Social Icons

.

Cerita Kehamilan, Melahirkan dan Menyusui #Adekgarda.

14 October 2015

kenapa digabung ceritanya?hehehe. soalnya memang selama hamil kemarin salah satu doanya gini "semoga proses kehamilan, melahirkan dan menyusui dimudahkan". selalu inget kata bokap, kalau segala urusan kita dimudahkan walaupun doanya sesederhana itu tapi efeknya besar banget. dan terbukti :) gue sendiri tidak pernah mau menyamakan setiap proses anak pertama dan kedua, masing-masing menurut gue (setelah dijalani) memiliki cerita masing2 tetapi selalu berkesan karena fokus pada kelebihannya.

Kehamilan
ada beberapa hal yang berbeda dan tentunya berkesan di kehamilan kedua ini. kalau treatment untuk menjaga kesehatan selama hamil tetap harus sama donk seperti makan yg bergizi,minum suplemen (zat besi, kalsium dan minyak ikan) serta olahraga bedanya hamil pertama dengan senam hamil, hamil kedua dng pilates.



Trus hamil kedua justru banyak traveling dr bandung, kemping di gunung pancar, bali sampai pulkam ke pekalongan. beda bgt sama hamil pertama yang ke bogor aja ngga hehe.

Kerjaan juga lagi menantang dengan project2 baru dan undangan sharing di berbagai tempat mengenai PR (acara seminar sampai menjadi dosen tamu di s2), hal ini gue sugesti-in mungkin bayi cowo jd pekerja keras akan jd pemimpin keluarga :D


Mungkin jg krn anak cowo, klo hamil pertama banyak kegiatan2 yg berbau wanita ky difoto media parenting, justru hamil kedua justru berbau maskulin seperti ‘mandorin’ project kantor yaitu Nutrifood inspiring center sampai membangun kamar main raya.

Alhamdulillah semua dimudahkan, termasuk hamil kedua kemarin justru badan lebih ngerasa bersih dan cantik dibanding hamil pertama hahaha… kebalikan malah, anak cowo malah ngga jerawatan, rambut ngga rontok, berat badan cuma naik  8 kg dan pengen dandan trus (pas hamil raya malah males bgt) sampai2 2x menang OOTD 2 brand baju hamil menyusui :p (cerita ttg brand2 favorit gue ini menyusul setelah ini).

Melahirkan
Nah ini yg seru, hehe.. Alhamdulillah lagi prosesnya juga dimudahkan. Tdnya udah mikir bakal induksi lagi di usia kehamilan 40 minggu ky yg pertama, eh ini 40 minggu kurang 2 hari lahiran :D. ceritanya hari senin itu dari bangun tidur mulai mules teratur tp ngerasanya biasa2 aja cuma memang feeling bakal mau lahiran. Hari itu memang jadwal kontrol mingguan, jadwal dokter prakter jam 5 sore. Jd pagi2 masih sempet nulis blog, trus krn udah feeling siap2in barang yg belum ada di koper lahiran (ini udah standby trus di mobil nuks), dandan cantik sampai masih dengan tenang mengantar raya ke rumah mertua. Sampai di rmh sakit di CTG juga kata susternya ini belum mau lahiran koq bu, tapi ternyata pas jam 5 sore diperiksa udah pembukaan 5 cobaaa dan pas hari itu si nuks hari pertama pindahan kantor yang cuma 10 menit dr RS, pas bgt kaan.

welfie bertiga dengan #adekgarda untuk pertama kali, sama ky pas lahir raya dulu

Tp sayangnya, selama 9 bulan periksa posisi bayi sudah bagus eh ternyata pas di usg jam 5 sore itu posisi bayinya telentang dan susah yaaa posisi gitu lahiran normal. Tp krn dokter gue yg fav bgt ini (cerita di sini)  tetep yakin bisa walaupun agak susah, ya gue ngikuut walaupun aslinya deg2an parah. Krn posisi itulah selama kontraksi gue harus miring ke kiri supaya membantu bayinya kembali telungkup, herannya selama kontraksi gue msh bisa wa-an donk sama orang2 hahaha sampai pembukaan 6 sih tepatnya. Soalnya stelah itu lumayan perjuangan krn stuck di pembukaan 6 selama 3 jam.walaupun kata dokter gue lebih ga tenang, tp sebenernya lahiran kali in gue jauh jauh lebih tenang. Ga ada teriak2 heboh ky yg pertama, paling banter meremas2 baju si nuks :p. saking santainya gue sm si nuks, masa gue lagi sakit2 pas gue liat tangan si nuks dia lg baca berita bola di HPnya!zzzz… tp dasar bayinya pengertian kynya yaa, stucknya itu sampai jam 9 malem persis dokternya slese praktek sbenernya, tau2 dalam sejam itu langsung deh pembukaan 7,8,9 dan 10 dan adeknya mau ngebalik telungkup yeay!

my fav obgyn, dr.diah sartika, SPOG

Walaupun mules ngga terlalu, tp proses ngedennya jd cukup sulit krn posisi ini. tp lagi2 alhamdulillah sekali ngeden adek garda langsung keluar dan secara total proses mules cuma 5 jam, ngga ky raya dulu sampai 1,5 hari hehe. Lagi2 bersyukur luar biasa ibu dan bayinya sehat, bisa ditemenin lsg sama ayahnya dan diazanin, IMD dan pas bgt jam 10 lahir itu pas nyokap dateng dr tugas di bali. Jam 2 gue sudah di kamar menginap dan malam itu menurut gue malam paling romantis selama momen gue nikah sama si nuks *loh kenapa coba?sederhana sih, kita tidur berdua di kasur gue, di samping anak kedua kita yg baru lahir. Ntah kenapa rasanya bahagia bgt skr nambah satu anggota di keluarga kecil kita:’) kita pun pulang dari rumah sakit sehari setelahnya atau rabu siang, cepet yaah.

Menyusui
Boleh kan bilang Alhamdulillah lagi? Proses menyusui kali ini juga amat sangat dimudahkan. Walaupun di RS (yg menurut gue udah sangat ga oke skr) bayi gue sempet dibilang tongue tie sama konselor laktasi padahal diliat aja belum ke dalam mulut >.< (ky dulu kejadian raya), tp gue yakin koq ngga. Walaupun satu payudara tetap lecet, tapi semuanya terasa ringan. Dalam 3 minggu lecet sudah tidak ada, dalam sebulan badan Garda sudah naik sekilo dr berat lahir, bahkan di malam hari garda tidak pernah sekalipun rewel atau nangis kenceng2.alhamdulillaaaah…. sampai2 yang ada malam2 gue sama nuks sempet2nya ngobrol santai ngalor ngidul, dan gantian bertugas..dia gantiin pampers dan gue nyusuin. Mungkin ada pengaruhnya anak kedua lebih ngga panikan, tp dr kesemuanya gue yakin kekuatan doa dan hati yang bahagia yang memudahkan semuanya J

Demikian cerita proses sembilan bulan hamil hingga skr adek garda berumur sebulan. Semoga seterusnya ayah, bunda, kakak raya dan adek garda diberikan kesehatan ya, aaamiiin J J





2 comments:

  1. amiiin selamat ya mbak ninta...selamat datang adek gardaa

    ReplyDelete
  2. Kece sangat deh ibu PR satu ini.. Sehat terus yaa kakak Raya and adek Garda.. Ibunya juga selalu eksis :)

    ReplyDelete