Social Icons

.

bumil double date

31 July 2012

ini ceritanya niat abiiis, hihi jumat kmr gw cuti setengah hari dr kantor special untuk double date sm veby sahabat gw di kuliah s1 dulu! knp jd special, krn alhamdulillah kita berdua skr sama2 lagi hamil...cuma beda seminggu lg usia kandungannya, seneng bgt punya sahabat deket yg hamilnya brg..apa2 bisa sharing brg :)) tp sejak kita berdua ketauan hamil, kita malah belum pernah ketemu samsek. krn di awal2 kehamilan kan sama2 mual,meriang,dll jdlah tiap janjian ketemu batal terus. 

nah berhubung gw jg dapet voucher diskon untuk massage di mom & jo spa khusus untuk bumil, langsung deh ide ini muncul. berhubung jg kita2 sama ga puasa, maka tempat 'kencan' pertama kita berdua jatuh pada shabu tei di FX!yey! kita berdua emang suka bgt makan di sini. rasanya ngobrol pas lunch itu ngga cukup..tp seru bgt jdnya krn udah lama ngga ketemu langsung, walaupun selama ini bbm-an ngga pernah berhenti. abis itu baru deh kita berdua lanjut massage di mom & jo..kita ambil yg 80 menit saja, secara baru pertama kali coba dan kita berdua suka sih di sini..krn selain aman tp juga enak pijatannyaaa walaupun ga sekenceng pijat mbok2 pijet sih hihi iyalah ya namanya jg massage untuk bumil.

pilihan ide ini tepat bgt ternyata,krn selain ga ngambil waktu weekend (di mana kita berdua pasti sibuk acara keluarga masing2), dng ngambil cuti gini kita jd bisa girls time hihih kan klo ada suami2 tercinta tetep beda ceritanya. pdhl sih suami kita berdua mah kenal baik secara bikin arisan bareng, ya mas nuke jg dulu jaman kuliah sahabat dia juga. next time pengen bgt ngedate gini lagi, klo ga bs cuti lg,,,minimal kita mau janjian foto hamil brgan di studio :)) oia,ada kejadian lucu pas kita ketemu..kan penasaran tuh sama perut masing2, akhirnya saling nunjukin deh di kamar mandi :p selesai jam setengah 5-an gw lanjut ada acara bukpus brg di PP, dan dia pulang.maklum para bumil ini mulai jompo sejak hamil ga bisa kelamaan, hehe.. what a happy day!



tahun ke-2 ramadhan sebagai istri dan calon ibu

27 July 2012

alhamdulillah udah masuk bulan ramadhan aja..cepet bgt ya kerasanya waktu makin ke sini :) aslik telat bgt ini postingan ini,dr awal puasa hampir seminggu yg lalu udah mau nulis, tp entah kenapa mood ngga dateng2+lg banyak kerjaan dadakan :D (ky biasanya ngga aja huehehe). sejak menikah seperti cerita gw tahun lalu di sini, bulan ramadhan sebenarnya jadi jauh lebih mudah dijalani. kenapa begitu? alhamdulillah karena dikasi Allah kesempatan untuk menjalaninya berdua dengan suami di tempat tinggal terpisah dr ortu, kami berdua jd partner banget. gimana ngga,biasa di rmh saur sambil merem pas single!hahaha skr mana bisa coba,makan di meja makan berdua, ya masa dua-duanya merem -__- soal ibadah lainnya misalnya, dasarnya kan ibadah krn Allah, tp emang beda cuy klo ada partnernya :p berasa ada yg nyemangatin..jd mulai dr solat wajib, solat tarawih sampai solat sunah lainnya bisa ada temen jamaahnya, klo yg satu lg muncul malesnya, yg satu lg bisa mengingatkan.

