23 December 2014

Meningkatkan Percaya Diri Anak.

siap2 marathon nulis postingan blog kegiatan sebulan ini. kalau bulan kemarin gue akuin emang sibuk, tp bulan ini? sebenarnya kerjaan udah agak lowong lebih banyak review tahun ini dan persiapan plan tahun depan. tp aku sibuk jg ngurusin ultah raya :p iyaaa anak gadis udah mau 2 tahun....huhuh time flies :') balik lg ke topiknya, kali ini mau cerita waktu kemarin ikut seminar tahunannya supermoms, lagi2 bersama pembicara favorit ibu Elly Risman, psikolog yang punya yayasan kita dan buah hati. dulu pas hamil, gue pernah ikut seminar serupa dengan tema berbeda salah satu mengenai pendidikan sex pada anak.



Sabtu, 29 Nov 2014. --> kebiasaan baru akan tulis hari & tanggal  hehe...
topiknya yang gue tulis di atas, tentang meningkatkan percaya diri anak. sebenarnya topik satunya juga seru yaitu managing stress pada anak dan sukses menghadapi persaingan, tp kebetulan yang itu sudah pernah ikut waktu sama the urban mama tengah tahun ini (dan maaf lupa direview :D). sata daftar ikut topik ini, dalam hati bicara "ngapain sih PD pada anak aja mesti ditingkatin, pdhl ngerasanya ayah ibu dan raya semuanya tidak ada masalah dengan PD..." nah lho, ternyata SALAH BESAR. ternyata pe-er jadi orang tua panjang yaa, masih banyak yg bisa dipelajari termasuk dari seminar ini.

Berikut rekap singkatnya :
1. Percaya diri  : penilaian dan keyakinan seseorang tentang apa yang mampu dan bisa dia lakukan

2. Dari mana datangnya : Dari harga diri yang tinggi, karena Dicintai dan mampu, dan dimulai dr sedini mungkin.

artinya kasih sayang harus jalan terus, tapi bukan berarti dibiarkan manja sehingga tidak mampu
atau sebaliknya dipush untuk mampu, tanpa disertai kasih sayang.

3. Looks VS Value: ini penting bangeet! maksud dari ini adalah kita haru buat anak Percaya Diri bukan hanya pada apa yang ada di fisiknya atau apa yang dia punya, Memuji secara fisik boleh untuk membangun percaya diri, tetapi juga ditambakan sesuatu yang bisa dia lakukan. Misal : Kmu cantik deh nak, tapi juga mandiri dan suka membantu bunda.

4. yg bs dilakukan orang tua, BANYAK hahaha.. kalau mau detail memangharus datang seminarnya sik *kzl ngga? tp ini beberapa :

- membantu anak melewati tantangan, buka dihindari. contoh : dari hal paling kecil, memberikan kesempatan belajar sama anak dari hal paling kecil,seperti memakai sepatu. kuncinya : sabar. (susah2 gampang ini yaaa...)

- jadi contoh. rasanya ga cuma dalam hal ini, tetapi jika kita orang tua happy dan percaya diri akan membuat anak juga seperti itu.

- komunikasi. sama kaya soal jadi contoh, kalau komunikasi kita dua arah dengan anak makan anak bisa cerita apa saja, mereka merasa aman, sehingga kita bisa mengenali apakah anak sudah di jakur yang tepat dan bisa bantu mengarahkan.

semoga membantu yaa ibu2 :*


si family man ini sbenernya plg enggan klo weekend 'ninggal' raya walaupun sbentar.
 tp kali ini dia mau krn buat belajar brg stengah hari... untung bgt bokap nyokap gue lg mau main ke rumah jd bs nemenin raya sebentar :)

3 comments:

  1. Hi mba Arninta salam kenal. Pernah liat kakak Raya di RMC, anakku juga sekolah disana. :)

    ReplyDelete
  2. Kapan ya ada seminar - seminar kayak gini lagi *ketinggalan info*

    xx
    http://liveitcolorfully.blogspot.com

    ReplyDelete