Social Icons

.

2x bahagianya, 2x capeknya!

23 September 2011

assalammualaikum wr.wb....
alhamdulillah niih, tgl 26 september hari ini tepat 3 bulan gw married sm nuke hehehe....sebenarnya masih ky mimpi, koq bisa ya gw dan dia sama2 memutuskan nikah di usia 24 thn?klo ada yg bilang, hidup gw sama dia itu bahagia terus, salah besar. proses kita berdua sampai di titik ini bisa dibilang panjang dan banyak ujiannya. orang2 terdekat kita berdua pasti ngerti banget ceritanya:) Terus kalau udah married, semuanya langsung jadi bahagia terus?salah besar juga. Bisa dibilang di 3 bulan ini, kita berdua ngerasa bersyukur banget..bisa belajar banyak hal dari senang & susahnya hidup berumah tangga. Karena memang 2 minggu setelah married, kita udah mutusin untuk tinggal sendiri (alhamdulillah dapet rumah pinjaman dr ortu). berikut sekilas apa yang kita pelajari berdua :

- belajar ngurusin kebutuhan rumah tangga dar a-z. awalnya mulai dr ngisi rumah ini dng berbagai furniture & alat elektronik yg kita beli sesuai kemampuan kita. nentuin jenis seperti apa yg kita butuhin, jenis seperti apa yg sesuai budget saat membeli & saat perawatannya nanti sampai keindahan penataan perabot dalam rumah (gw yakin semua cewe pasti excited bgt klo udah urusan interior ini hehe). selain itu..kita juga bersih2 rumah, masak, bayar ini itu semua dikerjain berdua aja (sampai akhirnya kita dapet asisten rumah tangga/ART). percaya atau ngga, kita berdua waktu belum nikah, sama2 ngga pernah ngurusin rumah. artinya di rmh ortu masing2 ya dulu pulang kerja, tinggal makan dan tidur aja. jd kebayang kan bagaman aperubahan ini membuat kita harus berjuang merubah pola hidup ? :)

- belajar ngurusin satu sama lain. bisa dibilang, namanya udah jadi suami istri ya harus mau ngurusin satu sama lain dalam sehat dan sakit (apalagi klo nanti udah punya anak kata orang2). beda lho sama klo dulu kita cuma diurusin ortu. ya harus bener2 ikhlas dan happy ngejalaninnya, klo ngga pasti berat. apalagi pas kmr abis lebaran ART kita belum balik, saking kecapeannya abis mudik lsg kerja, pulang2 msh harus beresin rumah, kita berdua gantian sakit. tp alhamdulillah banget, pas salah satu sakit, yg lainnya bs gantiin perannya. waktu gw sakit, nuke bisa ngurusin rumah mulai dr masak, nyuci piring, sampe nyapu! *terharuuu*. sedangkan waktu dia sakit, gw bela2in cuti dr kantor supaya bs ngurusin dia di rumah:) krn prinsip kitaberdua bener2 ngga mau ngerepotin ortu lagi.

- nah yg paling utama lg yg kita pelajari adalah, bagaimana menyatukan visi & meredam emosi satu sama lain!hehe gw sih berasanya krn nuke udah ky sahabat gw dr dulu, kita ngga pernah punya masalah dalam hal berdiskusi satu sama lain. tp namanya dua pikiran harus hidup bersama dan menyatukan dua hati ke jalan yg sama itu yg butuh proses. mulai dr visi2 mendasar kita dalam berumah tangga (bagaimana beribadah, mengatur keuangan, hubungan dengan keluarga, dll) semuanya kita bicarain dr awal dan selalu terbuka satu sama lain. berantem2 kecil pasti ada, bahkan ada jg berantem besar hehehe...tapi balik lagi, bedanya dulu antara pacaran dan nikah, klo ribut pas nikah itu enak. soalnya ngga bakal bertahan lama, dipeluk sedikit jg emosinya udah meredam *gampang dirayu*. selain itu, rugi banget klo ribut lama2..orang sekasurnya sm org itu terus, hidup bs ngga bahagia klo diisi sama hal2 yg ngga enak :D tp pembelajaran dalam hal satu ini bs dibilang menguras tawa dan air mata, halah...