tp bulan ramadhan yg skr bedanya adalah aku lg berbadan dua :)) karena hal inilah, gw ngga berani puasa dulu. sebnernya klo kata dokter gw,klo gw ngerasanya kuat boleh2 aja..krn kandungan gw sehat+kuat. namuuuun,sejak hamil memang kan nafsu makan gede bgt ya..ditambah yg makan dua orang, dan pernah punya maag jd klo satu jam sekali gw ga makan, ampuun deh mual dan pusingnya :s hal itulah yg buat gw yakin, gw ga puasa dulu..dalam agama juga diperbolehkan, namun bukan berarti ngga bisa melakukan ibadah lainnya kan?:))

klo rutinitasnya, dulu selalu berangkat dan pulang bareng mas nuke..klo skr berangkat msh bareng, pas sahur gw tetep ikutan sahur nemenin dia, walaupun pas bangun tidur setelah subuh gw makan lagi juga :D cuma bedanya dipulangnya, klo dulu dia udah nunggu di mesjid depan halte busway halimun, kita buka brg pake snack+teh anget di situ sambil magriban terus pulang. klo skr krn sejak hamil gw pulang dijemput supir nyokap,jd gw lsg pulang ke rmh. tetep aja dia yg sampe rumah duluan,krn kantornya plg lebih cepet. terharunya, biarpun puasa dan pas buka laper bgt..dia tetep nungguin gw sampe rumah jam stengah 7an untuk makan besarnya :') pas buka dia cuma ngemil aja dikit...setelah itu baru deh kita tarawihan jamaah berdua di rmh, alesannya krn sejak hamil gw jd lebih capek,,jd sebisa mungkin jam8an memang kita udah siap2 untuk tidur sekaligus kasi kesempatan ART di rmh untuk tarawih di mesjid biar punya suasana baru brg temen2 ART sekitar rumah, kan suntuk tuh dia rmh selama seminggu tanpa temen :))

puasa hari pertama dilewatkan berdua saja di rumah, hari kedua yang jatuh di wekeend kita berdua buka puasa di rumah ortu gw dan besoknya lg hari minggu gantian bukan puasa di rumah ortunya. buat gw walaupun baru seminggu, bulan ramadhan kali berkahnya sudah luar biasa,,,dalam keadaan hamil dan sehat, msh dikelilingi orang2 terdekat yg juga sehat, dalam keadaan cukup dan bisa beribadah dengan tenang. semoga banyak berkah dan hikmah lain yg bisa gw pelajari juga di 3 minggu mendatang,aamiin..begitu juga buat semuanya yaa...:) oia, di awal puasa ini juga insya Allah kandungan genap 4 bulan, klo Allah menginjinkan itu saatnya ditiupkan ruh kedalam janin gw #BabyGR..ceritanya terpisah ya, mohon doanya jg teman2..:)

dad to be snapshots

17 July 2012

sejak married (beda bgt lah ya dr jaman pacaran dulu :p) ditambah2 pas lg hamil, mas nuke memang perhatiannya menggila ke gw..hahaha..bahasa gw aja sih. berikut 'contoh2' si calon ayah mengambil alih tugas2 gw beberapa waktu terakhir (dengan catatan, tdk diminta/disuruh oleh gw, tp krn inisiatif dia sendiri+sedikit maksa agar gw mau terima :))) baby #GR pasti bangga nantinya sama kmuu...

gw dilarang dia berdiri lama ngantri di kasir pas belanja bulanan,
jd dia cukup pegang list belanja terus dia yg belanja :))


nah yg ini dia lg semangat bgt bikinin jus buat gw, ga cuma jus sih sebenernya ada yg pernah gw cerita di sini atau makanan2 lain yg dia tawarkan ke gw untuk dibuatin...makasih ya ayaah :))

hahaha klo ini pas di pasar kue subuh, dia gesit bgt milihin kue2 kesukaan gw :D 

pernikahan sahabat tercinta :))

