Social Icons

.

weaning with love (and a little trick).

03 February 2015

setelah tau gue hamil, sebenarnya gue belum ada rencana untuk menyapih raya walaupun usianya sudah 2 tahun dan sudah minum berbagai macam susu sebagai asupannya. alasanya karena gue memang menikmati masa2 menyusui dia yang kerasa banget bondingnya, termasuk keribetan dengan pompa asi , botol asi dan perlengkapan menyusui lainnya  :p  gue yakin pada saatnya raya siap pasti akan berhenti sendiri. dari dokter kandungan maupun dokter anak raya juga bilang selama tidak ada kontraksi silahkan saja dilanjutkan, di sisi lain kalau bisa berhenti sekarang juga pilihan yang bagus karena asupan ibunya bisa fokus pada janin. 

ternyata setelah hampir sebulan menyusui selagi hamil, gue berasa banget lemas luar biasa setiap habis menyusui. mungkin karena yang menyerap dua anak ya hehehe.. akhirnya setelah diskusi sama nuks, kita memutuskan untuk coba menyapih kakak raya dengan catatan perlahan saja tapi pasti. 3 bulan sebelum raya ultah juga gue sebenernya udah berbisik tiap malam sebelum tidur, bahwa kalau dia sudah ulang tahun yang ke-2 berarti minumnya hanya dari gelas aja. eh ternyata ga ngaruh, anaknya tetap 'menggilai' kegiatan nenen ini :D 

satu prinsip yang gue anut sih dalam hal apapun dalam membesarkan raya, sebisa mungkin guenya ngga pake drama, terutama setelah drama awal menyusui dulu. karena sebenarnya semuanya bisa ada solusinya tanpa harus dilebih2kan dengan drama yg kita buat sendiri hehehe. dan lagi2 alhamdulillah dengan sedikit trick di hari minggu pagi, sesaat sebelum menyusui gue kasi perasan lemon di PD gue, eh raya bilang asem ya bunda, mending buat dede aja. lalu berikutnya? dia udah ngga nenen lg dan minta dipeluk aja sebagai gantinya! 

lucunya pas dia lg kangen selama seminggu berikutnya, dia bilang kadang2 cuma mau liat atau pegang sebentar terus suruh bundanya tutup dan disimpan buat adek aja.raya yg mau jd kakak keliatan dewasa gituuu :')) salut bangeet gue, jd bikin gue yakin dan inget kata dokter anaknya raya dr.endah, salah satu faktor anak siap disapih salah satunya juga kesiapan ibunya.

semoga walaupun sudah disapih, raya tetap merasakan sayangnya gue ke dia tetap tidak berkurang. dan yang gue khawatirin kalau pulang kantor dia ngga bakal langsung heboh mau meluk gue karena pengen nenen, skr tetep heboh tiap gue pulang kantor untuk dipeluk tanpa nenen, yeay!!



7 comments:

  1. Wah, makasih udah sharing tentang menyapih. I am your fans.
    Salam kenal Arninta :)

    ReplyDelete
  2. Wah keren Raya. Bisa langsung berhenti gitu gak pake drama Mba. Selamat ya.

    ReplyDelete
  3. Wah keren Raya. Bisa berhenti begitu saja. Selamat ya Mba..

    ReplyDelete
  4. Nawww.. kakak Raya kereeen. Lancar nyapihnya ya

    ReplyDelete
  5. Ouwww dirimu lagi hamil lagi? Ya Allah, selamat yaa...sehat sehat dan sehat selalu... kiss kiss buat Raya

    ReplyDelete
  6. Waaaa.. Raya kereeeeen. :D Termasuk yg gampang disapih ya Mbak, soalnya banyak anak laen cranky gitu.. Hihihi.. Alhamdulillah..

    ReplyDelete