ke sini mesti ajukan surat kunjungan dan rombongan yaa (Bus Wisatanya cuma melewati balaikota yaa).


3. Berkunjung ke Kota Tua 
kalau yang tadi kekinian, anak-anak juga wajib diajak mengenal jakarta jaman dahulu di kota tua. ita bisa belajar sejarah dr berbagai museum yang ada di area sana dari museum fatahillah, museum wayang, museum bank mandiri, museum bank indonesia dan museum seni rupa keramik  (ini pun kalau seharian capek juga, hehehe jadi bisa dibagi beberapa kali kunjungan). di area ini juga kita bisa ketemu makanan tradisional betawi, naik sepeda ontel, hingga foto-foto di bangunan lama. seru pokoknya!

Nextnya pengen banget ngikuti semua tournya @jktgoodguide (kemarin temen kantor ada yg ikut)  dan ajak anak-anak ke monas :) Jakarta ternyata punya banyak cerita yang menarik, selain cerita macetnya :p yuk keliling jakarta sama anak-anak.

2 comments:

  1. aq udah nyobain tuh mbak naik bus tingkatnya sama anakku, senang banget dia dan ternyata rutenya terbagi 2 yah,, aq kmarin itu yang istiqlal-senayan..

    ReplyDelete
  2. Wah Kak, iya nih kalimat ertamanya menohok. Aku ya suka keburu males ajak Sya ke Kota Tua, padahal dia suka museum, makasih sharingnya Kak terutama si bus, kujadi tahu jadwalnya deh. :)

    ReplyDelete