Social Icons

.

Raya's Acitivities : Des

14 January 2016

Halo, ngga kerasa ya sudah 2016 saja dan sudah setengah bulan berjalan lagi. Banyak yang mau diceritain mengenai cuti melahirkan kemarin sekaligus cerita kembali bekerja. setelah postingan ini ya. Bulan desember kemarin kan bulannya liburan anak-anak sekolah, jadi banyak tempat yang membuat program khusus liburan. Kakak raya sendiri akhirnya datang ke acara yang sekali datang, bukan yang sesi berturut-turut supaya tidak bosan. oia, bulan des ini kakak juga sudah mulai ikut les renang di anak air swim school. tujuannya sih supaya memperbanyak aktifitas fisik serta yang namanya skill berenang itu wajib menurutku. kebetulan anaknya juga seneng, jd deh dirutinin seminggu sekali. 

1. Circle of Moms : Farming fun
Acara ini merupakan acara kedua temen bundanya, tante yasmin. Inti acaranya sendiri kan bazaar kebutuhan bayi dan anak, tapi yang bikin seru ada temanya dan kali ini farming fun dan tempatnya outdoor di rumah sarwono. jadi anak-anak bisa kasi makan hewan dan ikut berbagai akifitas terkait tema. Raya sendiri ikutan playdatenya circle of moms dan productive mamas, yaitu bermain bersama clay. kenapa pilih aktifitas ini karena sebelumnya raya belum pernah main-main sama tanah liat. seru jadi pengalaman baru, semoga tema-tema acara berikutnya tidak kalah seru yaa. Kalau mau tau updatenya, rajin2 cek instagramnya @circleofmoms_id ya.



2. Snow Playground 
nah kalau ini sebenarnya kegiatan yang dibuat oleh Pondok Indah Mall tiap tahunnya. Ada dua kegiatan yaitu main-main salju dan ice skeating. untuk seusia raya tentu baru bisa yang main salju. Kegiatan ini bisa walaupun kelihatannya senang2 saja tapi bisa jadi bagian dari sensory play sekaligus pretend play kalau buat raya yang seneng banget sama film frozen hehehe. Kali ini raya sekalian playdate dengan sepupunya, alif anaknya adikku.


3. Royal Princess Pop-up Salon
Kalau yang ini ada di PIM juga, pokoknya kalau pilih aktifitas yang di mall memang pilih yang mallnya deket dari rumah haha. Kegiatan ini intinya memberikan experience ke anak tentang 'nyalon' dan jadi princess. Mulai dari aktifitas make up, hair do hingga memilih kostum yang diinginkan. rasanya ngeliat ini kaya mewujudkan impian anak-anak perempuan deh. ada yang bisa dipelajari ngga sih? ada donk tentunya, anak bisa belajar memilih (karena banyak sekali kostum berbagai princess lucu2 semua), bisa belajar mengenal profesi hair stylist/make up artist hingga belajar percaya diri  saat sesi foto di akhir (like a princess...). pilihan raya jadi Anna-nya frzen, soalnya pas ultah nanti dia mau jd elsa biar ngga sama haha.


4. Kidzoona AEON Mall
Sudah lama mengincar ke sini tp agak jauh ya dari rumah, jd harus menunggu ayahnya libur hehe. review lengkapnya mba fifi pernah nulis nih.  yg paling disuka di sini harganya reasonable, bersih dan bagian pretend play yang ala2 berbagai profesi itu juara. Kolam bolanya juga cantik hihi karena warnanya biru laut. Raya sejam di sini senang sekali, tipsnya kalau mau ke sana pas jam baru buka mall karena selain mainannya masih rapih tentu tidak terlalu ramai jd nyaman ya. Oia, di AEON juga ada miniapolis dan playtime lho, kakak raya pernah coba di cabang lainnya next time mau coba juga yang di sini.


