Social Icons

.

Multilingual sejak dini, iya atau tidak? :)

22 February 2017

Tadi sore saya diundang oleh mommies daily pada acara talkshow yang diadakan oleh EF English First. Pas lihat topiknya, penasaran banget mau datang karena topik ini selalu jadi bahan diskusi diantara ibu-ibu yang punya anak balita hehehe. Ditambah lagi narasumbernya juga salah satu psikolog anak dan keluarga favorit, mba roslina verauli.sebagai pengantar, saya sejak dulu berprinsip bahwa anak-anak saya harus mampu berbahasa indonesia dengan baik dan benar serta mencintai bahasa ibunya sendiri. tapiiii... juga wajib bisa berbahasa lainnya agar bisa berperan secara global apapun minatnya nanti :) jadi urusan sekolah dr awal saya konsisten memilih sekolah yang mengenalkan bahasa ibu lebih dulu (walaupun untuk kata-kata dasar maupun lagu berbahasa lain tidak apa-apa dikenalkan), begitu sudah bisa berbicara dengan lancar mulai dikenalkan bahasa lainnya atau bilingual secara bertahap sesuai dengan usianya.

Nah ternyata pas banget dengan yang dijelaskan mba vera, bahwa pada dasarnya setiap manusia sejak bayi telah memiliki program di dalam otak yang disebut Languange Acquisition Device (LAD). hal inilah yang memungkinkan bayi dapat melakukan analisa dan memahami aturan dasar dari bahasa yang mereka dengar hingga akhirnya mereka bisa berbahasa dengan baik. Pantesan yaa, raya pun yang sering didengarkan ayat suci cepat banget mengingat dan melafalkannya ulang sejak usia 2tahunan. Untuk bahasa inggris pun di sekolah raya mulai dikenalkan dengan instruksi saat berusia 3 tahun. matching banget dengan program yang EF English First  buat yaitu Small Stars. Di mana program ini mengajarkan bahasa inggris secara lebih terstruktur untuk anak usia 3-6 tahun.

tapi kapan harus ambil kursus seperti ini? tergantung kebutuhan kita ya... apabila kita sebagai orang tua belum bisa secara konsisten berkomunikasi dengan bahasa-bahasa tertentu (seperti saya ini hehehe),  maupun belum yakin mengkomunikasikannya dengan benar tentu mengambil kelas seperti ini untuk anak-anak menjadi pilihan. atau misalnya sekolah tempat anak-anak kita memang hanya menggunakan satu bahasa saja. karena saya percaya sih, sesuatu yang dipraktekan secara konsisten seperti di dalam kelas EF ini hasilnya akan lebih baik.

Sebagai penutup, penilaian saya pribadi apa yang disuka dari program Small Stars-nya EF English First ini adalah cara belajarnya yang menyenangkan sekaligus sesuai dengan usia anak. yang paling berkesan pas dishare video yang menggambarkan bagaimana suasana di kelas adalah waktu murid-muridnya bersama-sama mempraktekan bahasa inggris mereka sambil membuat cupcakes di life club EF! seru banget... kebetulan karena ke talkshow ini sama kakak raya, anaknya juga excited sendiri lihatnya. tapi dari segala hal tentang belajar bahasa intinya adalah, saya sebagai orang tua berharap belajar asing yang digunakan anak-anak dapat menjadi pintu mereka untuk menjelajahi berbagai wawasan lainnya di dunia  :) thank you mommies daily buat undangannya.


No Comments Yet, Leave Yours!