aaaa....ngeliat sahabat gw dr sma kelas 1 mau married ini rasanya bahagia bangeet, soalnya selain dia jg udah pacarannya dr lulus sma alias 8 tahun, dia jg salah satu saksi hidup perjalanan cinta gw deh :)) dr jaman msh pake putih abu2, msh nge-genk2an hehe..terus pas kls 3,biarpun dia IPS dan gw IPA..tetep aja tiada hari tanpa cerita2. begitu lulus sma, dia kuliah di bandung dan gw di jkt itupun ngga memutuskan tali silaturahmi kita berdua. tiap dia ke jkt untuk ktemu keluarag+pacarnya, pasti dia nyempetin jg untuk ngingep semlm di rumah gw dan kebiasaan ini berlanjut sampe gw sbelum nikah. gw pun pernah nginep di kost-annya di jatinangor itu hihihi.. setelah lulus sma, memang frekuensi ktemuan kita jarang, tp sekalinya ktmeu ngga pernah tuh sedikitpun kita canggung, jamannya belum ada bb, telp2an/smsan bisa bbrp hari sekali keknya..pokoknya 11-12 ky org pacaran jg lah hahaha

yg paling gw inget dr persahabatan kita berdua adalah, aya (nama lengkapnya febriana soraya) selalu ada di saat gw sedih maupun senang, ya memang seharusnya begitu kan sahabat? :))) sampe detik ini ga pernah absen saling ngasi kado ultah, walaupun krn kesibukan msg2 kadang2 kadonya delay sampe bbrp bulan hahaha kocak aja tpnya. kita sama2 suka baca buku/novel. kita jg klo udah ngobrol di rmh gw pas nginep itu bisa sampe pagi, dan ga masalah paginya mesti kerjapun. ortu kita berdua jg saling kenal sama kita berdua, itu yg bikin lebih seneng. akhirnyaa..begitu melihat hari bahagianya sabtu kmr itu, aku terharu :') lebih terharu krn setelah ini dia pindah ke semarang dan kemungkinan besar setelah lebaran akan mengikuti suaminya ke banjarmasin..jauh banget kaaan....hiks tp gimanapun, namanya sahabat ngga bisa dipisahin sama jarak jg kan?semoga aya dan adit (suaminya) selalu diberi keberkahan oleh Allah, kebahagiaan dunia akhirat dan selalu dimudahkan segala urusan rumah tangganya.aamiin..happy for u, aya =)



jaman2nya hobi foto box :p 

pas gw mlm midodareni :))

dan ini dia pas aya nikah kmr,cantiiiik...manglingin! 

trisemester pertama terlewati :)

10 July 2012

yeaayy...akhirnya trisemester pertama terlewati, pantesan 2 minggu terakhir ini mual dan muntahnya berkurang banget. badan udah kembali fit, walaupun klo pagi dan malem tetep muncul  meriangnya. lebih seneng lagi, kata orang2 kan yah trisemester kedua adalah masa paling nyaman ya?asiik, sampe sabtu kemarin pun jadwal kontrol dokter (rekor nih bisa tahan sebulan ga periksa), dokternya bilang..have fun yah! :)) 

memang benar trisemester pertama kmr berat banget buat gw, tp semuanya bisa dilewati dengan happy krn dukungan orang2 terdekat..terutama suami yg selalu bisa bikin gw ketawa kapan aja :D belum lagi melihat perkembangan baby #GR ssat USG itu rasanya membahagiakan banget. makanya gw dan mas nuke termasuk yg ngga sabar pengen kontrol dokter terus. sabtu kmr pas usia kehamilan gw 13 minggu 6 hari, kita seperti biasa kontrol dengan dr.diah di KMC di jadwalnya yg hari sabtu. nah waktu kontrol terakhir kan kita dtg ngepas jam stengah 2, krn prakteknya jam 2..eh dpt gilirannya lama bgt smp sore, akhirnya kali ini kita dateng lah jam stengah 12 spy dpt nomor awal. tp beberapa hari sbelumnya gw memang udah daftar by phone, krn klo di kmc ada quota per jadwal dokter supaya setiap pasien puas konsultasinya (1 org bs smp 20 menitan). tapiiii kali ini salah strategi juga!hahaha krn ga telp dulu sbelum berangkat, ternyata sabtu kmr itu dr.diah jadwalnya maju jadi jam 11, ya jelas aja pas gw dtg gw dpt no.giliran 12 -__- tp namanya mau ktemu baby #GR, ya kita berdua happy2 aja ya...apalagi kali ini bapak ibu gw ikutan mau liat calon cucu pertamanya, heboh bener pas di dalem ruangannya dr.diah :))