segitu dulu cerita gw & nuke sebagai #newlywed. banyak hal perintilan yg mungkin lucu jg gw alamin selama awal nikah, seperti bingung pertama kali belanja bulanan harus beli apa2, bingung lg pas belanja di tukang sayur gmn sampai bingung bagaimana bisa kenalan sm tetangga2. pokoknya klo diinget, pengalaman2 ini bikin hidup gw berwarna :)) ada satu lg yg gw berasa berasa bersyukur bgt dpt suami nuke..dia bener2 mau nunjukin klo dia jd imam gw, klo kita lg bareng sebisa mungkin dia ngajak gw shalat berjamaah, skr malahan kita rutin solat tahajud berjamaah.alhamdulillaah..semoga seterusnya bisa begini ya.aamiin.

cerita2 detail mengenai interior rumah, menata keuangan, sampai bbrp cerita masalah yg jd tantangan di hidup kita menyusul yah. intinya menikah itu membuat kami dua kali capeknya sekaligus dua kali bahagianya! :)

Tahun ke-25 Mudik ke Pekalongan (Part 4-Museum Batik-end)

22 September 2011

assalammualaikum wr.wb.. tau sih, lebaran udah lewat lama banget..tp berhubung gw berhutang mau cerita tentang satu hal lagi, maka hari ini saya menepati janji saya (walaupun jdnya udah lupa2 banget juga hahaha). Selain bersilaturahmi & berwisata kuliner selama lebaran, gw & hubby juga menyempatkan ke Museum Batik yg ada di kota Pekalongan. Setau saya memang di beberapa kota lain juga ada museum sejenis, tetapi karena Pekalongan sendiri terkenal dengan sebutan sebagai kota Batik, jadi harusnya museum di sini lebih spesial dooonk.

Ternyata bener banget, museum ini benar2 ditata interiornya dengan menarik. Tetapi bagian dalamnya tidak boleh difoto karena menjaga orisinalitas motif batiknya. Isi koleksi batik dr museum ini jg superb! di dalamnya terdapat koleksi Batik dari seluruh Indonesia termasuk dari papua..wow.. Ternyata kami baru tau, suatu kain disebut batik jika mengalami proses membatik (dng motif apapun) jika menggunakan lilin pada saat proses membatik dengan cap atau canting. jadi kalau kain diprinting dng motif batik sebenarnya tidak dapat disebut batik lho :D Selain itu, kita bisa belajar langsung membatik di sana, bisa belajar instan atau mau kursus jg ada paketnya. Hanya dengan tiket 5ribu rupiah, museum ini benar2 merperkaya wawasan nusantara tentang batik. Semakin berasa bangganya jd orang Indonesia :)

berikut beberapa foto kita di sana ya.. kita datang dua kali ke sana, krn pas pertama dtg sebelum lebaran museumnya udah terlanjur tutup,jd cuma foto2 di depannya aja..hihihi

Di depan museum, terdapat lapangan besar yang di situ baru saja dibuat huruf batik ini besar2..jdlah foot qta berdua terlihat kecil -__- oia yg menarik dr daerah sekitar museum adalah, di seputar lapangan ini terdapat tempat ibadah dr berbagai agama yang berdampingan, mulai dr mesjid, gereja kristen, gereja katolik & klenteng. kompak yah warga pekalongan ini, mungkin karena terbiasa sejak dulu banyak gabungan dr berbagi etnis yg saling berdagang bareng seperti jawa, cina & arab (dooh jd ngelantur gw ceritanya :D)

foto kita saat sedang belajar membatik..jng tanya skr udah bisa atau belum ya,
soalnya belajarnya cuma sebentar sih, yg penting kan foto2nya ya hahaha
ini canting berbagai jenis ukuran..

