Social Icons

.

hidup sehat ala gw :)

12 May 2014

seperti yg pernah gw ceritain di sini yg memotivasi gw untuk hidup sehat adalah kantor gw skr. aslik, bukan krn gw kerja di sini tp memang apa yg mereka lakukan benar2 nyata keliatan di mata gw visinya hehehe berat ya. beneraan, waktu gw pertama masuk nutrifood gw pernah dapet giliran coffee morning dengan ownernya yg sudah tua tp humble bgt. gw jd tau sejarah brand pertama kantor gw yaitu tropicana slim, yang kalau dihitung2 dr pertama udah 40 tahun. jd menurut cerita beliau, dulu produk yg pertama kali beliau buat adalah sirup tropicana slim yang bebas gula (dijual pertama kali dari rumah ke rumah dengan becak lhoo) karena melihat kecenderungan penyakit diabetes di Indonesia. di tahun itu, gw pikir sangat visioner! klo jaman skr ngomongin hidup sehat mungkin udah biasa, tp dulu? :) 

makanya gw juga kadang2 suka sedih sih *apasiih* klo ada orang yg nyebar hoax tentang bahaya dari aspartam salah satu bahan pemanis yang dipake sama gula rendah kalori / non kalorinya tropicana slim (tropicana slim classic & diabtx). padahal yaa bahan itu sudah dikategorikan aman oleh Food and Agriculture Organization (FAO), World Health Organization (WHO), dan European Food Safety Authority (EFSA) bahkan sama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI). tapi balik lg, gw yakin setiap orang punya kepercayaan dan pilihannya masing2 yaaa, jadi sah2 juga kalau memilih cara lain untuk membatasi konsumsi gula pasir :D gw pun tetap bangga bs jadi bagian dari produk yg juga dikonsumsi banyak orang Indonesia dan penghuni lebih dari 30 negara juga :)))

nah balik lagi soal gimana skr gw hidup sehat, berusaha menerapkan 4 hal utama : 

- makan makanan sehat
dari keempat hal ini yg buat gw paling susah, pdhl di kantor gw udah disediain lunch sehat. tapi pas di luar dan di rumah itu tantangan bgt. soalnya gw dan nuks termausk pecinta makanan apa aja, yang semuanya belum tentu sehat :( mungkin banyak yang belum tau bahwa kementerian kesehatan sebearnya sudah mengeluarkan anjuran yaitu : 

"Anjuran batas konsumsi gula, garam, dan lemak telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI No.30/2013. Batas konsumsi gula per orang/hari adalah 50 gram (4 sendok makan), sementara untuk batas konsumsi garam per orang/hari adalah 2000 miligram natrium/sodium atau 5 gram garam atau (1 sendok teh). Untuk lemak, batas konsumsi lemak per orang/hari adalah 67 gram (5 sendok makan minyak)."

susah kan nakar2 gitu tiap harinya..jd tips gw untuk makanan sehat ini tetap konsumsi gizi seimbang (karbohidrat dr nasi, protein dr daging2an, vitamin mineral dr sayur) sama mengurangi gula garam lemak salah satunya dengan konsumsi produk dr kantor gw ini. itu juga ngga semua koq, favorit gula tropicana slim classic unutk ganti pemanis di teh/minuman pas di rumah sm di cafe, gula tebu tropicana slim untuk masak di rumah, kecap manisnya (maklum wong jowo masak hrs pake kecap hahaha) sama satu lg corn oil tropicana slim yg rendah lemak jenuh (lagi2 krn msh suka masak gorengan di rumah :p).


- olahraga teratur
beberapa bulan terakhir gw lagi suka dengan pilates, tp berhubung bayarnya mihil skr gw beralih ikut kelas2 di celebrity fitness, lumayannya dapat corporate rate+setengah biaya bulanannya ditanggung kantor sebagai salah satu fasilitas hidup sehat untuk karyawan (untuk yg ngga bs ikut kelas2 olahraga di kantor) asik yaa :))

- tidur cukup
ini kebiasaan gw sejak nikah, si nuks disiplin bgt soal ini. jd klo weekdays sudah dipastikan jam 9 malam kami semua sudah terlelap hahaha..kecuali weekend baru deh kita begadang2 nonton film di rumah :))

- happy go lucky
namanya hidup masalah dan tantangan pasti ada, tp kalau semua dijalanin dengan happy pasti badan ikutan sehat, dan itu terbukti bgt!

semoga hidup sehat ngga jadi tren sesaat, tp jadi bagian dari hidup gw kedepannya...semoga si nuks ikutan juga pelan2..karena pengen bgt tetap sehat sampai tua, bareng2 liat kakak raya juga ade2nya nanti sarjana, nikah, punya anak, dst dst :') boleh minta aamiin jg kah?

2 comments:

  1. Amiin. Hehhee. Btw gue baru tau loh anjuran batas konsumsi gula garam dari menkes. Apa kabar teh kotak yang berjejer rapi di kulkas? Hiks :(

    ReplyDelete
  2. samaa..klo ga gara2 kerja di sini mungkin aku ga tau anjuran dr kemenkes itu, memang PR kita banyak bgt yaa :(

    ReplyDelete