terakhir pas periksa usia 9 minggu, baby kita baru 2 cm tp udah kebentuk kaki,kepala,tangan,badannya dan gerak2 gitu..eh pas sebulan kemudian kmr itu, skr panjang badannya udah 15 cm aja, dan makin jelas bagian2 tubuhnya termasuk otaknya, bilik2 jantungnya, pokoknya udah makin jelas bentuknya sebagai seorang manusia :') walaupun berat bundanya belum naik setengah kilopun sampe skr (kecuali bagian atas yg makin2 menjadi :p), tp kata dokternya perkembangan sehat sesuai umur janinnya..alhamdulillah..gpp deh bundanya makin kurus keambil km, tp yg penting kmunya sehat yaa nak .  terus pas diusg itu kita rekam jg pake iphone supaya klo kangen tinggal puter videonya ((krn klo di layar usg lebih jelas dibanding fotonya, keliatan gerakannya+kedengeran detak jantungnya).  insya Allah klo ngga salah itung, 2 minggu atau pas 4 bulan, baby #GR akan ditiupin roh oleh Allah..smg kamu sehat2 selalu ya nak dan berkembang dng sempurna..aamiin... tdnya rencana setelah 4 bulan ini, gw mau mulai yoga pre natal seminggu sekali, lebih krn gw udah kangen jg olahraga dan buat daya tahan tubuh juga. tp berhubung pas bulan puasa, kita mulainya setelah lebaran aja yaa :)) 

halo baby #GR : *.
btw, gw termasuk org yg hobinya emang ngebayangin, ngerencanain hal2 yg msh jauh di depan mata (keknya semua wanita jg gitu bukan??:)) makanya  ngebayangin urusan nama bayi nanti, nursery, peralatan2nya hingga proses melahirkan serta sesudahnya pun sudah memenuhi otak gw...so excited! untung ada nasehat bagus dr eyang2nya, papa dan bapak,,bahwa bgmnpun jng smp keasikan urusan duniawi hingga lupa urusan rohaninya...jd jng putus berdoa daa ibadah2 lainnya katanya, krn bgmnpun semua adalah kuasa Allah..noted! sampai ketemu lagi baby #GR bulan depan..bunda dan ayah love u so much :))

my pregnancy style

04 July 2012

mmmm sejujur2nya nih, sejak hamil jadi males dandan samsek. milih baju seadanya, muka jg keknya jd sensitif jerawatan, jadi yah..yg penting mah skr modal senyum manis dan penampilan yg nyaman aja dah :D tapiii, ada beberapa barang andalan yg gw pake selama hamil..krn alasan kenyamanan, keamanan, kesehatan dan keliatan ttp manis biar matching sm senyum gw :p :p berikut lisntya...

1. Kerudung ponytail 
klo yg ini nih, naksir bgt sama modelnya sejak ine of my fav blogger mba darina danil cerita di blognya. eh koq ya ternyata dia jual model ini juga..langsung ngeborong deh gw :)) alasan ini jd favorit gw adalah krn bahannya nyaman bgt, cara pakenya simpe ga ribet krn ga pelu lg pake innner dan tampilan akhirnya tetep maniiis *tetep*. untuk cara pake dan belinya lsg main ke blognya aja yaa..
liat deh, hasilnya ky pake inner pdhl ngga :)
2. Legging hamil warna jins 
klo yg ini,gw beli setelah tau gw hamil di gingersnap. baru punya satu sih,tp pengennya dipake terus hehe..memang ada harga ada rupa ya, legging ini jg dipake enak pol dan ga mulur. kenapa gw pilih model ini?krn gw kan sbelum hamil suka banget pake jins, dan berhubung jins gw itu rata2 ya mepet sm perut :p mana mungkin gw pake lg, kaciaan yg di dalem perut. terus knp jg ga beli jins khusus unutk org hamil?? alesannya krn kebesaran bgt buat gw!Huhuhu..mungkin nanti klo udah gedean perutnya bisa kali ya pake itu, tp klo skr pake itu ga mngk. sedangkan lengging hamil ini di perutnya memang besar tp bawahnya ekcil, jd yg kebesaran diperut itu msh bs ditutupin baju. cuma PR-nya harus matching sm baju2nya yg agak panjang klo bisa di atas lutut persis:))