Berbagai jenis cap untuk membatik

dan ini yg terpenting, berbagai jenis lilin yg digunakan dlm proses membatik:)


Tahun ke-25 mudik ke Pekalongan (part 3-ninta & nuke)

13 September 2011

assalammualaikum wr.wb...
yeaaay, akhirnya ke part favorit gw untuk ditulis!hehehe jd favorit krn banyak banget sejarah percintaan gw dan mas nuke di kota ini :p

cerita dimulai dari 3 tahun yg lalu, tepatnya lebaran tahun 2008. Sebenernya dr thn 2004, alias pas pertama gw masuk kuliah, gw udah kenal sm mas nuke.krn dia sekelas gw dan absen percis di bawah gw! dan kaget jg sih pertama kenal tau ternyata dia satu kampung jg sm gw, alias sama2 org pekalongan yg tiap tahun jg ngga pernah absen mudik. dr awal temenan,terus kita jd sahabat deket dimana semua hidup gw, gw ceritain ke dia, dan sebaliknya dia pun.eh ternyata koq berjodoh ya hahaha.. dr awal qta slalu janjian mau ktemuan klo ke pekalongan, tp ga jadi2 aja gitu. Nah akhirnya pas thn 2008 itu, pas qta udah mulai deket lagi (sbelumnya qta emang sempet jadian 3 bln terus putus, tp cuma org2 tertentu aja yg tau;p) ya dasarnya emang dia pdkt sm gw, gw diajak lah ktemuan di pekalongan. awalnya dia+sepupunya dulu yg main ke rmh gw..trus gantian deh, gw ajak ade gw main ke rmh eyangnya..tp yg ga disangka, di rmh eyangnya gw lsg dikenalin dan malah diajak muter2 ke pabrik sarung eyangnya di belakang rmh dengan eyangnya sbg guide-nya lsg! deg! ga lama setelah lebaran, tepatnya begitu qta sama2 mau sidang skripsi..jadilah dia balikan lg sama gw dan dia bilang dia serius pacaran sm gw *joget2*.

Lebaran thn 2009, yaa status qta udah berubah jd pacar laah..hahaha tp yg spesial adalah, pada saat lebaran ini, untuk menunjukan keseriusan dia sm gw, dia mengajak nyokap bokapnya+kknya untuk silaturahmi ke rmh ortu gw di pekalongan (wuiih pertama kali tau kabar ini, gw deg2an banget). Yaa, walaupun belum bermaksud untuk melamar..tp kebayang aja gitu akan melangkah ke jenjang yg lebih serius. Sebelumnya, ortu qta berdua udah kenalan pas lg wisuda..kan barengan jg wisudanya hehehe. Yg melatarbelakangi silaturahmi ini jg, krn abis lebaran mas nuke akan menjalani on the job training dr pendidikan kantornya di kota bantul, jogjakarta. Selama pacaran,ini bakal jd pengalaman pertama qta long distance lho..walaupun cuma 3 bulan :D dan kynya ma snuke takut gw ilang kali yaa..makanya buru2 diseriusin :))

Akhirnya di thn 2010, status gw sm dia bukan lg pacaran..tp udah jd calon istri!Hihihi soalnya tepat sbelum bulan puasa, sekitar bulan juni..mas nuke melamar gw di jakarta.alhasil, begitu mudik ke pekalongan dimanfaatkanlah untuk saling mengenalkan keluarga besar masing2 dan mengumumkan rencana pernikahan kita di thn 2011 sekaligus mohon doa dan bantuannya :) Jd pas lebaran thn ini, gw dan dia udah mulai ikutan ke acara keluarga besar masing2. Lumayan lah nyicil2 menyesuaikan culture dan mengenal nama2 saudara masing2 yg banyak itu -__-

Skr makin tau kan knp kota Pekalongan punya sejarah bgt buat gw sm hubby?yes,alhamdulillah..di thn 2011 qta berdua resmi pulang kampung sbg pasangan suami istri *wink* Pengalaman pertama ini sungguh2 menyenangkan, merasa diberkahi banget sm Allah :) Cerita gw berlebaran dua kali jg udah dibaca kan di cerita part sebelumnya..nah skr numpang posting foto lebaran di keluarga inti qta masing2 yaah..ini dia..

