30 October 2015

Raya’s Activities : September

Bulan September jelas banget ‘petualangan’ raya ke tempat/acara sangat minim karena gue baru aja melahirkan. Untungnyaaa playschool raya rumah main cikal selalu memfasilitasi kegiatan serupa, itu pentingnya pilih sekolah misinya sama :D nah karena term kali ini temanya hidup sehat, jadi kegiatannya pun sejalan (bulan kemarin ada outbond). Ini tiga kegiatan lainnya di luar kelas yang semoga bisa jd referensi yaa.

Bersepeda di Gelora Bung Karno
Aktifitas ini sebenarnya sederhana sih, intinya mengajak anak-anak banyak beraktfitas fisik di luar ruangan. Jadi kelas kakak-kakak digabung jd satu untuk bersepeda bersama teman2 dan orang tuanya juga. Pada saat kegiatan ini, pertama kalinya kakak raya berangkat sekolah berdua saja sama ayahnya, dan hebatnya dia mau lho, karena sebelumnya sudah pernah dijelaskan bahwa kalau sudah ada adik, bunda menjaga adik di rumah. Yg ada bundanya yg terharu ngga bisa anter gara2 pas berangkat kakak ngomongnya “bunda jng sedih yaa, nanti raya pulang peluk bunda”.huhu udah keliatan gede deh kakak skr :’)



Assembly

Nah kalau ini kegiatan rutin setiap term, jadi siswa siswi diajak ‘tampil’ singkat di panggung cikal. gunanya untuk melatih percaya diri anak. Mungkin kalau kita mau aplikasikan sehari2, boleh ya menyertakan anak kalau ada kegiatan di tempat umum..bukan soal ‘eksis’ atau kalah menang jika yang diikuti kompetisi, tapi supaya anak juga berani menunjukan kemandiriannya di depan umum sehingga semakin percaya diri. Acara ini pun sederhana koq, raya hanya belajar gerakan dari satu lagu untuk ditampilkan bersama teman2nya, sekalian melatih kekompakan juga. Tp ternyata, walaupun di rumah sudah latihan, di panggung raya masih enggan bergerak bebas mengikuti lagunya hehe. Gpp ya kak, seperti kata gurunya, sudah berani ke atas panggun tanpa menangis dan tampil di hadapan orang banyak juga sudah bagus (iya sih, kebayang gue aja sampai sebesar ini pas pertama kali tampil depan orang2 baru pasti ada groginya). 




Kunjungan ke Klinik Brawijaya
Ini juga cukup menarik, anak2 kelas raya diajak berkunjung ke klinik brawijaya yang kebetulan ada jg di FX.. di sini, anak diajak mengukur berat dan tinggi badan serta diperiksa giginya. Karena sudah biasa membaca buku soal dokter, raya tidak takut sama sekali dan bahkan penasaran sekali akan kegiatan ini. oia, saat kunjugan raya juga belajar cara menggosok gigi dan mendapat laporan hasil pemeriksaan giginya..alhamdulillah keadaan gigi susu-nya sehat semua.

   


17 October 2015

My Favorite Pregnancy & Breastfeeding Outfits

Walaupun di hamil kedua ini berat badan naiknya dikit bgt, ditambah masih ada beberapa celana hamil dulu.. tapi malah jadi suka beli atasan dan bawahan dari beberapa brand ini. syaratnya 2 sih tapi, bisa dipakai setelah tidak hamil dan bisa untuk menyusui. Menurut gue sendiri, menyusui ngga harus bukaan depan sih, pengalaman raya dulu kalau pakai kaos bisa ditarik dr bawah :p tapi khusus untuk newborn yang masih harus 'diarahkan' menyusuinya itu penting banget, juga memberi kemudahan kalau lagi pergi. Dari setiap brand ini, gue cerita favorit items dari masing-masing ya.

Bisa dibilang gue kenal brand ini dari lama dari menyusui #kakakraya dulu. Favorit utamanya jengging hamilnya, karena pas hamil ngga bikin kelihatan besar, setelah hamil tetap keren dipakenya karena ngikutin badan kita. Bahannya nyaman dan awet banget. Selain itu, atasan-atasan menyusuinya juga model2nya ‘gue banget’ yang simple, stylist dan cocok buat kerja.


33 weeks pregnancy

ini top & bottom dua2nya dari matroishka pas maternity photoshoot - 36 weeks


Kalau yang ini, awalnya jd favorit karena brand busana muslim yang gayanya juga ga ribet *penting bgt sis buat ibu2 :p Trus mereka mengeluarkan lini menyusuinya, langsung deh jadi pilihan utama. Karena biasanya busana muslim jarangkan bisa dipakai menyusui. Tapi brand ini tidak mengeluarkan untuk bawahan.