ini penampakan si selop + legging tampak atas :D

3. Selop warna netral
ini brg yg pertama gw beli abis test pack krn mau wisuda dan smp skr belum beli flatshoes lainnya lho. gw beli di metro, mereknya pun gw baru tau namanya ananas. harganya jg standar sekitar 250rb, modelnya lumayan enak dilihat ga ky ibu2, dipakenya empuuuuuk bgt, terus warnanya jg cocok pake model apapun bahkan untuk kondangan sekalipun. gw beli sih satu flatshoes lain untuk pesta, tp itu malah jarang dipake. sedangkan sejak nikah gw emang udah mengganti high heels2 favorit jd wedges+flatsheos, jd ga terlalu kaget jg pas hamil. cuma yaa tetep kangen bgt sih sm high heels2 itu,nanti deh ya klo udah melahirkan dan kerja lg baru kupake lg . untuk skr..selop ini tetap favoritku!

4. Tas besar 
sbenernyaa, gw dr dulu memang suka tas yg besar..krn bawaan gw banyak sehari2!haha mulai tas make up,mukena, dll..tp pas hamil jd makin banyak,krn bawa botol minum,tempat bekal dll..tp klo disuruh bawa tas lebih dari satu agak males, krn kadang pas gw meeting di luar kan bawa laptop jg..ntar dikira pindahan lg boyongan gitu :D gw sendiri udah lama ga beli tas, eh ternyata the baby birds ngeluarin tas ini, dan gw suka banget modelnya!! ahhh lsg beli saat itu jg *impulsive* tp beneran,gw tuh udah lama bgt ga beli tas..sekalinya beli pas modelnya ak suka+saat dibutuhin,rasanya puas! untung kantor gw itu ky kampus, bebas mau pake selop kek, mau pake kaos kek, yg penting pake baju! *eh* jd baik jilbab, selo,lengging smp tas ini pun kan modelnya emang informal ya..jd gw bs pake tiap hari ke akntor bahkan untuk jalan2 di weekend pun :)) sekaligus irit lah ya.. *dicium2 mas nuke ini*

foto ala fotografer sangat non pro :p


ngidam atau kepengen neng?

huehehe...klo ditanya org, ngidam apa nta selama hamil? gw pasti jawab, ngga ada! :)) tp lalu mas nuke nyeletuk deh, "ngidam sih ngga, tp kepengennya banyak bener!" hahaha.. * piss* eh tp seriusan lho ini, baby di dalam perut sepertinya emang percis ky bapak ibunya, ga suka yg aneh2 atau bikin repot :p tp yg lebih percis lagi, doyan jajan juga ky kita.naaah itu dia yg disebut kepengen...

jadi nih ya, dasarnya gw sama mas nuke emang doyan makan, apa aja..doyan jajan..walaupun jatah berdua kita jajan besar cuma boleh pas weekend, krn pas weekdays udah dialokasiin sendiri makan kita seharian di uang belanja harian (maksi kita berdua aja, mas nuke bw bekal ke kantor, dan gw memang dpt jatah katering dr kantor). alhamdulillahnya, walaupun segala macam keluhan ala org hamil gw rasain dr pusing, emriang,mual sampai munta berkali-kali pun..nafsu makan gw tetep besar :D so krn lg hamil, jd makin besar krn bawaanya laper tiap 2 jam..jdlah ini yg menyebabkan gw makin suka jajan! *doeeng*

lucunya, kepengen jajannya itu bisa tiap hari, bisa kapan aja dengan satu alasan..terpicu gambar/iklan/atau cerita apapun dr semua jenis makanan! misal nih ya, liat iklan di billboard, lsg kepengen makanan itu..liat org ngetweet ttg makanan apa jd pengen jg, sampe2 liat tukang jalanan selewatan aja jual apa,lsg pengen juga! hahahha...untungnya nih, babynya sangat fleksibel percis jg ky bundanya..ga harus dipenuhi saat itu jg, dan msh bisa dinego diganti jajan lainnya :)))

