Social Icons

.

Cerita Kelahiran #KakakRaya

23 January 2013


peringatan : postingan terpanjang gw  ini...:)))

Akhirnya setelah #kakakraya berusia 2 minggu bisa cerita soal proses kelahirannya kemarin (dicicil bikin draft ini :D). Baru 2 minggu aja rasanya banyak banget yang mau diceritain, mulai dari soal menyusui, kehidupan sebagai ibu dan masih banyak lagi. Ngga bohong kalau sekarang belajar bagi waktu itu susah, lelah jangan ditanya. Tapi rasanya bahagia bangeet dan bersyukur dititipkan anak sama Allah *peluk #kakakraya :))))) jd kapan inih cerita proses melahirkannya deh hehehe…

Sabtu, 5 Januari 2013
Ini jadwalnya gw dan mas nuke kontrol mingguan, usia kandungan waktu itu 39 minggu 6 hari. Nah, tadinya kalau sampai malam nanti ngga mules, besoknya rencananya gw mau diinduksi. Ih dasar gw dan mas nuke ngga sabaran ya,  pas kontrol ini langsung minta induksi, hahaha. Tp kta dokter gw udah besok aja pas 40 weeks pas, yaudah jadi hari ini gw di CTG lagi, Alhamdulillah jantung bayinya sehat, air ketuban masih cukup tp memang kontraksinya baru ada dikit banget. Alhasil pulang dari rumah sakit, gw dan mas nuke ngePIM lagi deh hehe…padahal tas udah siap segala di mobil, udah sempet ‘bekal’ starbucks pula:p, dan mas nuke udah dr jumat malem ngga bisa tidur, gwnya?tetep donk pules :D

Minggu, 6 Januari 2013
07.00 : semangat banget berangkat ke rumah sakit saking udah pengen banget ketemu si bayi

07.30 : kita dateng urus2 administrasi dulu, pilih kamar. Alhamdulillah kamar yang dipengen lagi kosong.
08.00 : langsung ke lat.2 di ruang CTG, udah ganti baju rumah sakit pula dan mas nuke udah standby di sebelah gw terus.

09.00 sebelum diinduksi diperiksa dalem dulu, gunanya untuk tau mulut rahimnya udah mulai tipis belum, kalau udah jadi induksi langsung lewat infus, ternyata udah, jadi gw diinduksi dengan dosis 8 tetes/menit dahulu.

11.00 ternyata jam segini gw udah pembukaan 2, Alhamdulillah..mulai seneng donk gw. Mas nuke jg makin semangat, kita dari td kerjaannya foto2, doa2, sampai nyemal nyemil. Sampai bidannya ngomong, “waduh si ibu masih bisa senyum 5jari”. Hehe abis gimana donk, kan seneng mau punya anak. Padahal tadinya gw ‘parno’ banget lho ngadepin kelahiran, tp begitu harinya dateng perasaan itu malah ilang sama sekali (walaupun orang2 udah kasi tau gw klo diinduksi pasti lebih sakit).

19.00 baru pembukaan 3 aja gitu, tapi mules yang gw rasain dikit banget. Cuma kaya digigit semut. Keluarga gw mulai dateng untuk ‘jenguk’, tp gw bilang pulang aja dulu kan belum tau lahiran jam berapa. Akhirnya yang stay malam ini cuma nyokap gw dan nyokapnya mas nuke. Keduanya bermalam di kamar inap gw, sayang kan drpd ga dipake :D
Akhirnya dokter memustukan menyelesaikan dulu botol pertama induksi, lalu gw disuruh istirahat dulu dr induksi. Soalnya katanya supaya gw bisa simpen tenaga untuk proses kelahiran nanti dan bayinya jg istirahat, ngga stress dipacu induksi terus.

00.30 infus diberhentikan,lalu gw dan mas nuke langsung tertidur pulas! Setepar2nya..hehe apalagi mas nuke yg udah ngga tidur dr kmr, malam ini dia tidur di kursi sebelah tempat tidur gw L sabar banget dia menemani proses ini satu demi satu.
saat mulai diinduksi :)

Senin, 7 januari 2013
05.30 bangun dan mulai dilanjutkan lagi proses diinduksi.

