04 January 2016

Nutrisi otaknya #kakakraya.

Sering banget ada yang tanya, gimana sih caranya kakak raya bisa cepat menangkap suatu hal atau menghapal sesuatu seperti surat al quran yang panjang ky al-fatiha pas usianya belum 2,5 tahun.. sebenarnya ada 2 hal yang saya lakukan. Dari luar tentu stimulasi yang tepat, dan dari dalam memenuhi asupan nutrisi otaknya. Saya percaya dua-duanya saling melengkapi. Kalau dari luar, stimulasi favorit saya adalah membacakan buku atau bercerita sesering mungkin. Sedangkan kalau dari dalam saya concern banget memenuhi nutrisi otaknya melalui asupan makanan yang mengandung DHA. Bahkan dari saya hamil kakak dulu pun, saya sudah mengonsumsi makanan-makanan seperti itu hingga kakak MPASI sampai sekarang pun makanan terebut sudah masuk dalam list wajib.

Tapi apa sih DHA itu ?
DHA merupakan unsur penting dalam perkembangan dan fungsi otak anak. DHA merupakan asam lemak Omega-3 tak jenuh ganda yang ditemukan secara alami dalam ikan berminyak dan sebagian buah atau sayur. Nah asam lemak omega-3 ini yang membantu mendukung penglihatan, perkembangan dan fungsi otak anak.

Bahan makanan apa saja yang mengandung DHA?
Sebenarnya banyak bahan makanan yang mengandung DHA walaupun kandungannya dikit sekali, tapi yang paling direkomendasikan adalah makanan laut seperti ikan atau udang. Favorit kakak raya sendiri ikan salmon, biasanya digoreng tepung atau teriyaki. Tapi ya tapiiii… kadang ada aja kalanya si kakak susah makan (apalagi pas usia 1-2 tahun kemarin huhu), atau ibunya lupa persedian salmonnya abis. Makanya sambill berusaha memenuhinya melalui berbagai makanan selain ikan (ky daging, susu, ayam), saya juga berusaha melengkapi  kebutuhannya dengan suplemen DHA.

Apa pilihan suplemennya?
Pasti udah tau kan sama Scott’s emulsion..hehe ini memang favorit banget bahkan sejak saya kecil dulu.  Jadi pas milih mau merek apa ngga bingung lagi. Apalagi isinya ngga cuma DHA, tapi juga ada vitamin A&D serta kalsium. Terus sumbernya dari ikan Kod, alami dan tinggi kandungan DHAnya. Rasanya juga menurut saya enak koq, tapi awal-awal supaya kakak bisa terima rasa baru ini saya campur aja 1 sdm scott’s emulsion dengan 11 ml yogurt strawberry kesukaannya.


Tapi bagaimanapun, asupan nutrisi yang utama tetap dari sumber makanan langsung ya. Cuma ngga ada salahnya melengkapinya dengan suplemen apalagi kalau tujuannya baik. Apalagi 90% perkembangan otak anak terjadi pada usia 6 tahun lho. Yuk diusahakan sebaik-baiknya termasuk juga membekalinya dengan berbagi stimulasi untuk perkembangan emosinya yang tidak kalah penting.

Scott's Emulsion Facebook

3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. wah jadi inget belum beliin si bungsu Scott lagi ;p

    makasih infonya Ninta :)

    ReplyDelete