35 weeks pregnancy



Nah bisa tebak ngga apa favorit gue dari brand ini? home dress-nya alias dasternya! Percaya atau ngga, dasternya ini super nyaman dan minimalis untuk menyusui. Kenapa sih daster aja penting? Penting dong, apalagi awal2 melahirkan kita di rumah terus apalagi yang dipakai selain baju rumah.Yang bikin seneng tentu karena modelnya lagi2 simpel. Oia kalau intip2 IG-nya mereka juga punya atasan2 etnik yg lucu. 

foto nya ngambil dr instagram, secara gue pake jilbab jd masa foto lg dasteran :p

ini abaya dr mereka juga dipakai pas aqiqah kemarin, cantik yaa bajunyaa...

@LeMadre_id
Ini bisa dibilang brand paling baru yaa di antara yg lain, tp langsung jadi favorit celana hamilnya. Soalnya masalah gue yg badannya kecil, kadang2 celana hamil itu besar2… nah karena celana mereka bisa ngikutin badan jd habis hamil pun bisa, dipake jalan2 atau kerja cocok. baju menyusuinya juga nyaman bahannya.

ini celana hamilnya - 37 weeks 

ini celananya pas dipakai saat sudah melahirkan, atasannya juga dr Le Madre 

Oia fav blogger kita semua alodita juga pernah review, salah satu favorit dia yang juga favorit gue tentu @cottonink, tp ngga gue review di sini karena mereka ngga secara langsung menyediakan lini hamil dan menyusui. Pesan terakhir, tampil cantik saat hamil dan menyusui penting, karena bikin mood kita jadi bagus. Happy shopping yaa ibu2, hati2 yang masih menyusui di malam hari jangan sampai kalap :p

PS : setiap foto #ootd sbenernya mau sendiri, tp kalau ada #kakakraya anaknya langsung nempel kalau tau bundanya mau #ootd hahaha.
14 October 2015

Cerita Kehamilan, Melahirkan dan Menyusui #Adekgarda.

kenapa digabung ceritanya?hehehe. soalnya memang selama hamil kemarin salah satu doanya gini "semoga proses kehamilan, melahirkan dan menyusui dimudahkan". selalu inget kata bokap, kalau segala urusan kita dimudahkan walaupun doanya sesederhana itu tapi efeknya besar banget. dan terbukti :) gue sendiri tidak pernah mau menyamakan setiap proses anak pertama dan kedua, masing-masing menurut gue (setelah dijalani) memiliki cerita masing2 tetapi selalu berkesan karena fokus pada kelebihannya.

Kehamilan
ada beberapa hal yang berbeda dan tentunya berkesan di kehamilan kedua ini. kalau treatment untuk menjaga kesehatan selama hamil tetap harus sama donk seperti makan yg bergizi,minum suplemen (zat besi, kalsium dan minyak ikan) serta olahraga bedanya hamil pertama dengan senam hamil, hamil kedua dng pilates.



Trus hamil kedua justru banyak traveling dr bandung, kemping di gunung pancar, bali sampai pulkam ke pekalongan. beda bgt sama hamil pertama yang ke bogor aja ngga hehe.

Kerjaan juga lagi menantang dengan project2 baru dan undangan sharing di berbagai tempat mengenai PR (acara seminar sampai menjadi dosen tamu di s2), hal ini gue sugesti-in mungkin bayi cowo jd pekerja keras akan jd pemimpin keluarga :D


Mungkin jg krn anak cowo, klo hamil pertama banyak kegiatan2 yg berbau wanita ky difoto media parenting, justru hamil kedua justru berbau maskulin seperti ‘mandorin’ project kantor yaitu Nutrifood inspiring center sampai membangun kamar main raya.

Alhamdulillah semua dimudahkan, termasuk hamil kedua kemarin justru badan lebih ngerasa bersih dan cantik dibanding hamil pertama hahaha… kebalikan malah, anak cowo malah ngga jerawatan, rambut ngga rontok, berat badan cuma naik  8 kg dan pengen dandan trus (pas hamil raya malah males bgt) sampai2 2x menang OOTD 2 brand baju hamil menyusui :p (cerita ttg brand2 favorit gue ini menyusul setelah ini).

Melahirkan
Nah ini yg seru, hehe.. Alhamdulillah lagi prosesnya juga dimudahkan. Tdnya udah mikir bakal induksi lagi di usia kehamilan 40 minggu ky yg pertama, eh ini 40 minggu kurang 2 hari lahiran :D. ceritanya hari senin itu dari bangun tidur mulai mules teratur tp ngerasanya biasa2 aja cuma memang feeling bakal mau lahiran. Hari itu memang jadwal kontrol mingguan, jadwal dokter prakter jam 5 sore. Jd pagi2 masih sempet nulis blog, trus krn udah feeling siap2in barang yg belum ada di koper lahiran (ini udah standby trus di mobil nuks), dandan cantik sampai masih dengan tenang mengantar raya ke rumah mertua. Sampai di rmh sakit di CTG juga kata susternya ini belum mau lahiran koq bu, tapi ternyata pas jam 5 sore diperiksa udah pembukaan 5 cobaaa dan pas hari itu si nuks hari pertama pindahan kantor yang cuma 10 menit dr RS, pas bgt kaan.