dasarnya mas nuke emang perhatian bgt sm gw dr hal terkecil baik saat hamil,maupun sebelum hamil. dan berhubung badan gw smp skr belum naik2 keliatannya (subhanallah yg penting bayinya berkembang dan sehat)., jdlah dia seneng bgt liat gw makan banyak...begitu gw mau jajan, dia semakin seneng hati nemenin atau nyariin. tp yg gawat adalah, berhubung porsi makan gw memang sedikit2 tp sering (nasi sekali makan gw cuma 3-5 sendok,lebih byk lauk), begitu abis jajan msh ada sisanya..mas nuke pun dng senang hati menghabiskan! -__- skrpun perutnya lebih besar dr perutkuuuu..tidaaaaaaak! 

family financial planning : kemana saja gaji kami berdua?

03 July 2012

kali ini mau sharing ah soal bagaimana gw dan mas nuke mengatur keuangan rumah tangga kita, masih dalam proses belajar dan terus memperbaiki kekurangan2 yg ada sebenarnya..tp coba dibagi, siapa tau ada yg seumuran kami, baru menikah bisa saling berbagi masukan untuk kami berdua :)

satu kalimat begitu mengurus full keuangan rumah tangga sendiri, gaji kami berdua larinya kemana aja ya?hahaha...jarak dari kami mulai bekerja menuju ke pernikahan sekitar 2,5 tahun (kami seumuran soalnya)..lalu hingga saat ini,kami sudah menikah alhamdulillah setahun. kami percaya setiap orang memiliki rejekinya masing-masing termasuk juga dengan kami. rejeki yg paling kami syukuri adalah kami dikelilingi oleh banyak orang yang memilik perencanaan keuangan yang baik. misal saya, di kantor kebetulan dekat dengan banyak teman wanita yang usianya jauh lebih matang dan udah melek banget soal beginian termasuk soal investasi, sehingga walaupun dulu msh awal bekerja tetapi ngga tutup kuping untuk berinvestasi. kemudian mas nuke, memiliki ibu yang sangat disiplin dan terencana dalam perencanaan dan penerapan keuangan rumah tangganya.

dalam perencanaan keuangan tidak ada yang salah banget atau benar banget akan pilihan orang lain, karena balik lagi tujuan hidup maisng-masing orang itu berbeda-beda begitu juga dengan prioritas. jd gw pun ngga pernah sedikitpun ngejudge bahwa hidup orang lain lebih baik atau lebih buruk dari kami. begitu juga sebaliknya. tetapi adalah hal yang sangat tepat jika yang namanya perencanaan keuangan khususnya investasi itu dimulai sejak sedini mungkin. bersyukurlah bagi yang sudah memulainya sejak di bangku kuliah atau justru sudah memiliki usaha sendiri sejak msh sekolah.pasti ngga akan kaget lg begitu berumah tangga :) saya sendiri dan mas nuke, mulai memiliki perencanaan keungan sejak kami lulus dan bekerja dengan berapapun gaji kami saat itu. kami fokus pada 3 hal sebelum menikah yaitu investasi, biaya menikah dan memenuhi kesenangan2 kecil sebagai reward diri kami sendiri yang bekerja termasuk di sini menyenangkan keluarga semampu kami. kuncinya di tahapan ini, merasa cukup dan yakin bisa sekecil apapun itu yang kami investasikan. 

