Social Icons

.

Raya’s Activities July : Cara Mengenalkan Batik pada Anak

18 November 2016

Untuk kegiatan bulan juli yang berbarengan dengan mudik lebaran, dibuat tematik nih sama bundanya hehe. Kebetulan kampung halaman kami adalah pekalongan yang dikenal sebagai kota batik. Jadi tidak ada salahnya dong mengenalkan kebudayaan yang satu ini duluan J ada beberapa kegiatan yang dicreate supaya raya lebih mengenal dengan batik.

1. Berkunjung ke Museum Batik Pekalongan
Kalau nanti ada yang travelling ke kota yang satu ini, ajak anak ke museum ini deh. Isinya ada sejarah mengenai batik, batik dari berbagai kota di Indonesia hingga praktek membuat batik langsung dari pengrajin batik. Sayangnya tidak seperti museum2 di singaporeyang selalu punya acara setiap bulannya, museum ini hanya memiliki satu event besar yaitu festival batik tahunan. Namun dengan biaya masuk yang murah hanya 5ribu , worth it untuk ajak anak-anak ke sini.




2. Membacakan buku tentang kebudayaan Indonesia
Buku watiek ideo yang tentang kebudayaan Indonesia ada beberapa, tapi khusus yang satu ini ada salah satu ceritanya tentang anak Indonesia yang harus bangga memakai baju batik. Rekomendasi bukunya untuk anak seumur raya maupun sampai anak SD yang sudah bisa membaca.


3. Membuat prakarya Batik
Ini masih lanjutan dari paket gummy box yang temanya icons of Indonesia. Salah satu isinya adalah prakarya membuat batik. Bedanya yang ini tidak menggunakan canting dan ‘malam’, tetapi menggunakan lem dan cat kain. Tapi makna proses pembuatan motif batiknya tetap bisa sama koq untuk diceritakan ke anak.


4. Berbelanja baju batik bersama
Ini juga tidak boleh dilewatkan lho kalau ke pekalongan banyak sekali toko batik bagus-bagus atau kalau mau lihat yang banyak sekali bisa ke pasar batik setono. Kegiatan belanja tidak selalu negatif, coba deh ajak anak dalam proses belanja batik ini supaya dia bisa memilih baju batik mana yang dia sukai.







1 comment:

  1. Anak saya kalau dikasih baju batik suka senang. Katanya, adem :D

    ReplyDelete