31 December 2015

Raya's Activities : Me & Universe

jadi biasanya, gue cerita tentang aktifitas raya setiap bulannya. khusus post yang ini, gue mau coba share mengenai aktifitas di luar kelas selama term kemarin yang temanya me &universe. Tema ini bertujuan untuk mengajak anak mencintai sekitarnya. Baik benda mati maupun benda hidup. Nah ada beberapa aktifitas luar yang bundanya bisa ikut atau lihat, kegiatan-keiatan ini bisa juga dilakukan sendiri lho :

1. Berkebun bersama Jakarta Berkebun
Jadi kegiatan ini bertujuan agar anak mencintai tumbuhan. raya sendiri sudah sering ikut menyiram bungan dan rumput di rumah. tapi kali ini seru kegiatannya, mulai dair menghias pot, menanam benih bayam (dimulai dati memasukan tanahnya yang bisa jadi sensory play juga, sampai menyiramnya).lalu kegiatan ditutup dengan memetik sayuran di ladangnya jakarta berkebun yang sata ini berlokasi di lahan apartemen casa goya. oia, Jakarta berkebun juga memiliki kegiatans erupa yang dibuka untuk umum rutin lho, walaupun kebanyakan sesinya untuk dewasa ya..tapi ngga ada salahnya juga ajak anak-anak kan? rajin-rajinc ek IG-nya @jktberkebun.



2. Berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan
Nah kalau yang ini sudah pasti pada tau kan, hehe. satu-satunya zoo di jakarta. terakhir ke sini pas abis nikah lihat pusat primata schmutzer sama si nuks. surprise deh dkr ragunan kelihatan lebih bersih. salut sama raya yg selama field trip ke sini sama sekali ngga ngeluh capk atau panas, bahjan ngga minta gendong sama sekali dalam 2 jam jalan kaki.tips kalau mau ke sini, coba datang pagi supaya masih enak udaranya ya, dan bawa stroller kalau anaknya masih kecil (ini garda juga ikutan lho dam tidur selama trip hahaha...)



3. Membuat karya dari barang bekas + exhibition
Ini kegiatan penutupnya nih, home projectya raya membuat sesuatu dari barang bekas. Prinsip gue sebenarnya raya harus terlibat dalam pembuatannya jadi dipilih membuat sesuatu yang dia senangi dan dia mampu banyak terlibat. akhirnya kita membuat diorama panggung konser naura. raya kan lagi suka banget ya nanyi lagu2 naura ngikutin gayanya di panggung, jd kita buat juga wayang orang naura. bahan2nya simpel banget cuma kardus bekas yang ditempel gambar dari buku konser, lalu dihias dengan manik-manik dan kain perca. wayang orang juga tinggal menempel gambar naura menggunakan double tip ke stick bekas. mudah kan?

pas akhir term, hasil karya ditampilkan dalam exhibition sederhana. dengan sebelumnya tahap-tahap pembuatan didokumentasikan dalam foto lalu ditempel di poster. saat exhibition orang tua dari teman-teman raya bergantian berkunjung ke 'booth' maisng-masing.sedangkan anak di booth juga ditemani oleh orang tua yang satu lagi. beneran seneng lihat raya turun langsung dari membuat karya, membuat poster hingga berani menjelaskan kepada orang lain. good job kakak :) kita juga bisa lho buat exhibition kaya gini di rumah, lalu mengundang keluarga terdekat termasuk sepupu. menarik ya idenya?



No comments:

Post a Comment