10 October 2011

dimulai dari 5 hal ini.. :)

assalammualaikum wr,wb...
selamat pagiiiii...ini hari senin lho X_x
sejak mulai ngeblog, rasanya mood bs bagus klo abis nulis.
nah mari kita mulai senin saya dengan hutang cerita gw tentang persiapan married dulu.
hutang sama siapa?hutang sama diri sendiri donk!hehehe
nyesel jg pas persiapan married dulu belum mulai ngeblog,
padahal kan cerita2nya bisa jadi kenangan dan mungkin bisa bermanfaat untuk yg mau menikah jg..hiks2 jadilah sedikit demi sedikit diinget2 gimana dan apa aja ceritanya :)

begitu tau dilamar (bagi semua yg udah ngerasain hal ini, pasti tau excitednya gimana) rasanya seneng sekaligus deg2an sekaligus bingung. nah tapi bukan perasaaannya yg mau diceritain ulang,
tp gimana gw mulai persiapin semuanya. bisa dibilang agak lama waktu gw nyiapin semuanya, yaitu setahun persis. ini karena gw dan mas nuke memang msh harus menyicil segala keperluannya terutama soal financial dan mental. selain itu waktu gw dilamar adalah bulan juni, sedangkan kesepakatan dua keluarga bahwa pernikahan harus di waktu libur panjang naik kelas, jd keluarga2 yg di daerah bisa dateng. alhasil baru ada liburan ky gitu lagi kan juni tahun depannya.hehehe.. tp sebenarnya mau nyiapin satu tahun, 8 bulan, setngah tahun atau 1 bulan pun menurut gw ada 5 hal yang kudu ditentuin di awal, malah kalau bisa dibooking di awal2 juga buat nge-tek (netepin) tanggal :

1. Tempat acara pernikahan
Mau di gedung kek, mau di aula mesjid, mau di rumah..pokoknya harus ditentuin dari awal bahwa tempat ini avalaible untuk dipakai pada waktu yang kita inginkan. Pengalaman gw waktu itu yg pake gedung, booking bulan juni untuk juni tahun depannya dapet untung harga ngga ikutan naik di tahun depannya. selain itu dapet info kalau booking-an udah penuh sampai feb tahun depan! buset deh, emang org jakarta hebring banget klo soal booking2an ini. tp balik lagi, mau nyiapin sebulanpun kalau kita 'jodoh' sama tempat itu pasti jadi. tips jitu : jangan mepet nyarinya!:D

2. Perias Pengantin
kenapa ini harus dikejar dari awal?karena yang namanya jd pengantin, yg jadi bintangnya ya kita :) jadi make up pada saat hari-H itu pentiiiiiiiiiiing banget. boong banget deh klo cewe setomboy apapun ngga mau tampil cantik pas hari pernikahannya. tips jitu dari milih perias, test make up dulu! karena kita bisa tau muka kita cocok atau ngga dirias sama tipe perias tersebut (krn seperti milih make up, milih perias juga cocok2an).

3.Katering
setelah itu, yang ngga kalah penting nih adalah katering. yup, karena kita membuat pesta pernikahan itu mengundang orang lain di luar keluarga inti (walaupun pun yang diundang jg cuma keluarga besar aja, tetep aja ngundang orang lain kan?). nah satu2nya yang bisa kita siapin untuk menghargai tamu yang datang ya dengan memberikan makanan yang layak buat mereka. Tips jitu : hitung benar jumlah tamu supaya sesuai dengan jumlah makanan yang disediakan.

4. Dekorasi
Sekali lagi, mau nikah di manapun namanya dekorasi itu wajib ada. termausk tema apapun yang akan dipakai.karena, masa nikah ngga ada kursi pelaminannnya? atau akad nikah ngga ada meja bertaplak untuk ijab kabul?hehehe Tips jitu : jangan habiskan terlalu banyak untuk hal ini (pendapat org beda2 sih), tp menurut gw bukan dekorasinya yg paling utama, tp kebersihan,kenyamanan & kerapihan tempat bagi kita dan tamu yang datang pasti tetap terlihat indah :)

5.Dokumentasi
Nah, dibanding keluar terlalu banyak di dekor, mending buat di dokumentasi. soalnya abis nikah, yang bakal kita pegang dan kenang sampai akhir hayat (aamiin...) nanti bersama pasangan, keluarga maupun teman dekat adalah foto & videonya . Tips jitu : Mengabadikan acara pernikahan itu paling enak dapet tim dokumentasi yang ramah & kekeluargaan, jadi mesti klik dulu dari awal biar nanti pas kita difoto itu relaks dan ngerasa ngga ada jarak sama timnya. so pasti hasilnya bakal bagus! (timnya ramah atau ngga pasti keliatan dr bagaiman yang melayani kita dari awal atau dari testimonial orang2).

Sekian tips awal dari gw yaa gimana memulainya kalau bingung hehe ini tips gw dapet dari mama mertua yang udah jago banget nyiapin beginian (kebetulan mas nuke anak bungsu), jd gw anak yg pertama merasa terbantu banget step-by-stepnya. kalau mau lebih mudah lagi, ini weddingku juga ngasi tabel checklist yang detail & mudah kalau mau diikuti http://www.weddingku.com/preview_checklist.asp (tp harus sign up dulu ya).

Namun yaa yg terpenting dari sebuah pernikahan adalah prosesi nikahnya alias ijab kabul! cerita persiapan tentang ini juga review vendor2 gw menyusul ya :)

6 comments:

  1. Baruuuuu mau ngasih saran buat crita ttg wedding prep...eh tnyata kamu udh post part 1.. hihi..

    Ditunggu ya buuu review vendor2 apa aja yg kamu pake.. kan buat recommend juga.. ;)

    ReplyDelete
  2. hehehe iyaa mba dii, dr kmr pengen nulis masih lupa2 inget. siaaap, apa sih yg ngga buat mba di :) (jd inget msh utang kasi invitationku &n kirim foto hiks )

    ReplyDelete
  3. thanks ka ninta buat sharenya..aku liat ka ninta pakai sanggar liza ya? aku tunggu review vendor2nya ya ka..buat referensi 2 tahun lagi :)

    ReplyDelete
  4. iya dear, insya Allah setelah ini ya..aku memang pakai sanggar liza :))

    ReplyDelete
  5. ih keren blognya... ayo makin banyak nulis nta.. (maap baru leave comment skrg, padahal udah dua kali aku berkunjung ke sini) ;D Kunjungan kedua langsung disuguhi persiapan nikah, makin smangat deh gue nta! hihiih...

    btw, kamu udh pernah mampir di blog keluargakyu yaa... aah jd malyuuu...hehee...

    ReplyDelete
  6. ya ampuun..dikomenin sm penulis kya atit happy banget!hehehe smg membantumu mempersiapakannya y nanti :D ditunggu cerita di A3 familynya lagi :)

    ReplyDelete