25 July 2014

belajar dari pilpres Indonesia 2014.

pemilunya udah kelar...(apa belum?hehe) tapi masih ada beberapa hal yang membekas di hati dan pikiran, buka soal siapa yang menang, siapa yang kalah, tapi pelajaran berhaga untuk selalu diingat. *apasiiih mau liburan serius amat*

1.  turun tangan di politik
ini hal yang paling positif gue bilang! selama ini masyarakat cuek bebek sama yang namanya pemilu, kebanyakan berpikiran politik ngga asik, eh tahun ini semua orang berbondong2 ikut menyuarakan pendapatnya dan benar2 ikut turut tangga menentukan nasib bangsa. keren ih :)) kata2 turun tangan ini juga populer krn pak anies dulu ikut konvensi..tapi beneran, siapapun pilihan kalian kemarin, asal ngga golput itu luar biasa. semoga next pilpres, caleg, kepala daerah dll bisa ky gini terus.

2. penyebaran informasi
naah tapi sayangnya...sejalan dengan ikut turun tangan masyarakat dan perkembangan teknologi informasi termasuk penggunaan social media dalam berpolitik tentu sangat berpengaruh terhadap perluasan dan kecepatan penyebaran informasi. yang disayangkan bukan itunya, tapi justru oknum2 yang membuat informasi tidak berdasarkan fakta. di sisi lain banyak yang dengan mudah share informasi tersebut tanpa mengecek kebenarannya terlebih dahulu. makanya waktu pilpres kmr gue fokus dengan hal2 yang fakta dari calon yang gue dukung, dan tidak menyebarkan (apalagi menjelek2an) calon lainnya. yang perlu diingat, apa2 yang kita sampaikan kepada masyarakat luas akan diminta pertanggung jawaban oleh tuhan bukan? :)

3. kematangan emosi
terakhiiiir pelajaran paling2 berharga adalah, kematangan setiap individu masyarakat untuk ikut turut tangan tadi. ternyata tidak semua memeliki kematangan emosi yang cukup baik. gue ngga bilang bahwa gue sudah punya yaa, tapi dari hal kecil mengenai tidak berantem dengan teman sendiri gara2 ini, tidak mengeluarkan kata2 kasar dalam menyampaikan pendapat (sedih bgt kmr liat teman2 yg gue kenal santun berubah drastis :( itu kynya jarang banget ditunjukan oleh masyarakat... memang sih dalam berkampanye ada kalanya kita bisa berdebat positif, tp ternyata ngga mudah ya :)

sekarang presiden baru sudah terpilih dan akan dilantik oktober nanti, memang gue senang calon yang gue dukung menang, tp intinya bukan menang atau kalah, tp siapapun yang terpilih akan kita 'kawal' bareng2 ke depannya supaya Indonesia lebih baik... ingatlah bahwa Indonesia bukan di tangan mereka berdua saja, tapi di tangan kita semua. manusia tidak ada yang sempurna, tapi pada dasanya semua orang baik dan akan berusaha yang terbaik. optimis : ) sekali lagi, selamat pak jokowi dan JK..semoga dapat menjadi pemimpin yang selalu jujur dan amanah. aamiin.






2 comments:

  1. iya semoga presiden yang baru bisa bikin indonesia jadi lebih baik ya :)
    dan yang kalah semoga bisa sportif menerima kekalahannya....

    ReplyDelete
  2. semoga aman2 aja deh, soalnya masih ada gosip simpang siur nih

    ReplyDelete