welfie bertiga dengan #adekgarda untuk pertama kali, sama ky pas lahir raya dulu

Tp sayangnya, selama 9 bulan periksa posisi bayi sudah bagus eh ternyata pas di usg jam 5 sore itu posisi bayinya telentang dan susah yaaa posisi gitu lahiran normal. Tp krn dokter gue yg fav bgt ini (cerita di sini)  tetep yakin bisa walaupun agak susah, ya gue ngikuut walaupun aslinya deg2an parah. Krn posisi itulah selama kontraksi gue harus miring ke kiri supaya membantu bayinya kembali telungkup, herannya selama kontraksi gue msh bisa wa-an donk sama orang2 hahaha sampai pembukaan 6 sih tepatnya. Soalnya stelah itu lumayan perjuangan krn stuck di pembukaan 6 selama 3 jam.walaupun kata dokter gue lebih ga tenang, tp sebenernya lahiran kali in gue jauh jauh lebih tenang. Ga ada teriak2 heboh ky yg pertama, paling banter meremas2 baju si nuks :p. saking santainya gue sm si nuks, masa gue lagi sakit2 pas gue liat tangan si nuks dia lg baca berita bola di HPnya!zzzz… tp dasar bayinya pengertian kynya yaa, stucknya itu sampai jam 9 malem persis dokternya slese praktek sbenernya, tau2 dalam sejam itu langsung deh pembukaan 7,8,9 dan 10 dan adeknya mau ngebalik telungkup yeay!

my fav obgyn, dr.diah sartika, SPOG

Walaupun mules ngga terlalu, tp proses ngedennya jd cukup sulit krn posisi ini. tp lagi2 alhamdulillah sekali ngeden adek garda langsung keluar dan secara total proses mules cuma 5 jam, ngga ky raya dulu sampai 1,5 hari hehe. Lagi2 bersyukur luar biasa ibu dan bayinya sehat, bisa ditemenin lsg sama ayahnya dan diazanin, IMD dan pas bgt jam 10 lahir itu pas nyokap dateng dr tugas di bali. Jam 2 gue sudah di kamar menginap dan malam itu menurut gue malam paling romantis selama momen gue nikah sama si nuks *loh kenapa coba?sederhana sih, kita tidur berdua di kasur gue, di samping anak kedua kita yg baru lahir. Ntah kenapa rasanya bahagia bgt skr nambah satu anggota di keluarga kecil kita:’) kita pun pulang dari rumah sakit sehari setelahnya atau rabu siang, cepet yaah.

Menyusui
Boleh kan bilang Alhamdulillah lagi? Proses menyusui kali ini juga amat sangat dimudahkan. Walaupun di RS (yg menurut gue udah sangat ga oke skr) bayi gue sempet dibilang tongue tie sama konselor laktasi padahal diliat aja belum ke dalam mulut >.< (ky dulu kejadian raya), tp gue yakin koq ngga. Walaupun satu payudara tetap lecet, tapi semuanya terasa ringan. Dalam 3 minggu lecet sudah tidak ada, dalam sebulan badan Garda sudah naik sekilo dr berat lahir, bahkan di malam hari garda tidak pernah sekalipun rewel atau nangis kenceng2.alhamdulillaaaah…. sampai2 yang ada malam2 gue sama nuks sempet2nya ngobrol santai ngalor ngidul, dan gantian bertugas..dia gantiin pampers dan gue nyusuin. Mungkin ada pengaruhnya anak kedua lebih ngga panikan, tp dr kesemuanya gue yakin kekuatan doa dan hati yang bahagia yang memudahkan semuanya J

Demikian cerita proses sembilan bulan hamil hingga skr adek garda berumur sebulan. Semoga seterusnya ayah, bunda, kakak raya dan adek garda diberikan kesehatan ya, aaamiiin J J





12 October 2015

hello, #adekGarda.

siapa sangka oh siapa sangka, postingan terakhir sebelum ini ditulis hanya beberapa jam saja sebelum kelahiran anggota baru keluarga kecil gue alias #thenuks :D *cerita menyusul dipostingan berikutnya yaa.

alhamdulillah telah lahir anak kedua kami, seorang putra sebulan yang lalu tepatnya hari senin, 7 september 2015 pukul 22.10 melalui persalinan normal dengan berat badan 3,180 kg dan panjang 50 cm. kami memberikan nama "Muhammad Garda Aryasatya" yang berartikan :

Muhammad = doa kami agar garda dapat menjadi idola dalam islam yaitu nabinya.
Garda = berasal dari kata Garuda Indonesia (dulu kakaknya dari Indonesia Raya)
Aryasatya = bahasa sansekerta artinya mulia (ini last minute si nuks mendapat ide untuk menambahkannya hehehe)

yang kalau dirangkai kira2 artinya :
Pemimpin terdepan indonesia seperti nabi Muhammad yang mulia.

terima kasih buat semua doanya, semoga #AdekGarda (hastag-kan donk kaya kakaknya hahaha) menjadi anak yang soleh dan sukes, selalu diberi kesehatan, rupawan wajah dan hatinya, rendah hati, senang berbagi, berbakti pada orang tua dan keluarga serta dapat membawa nama Indonesia menjadi besar. aamiin YRA.