08.00 masih sempet tidur lagi sejam-an berdua mas nuke zzzz *pelor bgt deh gw berdua

09.00 dokter gw datang memeriksa, ternyata gw baru pembukaan 4 dan belum mules jg, kata dokter gw ada kemungkinan proses persalinan masih agak lama. Setelah ini dosis induksi jadi ditambah tiap 15 menit dan gw disuntik pelembut rahim. Di titik ini gw sempet drop sebentar pakai nangis segala, karena udah 1x24 jam tp belum ada tanda2 gw akan melahirkan. apalagi udah ada 2 ibu yang melahirkan selama gw di ruang ini, mental banget yg diuji. Agak khawatir jg kan klo diinduksi kelamaan, jantung bayinya ngga kuat. Alhamdulillah sampai jam ini semua sehat ibu dan bayinya. Mas nuke tetep nyemangatin gw, ngga sedikitpun dia ninggalin gw dr kamar ini kecuali buat sholat. Makanpun di lebih sering ngabisin jatah makanan gw hehehe.

10.00 alhamdulillah, udah pembukaan 5! Mulai kerasa mules2nya nih.. tiap gw kesakitan mules, mas nuke masih bisa senyum lebar terus bilang “yess, bunda mules. Ayo sakit lagi!” -__- maksudnya dia nyemangatin gw, artinya kalau gw makin mules berarti makin deket waktu melahirkan donk. Setelah ini gw dipindah ke ruang perslainan dan drama pun dimulai.
Buat gw, sakit mulesnya luar biasa..bener lah apa yang kata orang2 bilang. Dari cuma pegangan tangan mas nuke sampe itu mas nuke kerjaannya melukin gw sebadan tiap gw kesakitan dan lehernya gw tarik2 hahaha. Terus teorinya kalau lagi kesakitan itu jangan teriak2, tapi ya namanya gw ya..tetep lho teriak2, pdhl udah diingetin sama bidannya jangan sampai nanti tenaga gw abis. Tapi apa2 yg dipelajari pas senam hamil, terutama soal tarik napas untuk mengruangi rasa sakit itu bener banget. Buat yang mau lahir normal, penting ikutan. Kita-nya sih yang melahirkan udah ngga bisa mikir tenang, tp suami bisa ngingetin saat ky gini (makanya pas senam hamil penting jg ngajak suami :D).
terus gw pikir, gw aja yang pelor antar kontraksi koq rasanya ngantuk banget. Ternyata kata bidannya, tiap jed Angga kontraksi memang rasanya kita ngantuk2 gitu. Lo gw pikir2, Allah itu memang sudah menciptakan segalanya ada  maksudnya. Begitu jg dengan rasa ngantuk ini, bermanfaat bgt buat gw untuk tidur dan nyimpen tenaga biar itungan menit (semacam power nap) dalam menghadapi skait kontraksi2 berikutnya.

12.00 Nah mulai berasa sakitnya menjadi2 nih, ternyata udah pembukaan 8. Dodolnya, tiap gw kesakitan gw ngeliat jam dinding yang ada di atas tempat tidur gw. Terus mulai deh minta operasi aja saking ngga tahan sakitnya :p Ternyata  Pas pembukaan 9, ketuban gw pun dipecahin sama dokternya. Karena apa? karena bayinya jg msh anteng banget di dalem ngga turun2. Pas pembukaan 10, dokternya dateng lagi dan bilang ke bidannya mau sholat zuhur dulu. Yasalam dokter diah kesayanganku, aku udah ngga tahan. Eh si bidang malah ngomong gini, yuk bu kita senam hamil dulu.halah hahaha. Maksudnya latihan ngejen dulu gitu. Pas dokter gw balik,langsung deh dimulai proses persalinan. Sekitar 15 menitan apa ya kalau ngga salah. Dengan beberapa adegan mas nuke ‘live report’ kondisi bawah gw ke gw sambil megangin gw tentunya “ayo bunda, itu rambutnya kakak raya udah keliatan..semangat bunda…hihihi”