Lebaranan di rumah keluargaku
baju yg kita pake ini bisa samaan tp bukan baru lho.kita pake lg baju waktu pengajian pernikahan saya dan mas nuke..hemat tp tetap kompak kan:D

Lebaranan di rumah keluarga Mas Nuke

fotonya kurang keluarga mas widi (kknya mas nuke), krn istrinya sdg hamil anak keduanya sehingga ga ikut mudik ke pekalongan. bajuku dng baju mba ririn &mamanya akhirnya tdk samaan, krn di awal kan ak harusnya lebaranan di tempat ibu..hihihi

Demikian sejarah gw & hubby di kota Pekalongan, jadi selama lebaran kita berdua ngga henti2nya mengucap syukur atas perjalanan kami ini :) dan maafkan saudara2, sepertinya saya akan menambahkan part terakhir dr cerita mudik saya ini, krn saya punya bbrp foto saya & hubby di museum batik pekalongan. gpp yaa..ktemu lg cerita soal pekalongan di part-4 :D

Tahun ke-25 mudik ke Pekalongan (part 2-keluarga besar)

08 September 2011

assalammualaikum wr wb...
ya ya ya..cerita mudikgw berlanjut lagi yah.dan akli ini gw mau cerita tentang lebaran bersama keluarga besar gw. saudara2, perlu dijelaskan bahwa tahun ini gw berlebaran dng 4 keluarga besar sekaligus!deng deng..alhasil 4 hari berturut2 gw full silaturahmi.Kenapa 4?krn gw dr 2 keluarga besar bapak dan ibu, eh alhamdulillahnya ya bo, dpt suami, yg bapak dan ibunya jg berasal dr keluarga besar.hehehe

cerita dimulai dr kegaduhan pemerintah mengganti hari lebarannya ke hari rabu. Tdnya, gw udah merasakan dilema newlywed dimanapun berada, yaitu mau berlebaran dimana hari pertama..di rumah ortu atau mertua?ternyata, begitu pengumuman pemerintah lebarannya rabu, gw langsung berucap Alhamdulillah!hahaha secara keluarga suami lebarannya tetap selasa, dan keluarga gw selalu ikut pemerintah. jadi tahun ini bener2 rejeki gw dan mas nuke, hari selasa lebaran di rumah keluarganya, rabu di rumah keluarga gw. yess! ngga cuma itu, gw dan mas nuke pun ikut sholat ied dua kali ;p

cerita keluarga besar bapak (panggilan untuk bokap gw)
seneng banget deeh, tahun ini hampir dibilang yg terlengkap anggota keluarganya selama lebaran. jadi gini, yg bikin gw salut sm keluarga bokap gw adalah walaupun eyang kakung dan eyang putri udah meninggal sejak beberapa thn yg lalu, tp anak2nya tetap punya kesepakatan kumpul bareng setiap lebaran. biasanya, acara kumpul2 diadain di hari kedua, dan ada acara saling bersalaman seluruh keluarga, makan dan musik! khusus yg ini qta sampai ada organ tunggal & pemain gitar segala. dimana pada acara ini, siapa saja boleh nyanyi :D berhubung mas nuke anggota keluarga abru, jdlah kita berdua duet menyanyi lagu dia-nya maliq..dan gagal!hahaha thn depan kita berencana mau latihan dulu sebelumnya ah:D Dari 10 bersaudara bokap gw, 10-10nya kumpul semua lho..sayang ada 3 orang yg cucu yg ngga ikutan foto (1 udah plg duluan, 2 berhalangan hadir). jadi mau tau ky apa keluarga wasdjanto, ini fotonya :)

cerita keluarga besar ibu (panggilan untuk nyokap gw)
Ibu itu 9 bersaudara, tetapi sudah meninggal satu orang.sama ky keluarga bapak, nenek gw jg udah meninggal lama.nah krn ibu anak bungsu,jdlah kk2nya semua banyak yg sudah sepuh dan udah ada punya cucu (dimana berarti keponakan gw udah byk bgt).jd di keluarga ini, butuh usaha bgt untuk tetap kumpul pas lebaran, krn kan msg2 udah punya keluarga besar. Alhamdulillahnya, thn ini bs kumpul 5 bersaudara dr 8 yg msh hidup. Oia,kita biasa kumpul di rumah bude'ku di kota pemalang (dulu waktu nenek msk hidup tinggalnya di sini). Alhamdulillahnya lg,walaupun jarang kumpul pas lebaran, tp klo msg2 keluarga ada hajatan,pasti kumpul semua..ky waktu kmr gw nikah:)) ini dia fotonya...(yg lengkapnya bersaudaranya ibu aja, anak2 dan cucunya cuma dikit;p)