5. Scientia Square Park
Enak banget yaa daerah BSD dan sekitarnya sekarang lengkap dan bagus-bagus tempatnya. Selain kidzoona tadi, di ada juga taman yang baru dibuka  dan hits banget di tahun kemarin. Memang sih masuknya bayar 25rb (harga promo, kalau ngga promo katanya 50rb), tapi kalau bayar dan tamannya terawat banget kenapa ngga? asli deh, ke taman ini mengingatkan sama taman2 waktu di singapore. kalau ini dekat rumah pasti jadi kunjungan wajib tiap weekend. asyiknya taman ini, bisa dilihat nih dari foto-fotonya. piknik sekeluarga di sini juga asyik. Semoga semakin banyak taman ky gini di Jakarta yaa.



Nutrisi otaknya #kakakraya.

04 January 2016

Sering banget ada yang tanya, gimana sih caranya kakak raya bisa cepat menangkap suatu hal atau menghapal sesuatu seperti surat al quran yang panjang ky al-fatiha pas usianya belum 2,5 tahun.. sebenarnya ada 2 hal yang saya lakukan. Dari luar tentu stimulasi yang tepat, dan dari dalam memenuhi asupan nutrisi otaknya. Saya percaya dua-duanya saling melengkapi. Kalau dari luar, stimulasi favorit saya adalah membacakan buku atau bercerita sesering mungkin. Sedangkan kalau dari dalam saya concern banget memenuhi nutrisi otaknya melalui asupan makanan yang mengandung DHA. Bahkan dari saya hamil kakak dulu pun, saya sudah mengonsumsi makanan-makanan seperti itu hingga kakak MPASI sampai sekarang pun makanan terebut sudah masuk dalam list wajib.

Tapi apa sih DHA itu ?
DHA merupakan unsur penting dalam perkembangan dan fungsi otak anak. DHA merupakan asam lemak Omega-3 tak jenuh ganda yang ditemukan secara alami dalam ikan berminyak dan sebagian buah atau sayur. Nah asam lemak omega-3 ini yang membantu mendukung penglihatan, perkembangan dan fungsi otak anak.

Bahan makanan apa saja yang mengandung DHA?
Sebenarnya banyak bahan makanan yang mengandung DHA walaupun kandungannya dikit sekali, tapi yang paling direkomendasikan adalah makanan laut seperti ikan atau udang. Favorit kakak raya sendiri ikan salmon, biasanya digoreng tepung atau teriyaki. Tapi ya tapiiii… kadang ada aja kalanya si kakak susah makan (apalagi pas usia 1-2 tahun kemarin huhu), atau ibunya lupa persedian salmonnya abis. Makanya sambill berusaha memenuhinya melalui berbagai makanan selain ikan (ky daging, susu, ayam), saya juga berusaha melengkapi  kebutuhannya dengan suplemen DHA.

Apa pilihan suplemennya?
Pasti udah tau kan sama Scott’s emulsion..hehe ini memang favorit banget bahkan sejak saya kecil dulu.  Jadi pas milih mau merek apa ngga bingung lagi. Apalagi isinya ngga cuma DHA, tapi juga ada vitamin A&D serta kalsium. Terus sumbernya dari ikan Kod, alami dan tinggi kandungan DHAnya. Rasanya juga menurut saya enak koq, tapi awal-awal supaya kakak bisa terima rasa baru ini saya campur aja 1 sdm scott’s emulsion dengan 11 ml yogurt strawberry kesukaannya.


Tapi bagaimanapun, asupan nutrisi yang utama tetap dari sumber makanan langsung ya. Cuma ngga ada salahnya melengkapinya dengan suplemen apalagi kalau tujuannya baik. Apalagi 90% perkembangan otak anak terjadi pada usia 6 tahun lho. Yuk diusahakan sebaik-baiknya termasuk juga membekalinya dengan berbagi stimulasi untuk perkembangan emosinya yang tidak kalah penting.

Scott's Emulsion Facebook