06 October 2017

Cerita Menyapih Adek Garda.

Setelah sebulan menyapih, akhirnya cerita juga padahal proses menyapihnya seminggu hehe. Sejujurnya cukup terkejut sih secepat prosesnya, walaupun dulu menyapih raya malah cuma 2 hari tapi tadinya aku pikir karena mikirnya ini terakhir menyusui, jadi mungkin ada 'drama'. Memang awal menyapih ini dimulai sebelum si adek ulang tahun, selalu bilang setiap hari kalau sudah ulang tahun nanti minumnya dari gelas atau sedotan (kalau lagi minum susu UHT). Pas Garda ulang tahun yang ke-2 bersama keluarga (3 hari setelah tgl ultah), aku langsung niat pulang dari sana mau mulai untuk menyapih. Berhasil tuh sampai tidur, tapi pas malam bangun cari nenen aku ngga tega jadi dikasi lagi deh.hehe ternyata memang kalau hati ibunya belum yakin, anaknya juga kurang mantap untuk disapih. 

Akhirnya besoknya dimulai lagi proses menyapih, saat adek minta nenen aku alihkan dengan berbagai kegiatan lain. Tapi memang susahnya pas mau tidur, jadi rewel banget cari nenen. Lalu yang aku lakukan adalah memeluknya sambil didekap ke dada agar adek tetap merasa dekat sampai akhirnya tertidur. Di tahap ini, kita sebagai ibu atau ayah memang mesti sabar BANGET, dan kembali ke niat awal bahwa menyapih bukan karena sudah tidak sayang tapi justru gerbang awal kemandirian anak dan tentu sebagai orang tua ingin membuka gerbangnya karena sayang kita yang besar ke anak :)

Yang sempat aku lupa di awal, aku sempat mengucap kata "adek sudah besar, jadi Jangan Nenen lagi yaa...", terus diingatkan teman bloggerku sejak lama mba anggi. Kalau dengan kalimat seperti itu anak jadi merasa "dilarang" jadi lebih baik menggunakan bahasa yang lebih positif seperti "Nenen itu unutk adek bayi, kalau adek garda sudah besar minumnya dari gelas". Alhamdulillah ini benar-benar rmengurangi kerewelan si adek. Hari kedua ini dicoba berhasil 24 jam tidak nenen sama sekali.

Lalu kemudian berhasil? tentu tidak semulus itu hehehe. malam-malam berikutnya menjadi penuh tantangan sih, karena kalau sinag atau seharian adek lebih mudah dialihkan, tapi kalau mau tidur atau terbangun tengah malam itu yang susah. Jadi setiap mau tidur, aku lebih sabar mengikuti berbagai kemauan adek untuk mengatasi uring-uringnya karena belum bisa tidur karena ngga nenen. Biasanya jam 8 sudah lelap, ini sampai jam 10.30 masih aktif. mulai dari baca buku, peluk mobil-mobilan dll. Sampai akhirnya tertidur sendiri peluk mobilnya:') 

Sedangkan jika terbangun malam hari, ini butuh bantuan ayahnya untuk menenangkan saat rewel hehe. biasanya kalau terbangun lalu cari nenen, adek langsung digendong ayahnya dan ditidurkan kembali. setelah hampir seminggu, akhirnya adek sudah mengerti dan kalau malam terbangun langsung minta air putih dr gelas yang sudah aku siapkan, atau minum susu UHT langsung dengan sedotan. alhamdulilaaahh..

Selesai juga perjalanan menyusui adek 2 tahun ini, teringat beberapa momen berkesan menyusui si adek..mulai dari menyusui di rumah sakit selama 5 hari aku dirawat karena demam berdarah (adek ikut ngiep sampai baw abox bayi krn usianya masih 5 bulan) sampai pernah menyusui di depan CEO kantor waktu meeting (nah yang ini juga masa-masa adek ikut terus ke kantor saat stok ASIP abis karena aku sempat menunggui raya 4 hari di RS karena sakit juga). 

Semangat ibu-ibu yang sedang atau akan mulai menyapih, percayalah bahwa menyapih bukan berarti memutus rasa sayang. Aku sendiri membuktikan, di kakak raya dan adek garda begitu sudah disapih kemandiriannya jadi meningkat pesat sejalan dengan usianya. lalu sekarang adek sudah tidak pernah minta nenen? kadang-kadang suka becanda minta sih, tapi ujung-ujungnya cuma ngusel dan kalau malam senang sekali jadiin dada bundanya bantal hahaha. kayanya baru kemarin mulai menyusui adek, eh sekarang sudah disapih. we always love you, adek Garda !


PS : terima kasih ayah nuke, yang awalnya ngga tega melihat adek disapih tapi akhirnya jadi partner yang kompak untuk proses ini. walaupun seminggu setelahnya kita sempat berantem hebat karena keduanya kecapek-an seminggu sama-sama kurang tidur dan harus menghadapi perubahan emosi si adek hehe. makasih juga kakak raya, yang tiap mau tidur selalu mengkhawatirkan adeknya yang belum bisa tidur sampai selalu ngomong "bunda, ayah... adek dijagain yaaa hihi".

1 comment:

  1. Adek Gardaaaa.. udah dua tahun, aja :)
    sehat terus ya sayang! pankapan ketemu lagiiii

    ReplyDelete