13.30 Dan setelah 3x mengejan di kontraksi yang kesekian, Alhamdulillah kakak raya lahir :’) sempet panik gw-nya karena pas ejanan ke-2 hampir kehabisan tenaga, untung di sela-sela mengejan gw selalu diminumin teh anget sama bidannya.  Dan dokter diah (yg lagi2 gw sebut favorit gw banget) ngga lupa ngingetin untuk cara ngejan yang benar dan nyemangatin gw. Lagi2 gw bilang latihan mengejan saat senam hamil dulu berguna banget. Pas kakak raya lahir tepat jam stengah 2, begitu keluar dan digoyang dikit sama bidannya kakak raya nangis keras banget. Gw tanya sama bidannya katanya nilai apgarnya 9 dari 10 J J Allahuakbar… gw dan mas nuke kagum ngga percaya gitu liatnya..tp kita berdua ngga nangis sama sekali lho, malah senyum2 sendiri berdua.

Setelah di-lap sedikit badannya kakak raya, langsung dimulai proses IMD. Saat udah mulai IMD, mas nuke mulai mengumandangkan iqomat dan adzan. Rasanya damai banget dan bersyukur banget sekarang udah bertiga dalam keadaan sehat semua :’) setelah itu baru proses pengeluaran plasenta dan jahit menjahit dilakukan dokter gw. Beneran lho, pas kakak raya lahir itu, semua rasa sakit hilang..dan sampai proses ini pun udah ngga kerasa apa2 (atau lebih tepatnya memang ngga sebanding sama sakit sebelum melahirkan:p)

Proses IMD juga salah satu momen yang berkesan pertama kalinya dengan kakak raya, gw dan mas nuke tidak bisa berhenti menatap bayi mungil yang sudah bergerak-bergerak mencari puting ibunya sendiri. Sungguh luar biasa. Setelah proses selesai, gantianlah keluarga masuk satu persatu. Yang pertama kali masuk adalah ibu gw, dan pertama kali beliau masuk gw langsung nangis aja gitu. karena rasanya waktu melihat wajah ibu gw adalah “ya ampun, ternyata gini rasanya melahirkan..dan keinget semua pengobarnan dan sayangnya nyokap ke gw :’)”.

17.00 Gw udah boleh pindah ke kamar inap bersama kakak raya. Malamnya, gw sampai pagi cuma tidur sekilas aja, ngga bisa berhenti ngeliatin wajah kakak raya :’)

kelar juga cerita super panjang ini krn gw mau melewatkan detail ceritanya.hehe Terima kasih ya Allah buat anugerah ini, terima kasih juga suami tercinta yang menemani setiap prosesnya dari awal hingga akhir..luar biasa banget kmu ayah.. juga buat kedua ibu tercinta, ibu gw dan ibu mas nuke (yg menurut cerita ade gw, selama proses gw melahirkan mereka berdua ngga henti2nya berdoa sambil nangis+panik sampai jalan di rumah sakit tanpa sandal :D) dan semua keluarga juga teman2 yang tidak henti2nya memberikan support dan mendoakan kami..Allah yang bales ya semuanya..aamiin.


foto keluarga pertama, bertiga! ^.^  (pas IMD)

#BayiCantik itu bernama Azka Nesiaraya (raya)


Assalammualaikum bayi cantik, akhirnya yang ditunggu2 oleh semuanya lahir juga…

Alhamdulillah, putri pertama kami lahir pada Senin, 7 Januari 2013 pada pk.13.30 WIB
 di Rumah Sakit Ibu dan Anak Kemang Medical Care, Jakarta.

Putri kami bernama Azka Nesiaraya atau dipanggil Raya (#KakakRaya) ,
memiliki arti..azka : suci, dan nesiaraya : singkatan dari indonesia raya atau raya (besar)
yang kalau keduanya dirangkai artinya..putri Indonesia yang suci dan semoga akan menjadi besar untuk agama, keluarga dan negaranya.

Lahir dengan berat 3,62 kg dan panjang 49 cm melalui persalinan normal.






