Social Icons

.

Workshop Developing Multiple Intelligence with Ibu Elly Risman.

12 December 2015

Kalau denger ada seminar sama Bu Elly Risman, udah pasti semangat menggebu-gebu untuk ikutan. Pertama kali ikut seminar beliau dari hamil kakak raya, iya- dari hamil dan itu membahas pornografi pada anak padahal itu tahun 2012 (dan baru ramai dibahas orang skr hiks..). Jadi begitu dapat undangan hadir di workshop kali ini, yang temanya juga belum pernah ikut langsung deh konfirmasi hadir. Seperti biasa, ngga nyesel! apalagi ternyata ini pertama kalinya ikut sesi beliau yg ada workshopnya, tidak hanya paparan.


Workshop kali ini tentang mengembangkan 9 tipe kecerdasan pada anak alias Multiple Intelligence. Hayo pada tau ngga itu apa? jujur gue aja baru tau pas ikut hehe. Tapi akhirnya menjawab kenapa gue diterima di kantor gue skr bekerja, padahal IPK gue mungkin paling rendah (tp tetap sesuai minimal persyaratan) diantara rekan-rekan lainnya pada waktu jaman gue masuk kerja tahun 2008. Apa hubungannya? jd ternyata salah satu bentuk kecerdasan ini adalah kecerdasan sosial, dimana orang yang unggul dalam kecerdasan tersebut memiliki kelebihan dalam membina hubungan dengan orang lain. Dengan kata lain, hal itulah yang paling dibutuhkan gue sebagai seorang Public Relations *Ciee PD nih (walaupun gue sendiri sempet bertahan mau masuk kuliah teknik industri, padahal bokap juga ngga maksa hahaha). eh tapi penting lho mengenali diri sendiri, sebelum kita menganalisa apa kelebihan anak kita sendiri.

Jadi bisa dibilang, multiple intelligence ini bentuk kecerdasan lain selain IQ atau lebih sering kita dengar kecerdasan akademis. Lebih sedihnya, kecerdasan akademis sering dijadikan satu-satunya patokan. Padahal setiap anak punya bakatnya sendiri, dan kalau dikembangkan secara optimal bisa 'jadi' bangeet. Sekarang jd bersyukur bgt, punya bokap yang demokratis ke anak-anaknya unutuk mencoba berbagai bidang/kegiatan demi menemukan minat dan passionnya. Nah multiple intelligence ini memperknalkan 9 kecerdasan yang ada pada manusia. Kecerdasan-kecerdasan ini bisa bekerja sama atau berdiri sendiri, juga bisa dirangsang supaya lebih berkembang. tapi kalau diabaikan, ya lama-lama bisa melemah juga. 

cara penerapannya gimana bagi orang tua ? harus dikenali dulu, kemudian disyukuri dan terakhir dihargai. biasanya sebelum umur 7 tahun seorang anak udah bisa kelihatan lho lebih unggul pada kecerdasan yang mana. bagaimana cara mengetahui bahwa tipe kecerdasan itu yang dimiliki anak ?
1. anak menunjukan minat yang tinggi terhadap sesuatu (contoh2nya akan ada setelah ini)
2. lalu minat anak tersebut bertahan lama, bukan sekedar ikut-ikutan
3. terakhir, jika kita kembangkan dengan latihan tertentu kemampuannya terhdap hal itu meningkat
terus gimana kalau belum kelihatan yang menonjol? ya semua tipe kecerdasannya kita rangsang saja! ngga ada ruginya juga :) ibarat kipas, kalau terbuka semua tentu jadi lebih kerasa manfaatnya kan, dengan merangsang semua tipe kecerdasannya juga akan membantu anak menghadapi berbagai situasi di masa yang akan datang.

setelah sesi pemaparan bu elly, setia kelompok di meja membuat DIY tools untuk mengembangkan salah satu tipe kecerdasan. ada yang bsa tebak ini tools untuk apa ? :)

semoga cukup jelas pengantarnya yaaa, ini coba gue capture kesembilan tipe kecerdasan tersebut termasuk apa tanda-tanda minatnya serta bagaimana mengembangkannya.

1. Kecerdasan Bahasa
Semua kemampuan bahasa : kecakapan berkomunikasi, berbicara ataupun menuliskan fikirannya, bicara dnegan intonasi yang tepat, pemaknaan ulang kata, serta kemampuan memahami bahasa yang kompleks.




2. Kecerdasan Sosial / interpersonal
Mudah berinteraksi denan orang lain, memahami perasaa mereka, menterjemahkan perilaku mereka, menterjemahkan perilaku mereka, mengamati perbedaan tiap-tiap orang khususnya perubahan suasana hati, watak, motivasi dan tujuan




3. Kecerdasan Nada
Anak yang mengenali pola nada, tinggi rendahnya nada, melodi ddan irama, peka terhadap bunyi-bunyian.



4. Kecerdasan spritual/existensial
keterampilan. kemampuan dan perilaku yang diperlukan untuk mengembangkan dan mempertahankan hubungan dengan sumber utama dari semua (Tuhan YME)




5. Kecerdasan gerak / kinestetik
Kemampuan untuk memakai segenap tubuh atau bagian tubuh untuk memecahkan sebuah masalah atau membuat sesuatu menjadi berarti.



6.Kecerdasan Angka-Logika-Matematis
Senang mengeksplorasi sekitarnya, bereksperimen, menghitung dan mengklarifikasi bedna, serta menuntut jawaban logis dari setiap pertanyaan.



7. Kecerdasan Spasial / Visual
gaya pengamatan yang tinggi, kemampuan imajinasi, menuangkan dalam bentuk bentuk gambar, kemampuan menggambar dalam pikiran, membayangkan bentuk geometri.



8. Kecerdasan Diri / Intrapersonal
Peka perasaannya, memahami apa yang ini atau tidak dilakukan, memahami situasi dan bagaimana bersikap, kemampuan memahami orang lain,



terima kasih daddycation dan supermoms buat workshopnya selalu inspiring, ditunggu seminar dan workshop2 berikutnya yaa :)

PS : bahasan lain mengenai seminar ini bisa dibaca juga di postnya blogger favorite gue, mba indah



2 comments:

  1. Thanks for sharing, mbak. Jadi inget semester kemarin presentasi ini di kelas heheh:D

    ReplyDelete
  2. Aaaak.. Pengen dapet ilmunya langsung, Mbak! :D

    ReplyDelete