begitu menikah, tentunya tujuan-tujuan hidup pasti berubah, dan pos-pos pengeluaran banyak berubah dan bikin syok pastinya hahaha...lagi2 yg disyukuri di tahap ini adalah, gw dan mas nuke yg terbiasa diskusi ala temen tanpa sungkan2..terbiasa berdiskusi masalah keuangan secara terbuka. ngga ada yang ditutupi sedikitpun antara kami. kami pun punya prinsip yang sama, bahwa uang dari hasil kerja kami berdua adalah milik kami berdua. jd ngga pernah juga ngerasa ngga enak satu sama lain kalau ingin beli sesuatu untuk diri sendiri, tapiii syaratnya harus berkomunikasi dulu aja :)

setelah prolog yang ga bs disebut prolog di atas krn panjangnya,haha berikut yg mau gw sharing..point-point apa saja yang gw buat bersama mas nuke dalam perencanaan rumah tangga kami :

1. Sumber : Gaji mas nuke dan gaji saya 
    Pos-pos :
    a. pengeluaran  rutin
        - belanja bulanan kebutuhan rumah tangga
        - belanja harian untuk masak
        - gaji pembantu
        - listrik
        - air
        - telp+pulsa
        - keamanan & kebersihan 
        - transportasi (bensin,busway)
        - zakat+sedekah
        - hadiah (sumbangan nikah,ultah,kelahiran,dll)

b. investasi
 (sebenernya klo di ilmu perencanaan sebenernya ada jg yg termasuk di cicilan hutang+pengeluaran  rutin, tp di bawah inikan termasuk tujuan hidup yg perlu investsi)
      - cicilan mobil
      - investasi dana pendidikan anak
      - investasi dana pensiun
      - tabungan haji

c. pengeluaran lifestyle
     - pelunasan kartu kredit (harus lunas tiap bulannya krn sudah dibudgetkan)
     - jalan2 tiap weekend (makan/nonton/ke tempat rekreasi)
     - hobi masing2 (mas nuke:koleksi figur mainan bola, gw buku or woman things)

2. Sumber : Bonus mas nuke + bonus saya
    Pos-pos :
    a. annual expense
        - asuransi jiwa
        - pajak rumah
        - pajak mobil
        - safe deposit box
        - kurban
        - liburan besar (ke luar kota/jangka waktu lama) -->makanya klo ini ya plg bsnya 1 atau 2x setahun
  
b. investasi non rutin
c. pengeluaran di luar planning bulanan/tahunan --> misal perlengkapan bayi
c. khusus THR untuk terkait aktivitas puasa,lebaran dan pulang kampung

3. Berbagai jenis investasi yang kami pilih :
    - Logam mulia (kami msh cukup konservatif sebenarnya :))
    - Reksadana
    - Bisnis ? (yg ini harapan dan doa, semoga suatu waktu tercapai ya..aamiin)

4. Tujuan penting lainnya (patokan saya dr memang mostly dr qmfinancial :))
     - Asuransi kesehatan
         --> alhamdulillah, disyukuri bgt untuk ini masih cukup dicover oleh kantor suami dan kantor saya
     - Dana darurat
           ---> kami penuhi sebelum menikah, dan akan ditingkatkan sejalan dengan kelahiran anak nanti

sampai saat ini, itu yg baru bisa gw share..sejalan dengan skr gw hamil, insya Allah akan nambah banyak pengeluarannya hahaha eitss, tp anak kan ada rejeki sendiri yah :)) kuncinya ngejalanin ini sebenernya memang disiplin dan selalu merasa cukup (setiap sumber pemasukan jumlahnya juga ga 'wow' dan pos pengeluaran ga jmlhnya besar2 semua itu lhoo,biar sedikit yg penting ada :p :p), tp sesekali gw sm mas nuke cukup fleksibel dalam pengeluaran khususnya terkait keluarga kecil atau besar kita hehe..krn ada stau ilmu lagi dr ortu gw, ngga ada yg ngga mungkin dengan doa dan rejeki kita sudah Allah yg tentuin ga bakal ketuker.aamiin.jadi, apapun tujuan hidup lo (macam ligwina aja ya gw..hehehe) yg penting  mulai sebisa lo dulu, itu ajaah...tp beneran, menikah itu salah satu cara mendisiplinkan diri dan memperkuat tujuan hidup keuangan :D ditunggu yaa masukan dan sharing dari temen2 muda yg lain...(yg lebih tua jg gpp koq *dikeplak) makasih :))