Terima kasih untuk semua doa dari keluarga dan teman2 di manapun,
Mohon doanya semoga #kakakraya menjadi anak yang sehat dan soleha ya, aamiin J

We love u so much kakak raya,

Ayah & Bunda


Note : seneng banget liat rambut kakak raya yang tebal walaupun selama hamil gw cuma 3x keknya minum kacang hijau hehe..dan ternyata pas lahir mirip banget sm USG 4Dnya, gembil :))

cerita di 2012 dan resolusi 2013 :)

04 January 2013


belum telat kan yah nulis postingan ini? baru pertama kalinya nulis ky ginian di depan umum, biasnaya cuma direkap di agenda :p jd pengen nulis, supaya bisa dijadiin pelajaran dan kenangan untuk dibaca lg di tahun2 mendatang (drpd baca statu2 postingan per bulan hahaha).

januari
Di bulan ini, di awal tahun banyak sekali dibukakan pintu rejeki oleh Allah. Salah satunya yang paling diingat dan bahkan belum diceritakan di blog ini adalah kami mulai mencicil kendaraan untuk kkeluarga kecil kami. Sampai kapanpun, kayanya klo nanti punya mobil lebih dr satupun (aamiin!), mobil ini tidak pernah akan kami jual.

februari
tidak ada yg lebih membahagiakan, melihat sahabat sejak di kuliah duduk di pelaminan...dan skr hamilnya cuma beda seminggu aaa happy for you, veby!

maret
Alhamdulillah, hutangku pada orang tua selesai hihi maksudnya setelah menunda thesis selama setahun lebih akhirnya aku lulus juga dr MM Komunikasi Trisakti melalui perjuangan :D

april
dan seperti janji suamiku tercinta yang ingin ngadoin trip pertama kami ke luar negeri berdua, jd juga kita ke singapore..cihuuy!  trip ini menyenangkan banget buat kita :)) 

mei
Allah memang perencana yang paling baik, di bulan ini BERKAH dan REJEKInya luar biasa dan diberikan dalam waktu yang tepat. dimulai dari pengalaman mengikuti kelas inspirasi, ternyata seasaat waktu wisuda pun aku hamil..subhanallah..tepat sebulan setelah aku lulus dan liburan :')

juni
mulai bulan ini, cerita lebih banyak bergulir mengenai my happy pregnancy, one of the best moment in our life.. alhamdulillah, di saat ulang tahun pertama pernikahan kami, kami diberikan kepercayaan Allah ini.

juli
persis seperti bulan feb, kali ini sahabat sejak duduk di bangku SMA pun duduk di pelaminan, senangnya melihat satu persatu sahabat dekat menyusul :)) *apalagi aya ini bs dibilang soulmate banget*

agustus
banyak cerita indah ddi bulan penuh berkah ini, mulai dari pengajian 4 bulanan kehamilan #BayiCantikulang tahun mas nuke sampai babymoon alias mudik kami ke pekalongan. 

september
klo di bulan ini, lebih banyak ceritanya seneng2 huehehe.. satu2nya gathering kantor yg dpt aku ikut (2 lainnnya ngga bs krn keadaan ngga memungkinkan selama hamil) yaitu gathering divisi marcomm   dan dasar rejekinya #BayiCantik bisa difoto buat fimelafamily.com ^.^

oktober
persiapan menjelang bulan2 akhir kehamilan diisi dengan berbagi kegiatan terkait #BayiCantik, banyak pengalaman baru.. seperti amazing melihat #BayiCantik diUSG4D dan belajar soal ASI. Selain itu, salah satu project tahunan utama di departemen Public Relations yg gw pimpin yaitu Health Agent Award 2012 selesai dengan lancar di tengah 'berat'nya membawa #BayiCantik dalam perut hihihi..

november
di bulan ini, tidak kalah banyak cerita menarik... kesampean nonton konser pure saturday, mulai senam hamil, acara mitoninya #BayiCantik sampai ulang tahunku yg ke-26, full of love!

desember
dan akhir tahunpun tiba, makin banyak lg cerita berkesan untuk dikenang bahkan menyisakan kebahagiaan dan rasa syukur yg tidak terkira, walaupun sesekali merasa lelah dengan jadwal yg padat :) cerita diawali sakitnya bapak dan mesti dioperasi :') tp kejadian ini menjadi ujian buat keluarga  kami sekaligus pengingat untuk hidup sehat..