cerita keluarga besar papa (panggilan untuk bokapnya mas nuke)
Keluarga bpknya ams nuke dan ibunya sebenarnya bener2 satu daerah, namanya pekajangan. Jd agak muter2 juga silsilah keluarganya. tp untuk cerita keduanya, gw ga punya fotonya..krn saking banyak silaturahmi ke rmh saudaranya+jumlah anggota keluarganya :D selain itu, masa gw anggota keluarga baru, heboh bgt mintain semua org untuk foto bareng :) yg spesial dr keluarga papa itu, setiap tahun di hari ke4 atau ke5 lebaran, pasti ada acara Halal Bi Halal yg dihadari lebih dari 1oo anggota keluarga..hohoho banyak kan?salut sm keluarga sm keluarga ini, papa dan kk beradiknya yg msh hidup sampai rajin bgt bikin silsilah keluarga. yg spesial, krn thn ini gw merupakan anggota keluarga baru, alhasil pas acara gw disuruh maju untuk diperkenalkan oleh mas nuke..jeng jeng, tengsin abis deh gw..

cerita keluarga besar mama (panggilan untuk nyokapnya mas nuke)
naaah selama di pekalongan, klo lg di keluarga mas nuke..gw nginep di rumah neneknya yg dr keluarga mama. subhanallah lho, neneknya msh sehat wal afiat di usia 78 skr...klo pada ktemu lsg, pasti kagum deh..di usia skr msh bs ngurus rumah,masak bahkan jalan2 ke luar negri sama temen2nya hehehe...yg plg gw suka di keluarga ini, tipikal orang2nya mirip bgt sm keluarga bapak. jd gw berasanya ky di keluarga sendiri :) untungnya krn emang culture-nya sama, jd gw ga terlalu susah untuk menyesuaikan. selain itu, gw dr thn pertama deket sm mas nuke (dimana ceritanya akan menyusul), udah diajak kenalan ke keluarga di rumah ini.

Nah sekian dulu ya cerita soal keluarga besar, intinya lebaran ini gw semakin belajar banyak bagaimana menjaga siltaruhami :) cerita mengenai keluarga inti nanti aja sekalian di part ke3 :D

Tahun ke-25 mudik ke Pekalongan (part 1-wisata kuliner)

06 September 2011

assalammualaikum wr.wrb..
halooo, sebelum memulai cerita gw & mas nuke mengucapkan selamat hari raya idul fitri yaah!
walaupun telat, tp tdk ada salahnya kami mohon dimaafkan jika ada salah dalam perkataan maupun perbuatan :) smg bagi teman2 dan saudara kami dimanapun berada, tdk akan terputus silaturahminya dengan kami berdua.

nah, seperti janji gw sebelumnya..gw akan bercerita tentang mudik gw ke pekalongan. dimana tahun ini merupakan thn ke 25 gw berlebaran di sana! yup betul sekali, sejak lahir hingga skr gw belum pernah berlebaran di kota lain hehe..(doakan smg thn depan gw bs berlebaran di jkt krn sedang hamil tua,aamiin! ). cerita ini akan dibagi bbrp part, seperti wisata kuliner, keluarga dan cerita tentang kesamaan kampung halaman gw dng suami. supaya ceritanya ga terlalu panjang dan bosen :D

Part pertama pilihan gw jatuh kepada wisata kuliner, karena menurut gw ini yg plg seru selama mudik. Alasannya, krn selama wiskul gw dan suami hampir tdk pernah mengeluarkan uang!hahaha ini krn gw & suami selalu pergi bersama keluarga (hitung2 penghematan seminggu lah buat pengantin baru ;p). Biar gampang ceritanya, saya kasi no.aja ya dan keterangan dari makanan2 yg gw coba selama mudik, siapa tau klo kalian mampir ke kota gw ini mau mencoba :)

