03 September 2014

dibalik #iuRUN kemarin :)

minggu pagi kemarin, gue ijin sm si nuks untuk ikutan #iuRUN yg diadain oleh Indonesia Mengajar. kebetulan sabtunya si nuks keluar kota, jd pas gue berangkat minggu pagi dia udah sampe dan ikut ngejagain raya :) apa itu iuRUN ? berikut menurut penjelasan di web mereka :

#iuRUN (dibaca: I-You-Run) adalah inisiatif lari bersama yang digagas Indonesia Mengajar dan Indo Runners untuk mendukung sosialisasi gerakan #IuranPublik dari Indonesia Mengajar kepada masyarakat luas. 
Di tanggal tersebut, Pengajar Muda bersama anak-anak dan masyarakat di 127 SD di Aceh sampai Papua Barat serempak berlari untuk gerakan ini. Di saat yang sama, relawan Indonesia Mengajar, Indo Runners, dan masyarakat umum juga akan ikut berlari bersama anak-anak Indonesia di kotanya masing-masing. Lewat berlari, kita berikan semangat kepada  anak-anak di seluruh Indonesia untuk mengejar cita-cita. 
Berlari adalah salah satu bentuk iuran kepada diri sendiri, investasi kesehatan. Asuransi dan pengobatan oleh dokter tetap ada, namun kita tidak dapat hanya mengandalkan keduanya untuk jadi sehat. Kita tetap harus memiliki gaya hidup yang baik agar badan tetap sehat.
Hal yang sama dengan pendidikan. Fungsi penyelenggaraan pendidikan di pemerintah tetap jalan, CSR dari korporasi tetap dikucurkan, namun itu semua belum menjamin anak-anak Indonesia akan serta-merta cerdas. Kita sebagai warga negara perlu mengambil peran aktif memajukan pendidikan secara sadar. #IuranPublik adalah bentuk peran sadar itu.
Lewat #IuranPublik, masyarakat luas diajak untuk ikut memiliki Indonesia Mengajar dengan ikut memberikan iuran rutin per bulan. Semakin banyak pihak yang memiliki Indonesia Mengajar akan mendorong gerakan ini untuk menjalankan pengelolaan dengan lebih baik lagi; jadi lebih transparan, efektif, akuntabel, dan berdampak.
nah #IuranPublik itu apa, gue sebelumnya pernah nulis di sini. serunya kemarin gue lari bareng teman2 dr kantor gue juga, karena sebenarnya kantor gue pun sudah mendukung gerakan indonesia mengajar (IM)  sejak 3 tahun lalu dengan memberangkatkan pengajar muda (PM), tahun ini PM bengkalis yg kita berangkatkan..makanya  kemarin gue lari dr start point SCBD.

seperti biasa acara yang dibuat oleh IM sederhana tapi selalu mempunyai makna. yuk teman2 kita ikut #iuranpublik ! :))


@nutrifood-ers

bersama teman2 lain dr start point SCBD


ini senam bareng dnegan semua runners dr berbagai start point

finish gate!


ini dia kabupaten yg kami wakili :)





2 comments:

  1. good event for a good cause! :)

    ReplyDelete
  2. Mba sorry OOT, aku terlalu ngefans sama caramu berkerudung, Minta tutorialnya dooong hahaha <3

    ReplyDelete