alhamdulillah berselang seminggu Allah memberikan kesehatan untuk kami semua mengadakan pernikahan adik kandungku @arsetyanita :) bulan terakhir kehamilan ini, jg aku dan mas nuke abadikan dalam sesi foto maternity #BayiCantik lho hehe... dan akhirnya persis sebelum cuti melahirkan, salah satu project baru di departemen jg berhasil dilaksanakan dengan bantuan tim yg super, Media Gathering Nutrifood 2012 yippie! banyak bgt ya ceritanya? saat cuti  dijalani, gw mempersiapkan project nursery impian buat #BayiCantik. juga lagi2 pernikahan sahabat gw banget di paskibraka DKI, @IndahAfrilian. jd nikmat tuhan manakah yg kmu dustakan?

Resolusi 2013
bukan resolusi tp doa dan harapan yang akan diperjuangkan...:) biasanya gw punya beberapa list yg cukup panjang dan kebiasaan ini sudah gw lakukan sejak sma dulu.. terutama dan pertama adalah doa supaya kelahiran #BayiCantik dalam waktu dekat berjalan mudah dan sehat semuanya seperti di surat ini :') lainnya adalah :

- dalam soal kehidupan pribadi ingin lebih sehat secara fisik (olahraga+makanan), secara spiritual ( ibadah wajib+sunah) dan secara finansial (pos2 jangka pendek&panjang). kunci semuanya adalah disiplin bersama tim inti (gw, suami dan #BayiCantik). intinya berusaha dulu untuk menjadi istri, ibu dan bagian keluarga besar yg samara, masalah hasil itu urusan Allah :) 

- dalam soal kehidupan profesional , cuti selama 6 bulan dan lalu akan kembali bekerja lagi insya Allah tentu akan membawa banyak perubahan..tetapi apapun yang akan dihadapai kedepannya nanti, ingin sekali tetap bekerja yang sesuai dengan passion gw yaitu public relations, wajib meningkatkan satu skill di bidang ini  atau justru skill baru terkait dan memberikan yg terbaik di tempat bekerja :) krn bagaimanapun, tempat gw bekerja adalah salah satu cara Allah memberikan berkahnya untuk keluarga gw. 

- keliatannya dikit ya resolusinya, tp keknya emang ga semudah itu ngejalaninnya hihi..msh ada satu lg resolusinya, membagi waktu anatara kehidupan pribadi dan pekerjaan tentu menghabiskan hampir 99 persen dalam hidup gw, tp gw yakin msh ada 1 persen gy jika dioptimalin hasilnya bs lebih dr itu,,yaitu waktu untuk berbagi. berbagai cerita bersama sahabat, berbagi kebahagiaan dengan yang membutuhkan termasuk berbagai senyum di tengah macet dan masalah di Jakarta  :)

patokan waktu ngga cuma gantinya tahun, tp gimana kita memaknai bahwa setiap waktu yang Allah berikan sifatnya sementara sehingga patut untuk terus disyukuri dengan berbagai hal positif *cieeeh* seamangat semuanya!

Yuks ikutan Kelas Inspirasi II - Jakarta! :)

02 January 2013


Langkah menjadi panutan. Ujar menjadi pengetahuan. Pengalaman menjadi inspirasi. Yuks Berbagi Inspirasi Lewat Profesi :) Daftar di sini, dan jika menjadi volunteer profesional terpilih, akan mendapatkan pengalaman yang 'sangat kaya' menurut gw sekaligus bisa berbagai inspirasi kepada anak-anak penerus bangsa Indonesia. Pengalaman gw ikut di tahun pertamanya 2012 kmr, bisa dibaca di post ini, ini, ini, ini dan ini.hehehe.. ingin sekali ikut berpatisipasi kembali di tahun ini, tetapi sepertinya masih akan bersama #BayiCantik selama cuti melahirkan nanti.  Jangan berpikir dua kali ya! ^.^