1. Soto pekalongan Pak Tjarlam - Deket Matahari pekalongan
asli, klo mau coba yg namanya soto pekalongan hrs ke tempat ini, juara! walaupun tempatnya di gang senggol gitu, tp pelanggannya banyak bgt. yg khas dr dia, penjualnya klo qta dtg akan menyapa "monggo" hehehe artinya "silahkan". Kalau kata bapak, penjualnya skr ini udah generasi kedua.
2. Es Duren + Pecel - Jln.Merak
Mau blg pecel dimana2 rasanya sama?harus coba pecel ini baru bisa komen :D yg spesial dr tempat ini, hari lebaran kedua udah buka.jadilah gw dan keluarga menyerbu..es durennya ngga ky di jkt, es duren ini banyak isi durennya dibanding esnya :)

3. Sego Megono + Garang Asem RM.Masduki - Jl.Alun2
Nah untuk yg ini gw agak bingung jelasinnya gimana,coba browsing aja ya :p

4. Lontong Opor - Alun2 Kota pekalongan
Sama ky pecel, jng berani komen klo belum coba lontong opor ayam ala pekalongan. Buat temen2 gw yg dateng waktu lamaran, pasti pernah ngerasain gmn enaknya makanan ini. dulu waktu gw lamaran, sm bapak lsg dibawa sepenjual2nya lho ke jkt :D yg bikin beda sih katanya sambel yg dicampur sama kuahnya itu.

5. Es Dawet Pekajangan & Bakso pak Min -depan Mesjid Muhamadiyah Pekajangan
Untuk yg dua ini, sebenernya rekomendasi di daerah deket rumahnya eyang hubby, ga terkenal sepekalongan sih, tp cukup terkenal di daerah pekajangan. Uniknya, bakso ini jajanan hubby dr waktu kecil dulu. dia selalu blg harganya semangkok seribu, eh pas gw makan ternyata skr udah 3500 perak hihihi

5. Nasi Grombyang - Pemalang (ini kotanya ibu gw)
Ini tambahan rekomendasi gw dari kampung ibu, silahkan dicoba klo lewat sana juga. pemalang itu kira2 45 menit dr kota pekalongan.

6. Teh Bandulan - Khas Pekalongan
Yang terakhir dan sangat perlu dicoba adalah teh bandulan. Teh ini udah ada sejak 1933 (menurut kemasannya) dan merupakan produksi pekalongan asli. Agak bingung sih ngejelasin rasa bedanya gmn, klo mau coba boleh deh main rumah gw ^.^ Gw skr nyetok teh yg dalam kemasan gelas dan yg msh dalam bentuk serbuk teh saking sukanya. Cerita lainnnya, selama gw silaturahmi di pekalongan, semua rumah memberikan tamunya minuman ini hahaha

Sekian cerita wiskul gw, sederhana ya makanan2 itu. tp buat gw dan hubbby bener2 bikin happy selama mudik dan selalu bikin kangen.


Happy 26th Anniversary Bapak & Ibu

05 September 2011


assalammualaikum wr wb..
25 agustus 2011 kmr, Bapak & Ibu merayakan ultah pernikahannya yg ke 26 :))
cuma mau blg klo kita anak2nya sayang banget sm mereka dan jg sangat mengidolakan mereka..hihihi walaupun ultah pernikahannya baru ke-26, tp klo dihitung2 dari awal pacaran, saat bapak duduk di bangku sma kelas 3, dan ibu kelas1, totalnya udah sekitar 34 tahun..smg Bapak & Ibu diberikan umur panjang,kesehatan,serta berkah Allah dunia dan akhirat hingga maut memisahkan. Doakan anak2mu bs mengikuti jejak kalian dan di ultah berikutnya ak dan nuke bs memberika cucu ya, aamiin...

tahun ini, acara cukup sederhana dng makan malam bersama dan berikut kado spesial dr ak &nuke untuk mereka..sepasang jersey barca! (FYI,bapak mengidolakan tim barca, termasuk messi-nya).
love,
Ninta, Nuke, Tia & Dita